fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Penyakit asam urat adalah penyakit yang mengakibatkan penderita mengalami rasa nyeri yang tidak tertahankan, mengalami pembengkakan, dan pada area persendian akan mengalami rasa panas. 

Semua persendian pada tubuh memiliki risiko terkena penyakit asam urat, tetapi yang paling sering mengalami penyakit ini adalah pada bagian pergelangan kaki, jari kaki, dan juga bagian jari tangan, terutama bagi yang telah berusia lebih dari 30 tahun. 

Untuk wanita penyakit ini sering muncul setelah terjadinya menopause. Rasa sakit yang akan dialami oleh orang yang menderita penyakit ini adalah selama 3 hingga 10 hari dengan perkembangan gejala yang sangat cepat pada saat awal mengalami.

Orang seringkali akan salah memperkirakan penyakit ini dengan penyakit rematik meskipun pada dasarnya rematik adalah penyakit untuk orang yang mengalami peradangan pada bagian sendi atau otot. Keduanya jelas berbeda meskipun sama-sama menyerang bagian persendian.

Gejala 

Penderita asam urat umumnya akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut : 

  1. Mendadak sendi akan terasa sangat sakit.
  2. Pada malam hari akan mengalami sakit yang mengakibatkan sulit berjalan.
  3. Kulit di sekitar sendi akan terkelupas, bersisik dan terasa gatal setelah gejala mereda dan bengkak telah mengempis. 
  4. Nyeri yang dialami akan berkembang dengan cepat hanya dalam beberapa jam yang akan disertai dengan rasa nyeri yang hebat, rasa panas, pembengkakan dan munculnya warna kemerahan pada sekitar sendi. 

Penyebab 

Faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit asam urat antara lain: 

  1. Terdapat riwayat penderita asam urat dalam keluarga.
  2. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi seperti jeroan ayam. Daging merah dan hidangan laut. 
  3. Mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu yaitu obat untuk menghambat enzim, obat kemoterapi, siklosporin, dan aspirin. 
  4. Sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan memiliki kadar gula yang tinggi. 

Faktor Risiko 

Kenaikan kadar asam urat dalam darah dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain: 

  1. Mengalami cedera atau pembedahan dalam waktu dekat.
  2. Memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi seperti jeroan hewan, daging merah dan juga beberapa jenis hidangan laut (seperti kerang, tuna, teri dan sarden). 
  3. Sering melakukan konsumsi minimal yang mengandung alkohol dan minimal yang mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. 
  4. Sering mengkonsumsi gula dan beberapa obat kemoterapi.
  5. Terdapat riwayat medis tertentu seperti diabetes dan gangguan sindrom metabolik. 

Diagnosis 

Agar dapat memastikan gejala penyakit asam urat yang dialami merupakan indikasi terjadinya penyakit ini atau penyakit yang lain maka dokter akan mengambil beberapa langkah pendiagnosisan. Yang biasa dilakukan antara lain yaitu melakukan pemeriksaan pada bagian sendi yang sakit, frekuensi munculnya gejala, dan riwayat penyakit yang dialami pasien. Selain melakukan diagnosis juga akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan untuk memastikan diagnosis yang dilakukan antara lain : 

1.Melakukan Tes Urin Selama 24 Jam

Prosedur tes urin selama 24 jam dilakukan untuk memeriksa kadar asam urat yang terdapat dalam urine dalam waktu 24 jam.

2. Melakukan Tes Pencitraan 

Tes pencitraan dilakukan dengan cara melakukan foto rontgen agar penyebab terjadinya peradangan sendi dapat diketahui. Sedangkan untuk mendeteksi Kristal asam urat maka menggunakan USG. 

3. Melakukan Tes Darah 

Tes darah berfungsi untuk mengukur kadar keratin dan kadar asam urat dalam darah. Penderita penyakit ini memiliki keratin hingga 7 mg/dL. Tes ini tidak dapat dijadikan acuan mutlak karena untuk beberapa kasus memiliki kadar asam urat yang tinggi pada tubuh tetapi tidak menderita penyakit ini. 

Pengobatan 

Untuk penderita yang mengalami asam urat maka terdapat dua pengobatan yang dapat dilakukan. Pengobatan asam urat yang dilakukan memiliki dua sasaran utama yaitu untuk mencegah terjadinya serangan asam urat kembali dan meringankan gejala penyakit asam urat (Baca juga 6 Pilihan Obat Asam Urat yang Dapat Anda Coba). 

Untuk pengobatan yang biasa dilakukan untuk meringankan terjadinya gejala penyakit asam urat adalah dengan cara menempelkan kantong atau kain yang berisi air pada bagian sendi yang terasa sakit. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi obat pereda sakit dan obat-obatan dari golongan steroid. 

Pencegahan 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit asam urat : 

  1. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.
  2. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  3. Tidak minum kopi secara berlebihan.
  4. Lakukan olahraga secara rutin.
  5. Hindari terjadinya obesitas pada tubuh.
  6. Hindari konsumsi makanan yang mengandung zat purin dalam jumlah yang tinggi.

Sangat penting untuk melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya penyakit ini. Terapkan pola hidup sehat agar terbebas dari ancaman penyakit asam urat.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis