fbpx
BerandadirektoriObatInformasi Kesehatan Obat dari Huruf BBumetanide (Bumex) dan Furosemide (Lasix): Perbedaan dan Efek Samping

Bumetanide (Bumex) dan Furosemide (Lasix) adalah kelompok obat yang tergolong dalam diuretik loop. Obat diuretik loop bekerja khusus pada loop atau lengkung Henle pada ginjal dengan mengurangi penyerapan kalium, klorida, serta natrium sehingga produksi urine meningkat. Meningkatnya urine dapat membantu menurunkan tekanan darah dan penumpukan cairan dalam jaringan tubuh (edema). 

bumetanide dan furosemide

Mekanisme tersebut membuat kedua obat ini banyak digunakan untuk membantu mengatasi penyakit gagal jantung, penyakit hati dan penyakit ginjal. Apa perbedaan bumetanide dan furosemide? Mana yang lebih efektif sebagai obat diuretik dan apa efek samping keduanya bagi tubuh? Simak ulasannya berikut ini. 

Perbedaan Bumetanide vs Furosemide

Bumetanide (Bumex) dan Furosemide (Lasix) adalah obat diuretik yang berfungsi membuang kelebihan cairan di dalam tubuh. Bumex dan Lasix bekerja dengan menghambat penyerapan kembali mineral pada tubulus ginjal sehingga menghasilkan urine lebih banyak. Karenanya, obat-obatan ini dikenal dengan istilah pil air. 

Meskipun bumex dan lasix sama-sama obat diuretik, namun keduanya memiliki sejumlah perbedaan mendasar, yaitu: 

  • Bumex lebih poten: Jika dibandingkan dengan Lasix, Bumex 40 kali lipat lebih poten jika dibanding Lasix. Dalam artian, untuk mencapai efek yang sama dari 1 mg Bumex dibutuhkan 40 mg dosis Lasix. Bumex juga memiliki potensi mengeluarkan kalium lebih rendah sehingga menurunkan risiko kekurangan kalium. Dengan perbedaan efektivitas ini, bumetanide lebih banyak digunakan untuk menghindari efek samping seperti ototoksik. 
  • Bumex lebih baru: Obat Lasix lebih dulu dikenal masyarakat jika dibandingkan dengan Bumex
  • Bumex tidak diperuntukkan untuk anak-anak: Dalam penggunaannya, Bumex tidak dianjurkan untuk anak-anak berusia di bawah 18 tahun karena belum banyak penelitian terkait hal ini. Berbeda dengan Lasix, obat ini boleh diberikan pada anak-anak dalam aturan dan kondisi tertentu.
  • Ketersediaan obat: Bumex tersedia dalam bentuk tablet dan larutan injeksi. Bumex tablet tersedia dalam dosis 0,5 mg, 1 mg, dan 2 mg. Sedangkan Bumex larutan tersedia dalam dosis 0,25 mg/mL. Untuk Lasix, tersedia dalam kemasan tablet dengan dosis yang lebih besar yaitu 20 mg, 30 mg dan 40 mg. Sedangkan untuk injeksi, Lasix tersedia dalam dosis 10mg/mL
  • Waktu bekerja: Efek maksimal obat furosemida (Lasix) akan muncul setelah satu-dua jam setelah pemberian obat secara oral. Lasix memiliki durasi kerja obat kurang lebih 6-8 jam. Sedangkan bumetanide Bumex bekerja lebih cepat, yaitu 30-60 menit setelah diminum. Efek diuretik dari Bumex lebih pendek dari Lasix, yaitu berlangsung selama 4-6 jam. 

Bumetanide vs Furosemide: Mana yang Lebih Efektif?

Bumetanide (Bumex) dan furosemide (Lasix) keduanya efektif digunakan untuk mengatasi edema. Sebuah penelitian membuktikan obat bumetanide memiliki bioavailabilitas 80%, lebih tinggi dibandingkan furosemide yang memiliki bioavailabilitas 40%. Artinya, Bumex lebih mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan Lasix. 

Meskipun memiliki bioavailabilitas berbeda, namun baik Bumex dan Lasik memiliki efektivitas yang sama dalam pengobatan. Selain edema, bumetanide dan furosemide digunakan untuk mengatasi masalah gagal jantung, liver, penyakit ginjal dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsultasikan ke dokter mengenai pengobatan apa yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan sebelum meresepkan obat-obatan diuretik tersebut untuk Anda.

Efek Samping Bumetanide vs Furosemide

Seperti penggunaan obat pada umumnya, obat bumetanide dan furosemide dapat memunculkan sejumlah efek samping seperti berikut: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Peningkatan frekuensi buang air kecil
  • Pusing  atau sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Pandangan mengabur
  • Mulut kering dan haus
  • Irama jantung cepat atau tidak teratur

Jika Anda mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal, sesak napas, pembengkakan di wajah, bibir, lidah dan tenggorokan maka sebaiknya dapatkan bantuan medis darurat. 

Beberapa efek samping serius lainnya yang dapat muncul akibat konsumsi bumetanide dan furosemide antara lain:

  • Telinga berdenging 
  • Kehilangan pendengaran
  • Perdarahan
  • Demam

Bila Anda mengalami gejala di atas, segera dapatkan pemeriksaan darurat. 

Obat-obatan ini juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui. Kedua obat ini baru akan diberikan jika terbukti memiliki manfaat yang lebih besar dibanding risikonya. Apabila Anda dalam keadaan hamil dan menyusui, informasikan mengenai kondisi Anda pada dokter agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar bumetanide dan furosemide. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan tersebut hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022

17 Rekomendasi Obat Flu dan Batuk Pilihan Lifepack

perubahan bentuk payudara saat hamil

Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil, Wajarkah?

Braxidin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Obat

Flutamol: Manfaat, Dosis, dan Berbagai Efek Sampingnya

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman