fbpx
BerandaHidup SehatApa Penyebab Terjadinya Hipopigmentasi?

Secara umum dokter bisa melakukan diagnosis terhadap hipopigmentasi berdasarkan pada penampilan, dan dari kelainan yang terjadi pada kulit. Misalnya saja dari segi ukuran, bentuk, sifat lesi dan lokasi. Hal ini akan lebih memungkinkan dokter untuk menganjurkan diri Anda supaya melakukan uji kerokan kulit. Cara ini untuk dijadikan sebagai pemeriksaan dalam menunjang proses mendiagnosa adanya gangguan hipopigmentasi.

hipopigmentasi-adalah

Pada dasarnya penanganan hipopigmentasi akan disesuaikan dengan kondisinya. Sehingga dokter seringkali memberikan rekomendasi penanganan berdasarkan kondisi hipopigmentasi. Misalnya saja dengan melakukan chemical peeling, penggunaan obat oles, maupun melakukan terapi laser. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari pun juga bisa memungkinkan area dari minim pigmen muncul kembali pada warna kulit yang yang lebih normal.

Penyebab Hipopigmentasi

Kerusakan yang terjadi pada bagian jaringan kulit menjadi penyebab utama adanya hipopigmentasi. Umumnya hipopigmentasi ini seperti kulit yang mengalami infeksi luka bakar, lecet, ataupun trauma yang terjadi pada kulit. Sebagian besar dari hipopigmentasi ini seringkali disebabkan adanya kelainan di dalam tubuh secara genetik.

Penderita hipopigmentasi akan mengalami kehilangan pigmen yang terdapat pada area kulit. Pigmen yang hilang inilah yang seringkali menimbulkan adanya bercak putih dan hal ini bersifat sementara. Namun ada juga yang bersifat permanen. Hipopigmentasi ini tidak dapat diobati secara utuh. Sementara untuk pengobatannya pun juga membutuhkan waktu yang jauh lebih lama supaya proses pigmentasi berhasil.

Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya hipopigmentasi, yaitu:

Vitiligo

Kondisi vitiligo ini merupakan bercak halus yang berwarna putih di bagian kulit dan seringkali muncul akibat menghasilkan pigmen kulit atau kekurangan melamin. Sebagian orang yang mengalami vitiligo ini sering kali muncul di seluruh tubuh. Hal ini menjadi gangguan pada bagian sistem pertahanan tubuh yang cenderung menyerang bagian sel-sel penghasil pigmen sehingga mengalami kerusakan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vitiligo ini tidak mudah diatasi, karena belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Meskipun demikian masih ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan. Misalnya saja dengan penggunaan kosmetik supaya bisa menutupi kondisi vitiligo. Selain itu juga dapat melakukan perawatan berupa sinar ultraviolet atau penggunaan krim kortikosteroid.

Albinisme

Jenis penyakit keturunan yang sering kali disebabkan karena tidak memiliki enzim yang memproduksi melanin disebut sebagai albinisme. Kondisi seperti ini seringkali menimbulkan pigmentasi pada bagian rambut, kulit dan mata. Jenis albino mempunyai gen yang tidak normal dan hal ini membatasi tubuh selama memproduksi melanin.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sayangnya kondisi albinisme ini belum terdapat obat khusus dalam mengatasinya. Namun disarankan penderita albinisme ini menggunakan tabir surya pada setiap saat supaya terhindar dari kanker kulit atau kerusakan kulit yang disebabkan akibat paparan sinar matahari. Pada biasanya albinisme ini menyerang pada seseorang yang mempunyai ras kulit putih.

Pityriasis Alba

Penyebab selanjutnya yaitu pityriasis Alba yang mempunyai kaitan erat dengan riwayat peradangan kulit eksim dan alergi. Gejala khas yang mudah dikenali yaitu terdapat bercak berwarna pucat di bagian permukaan kulit. Khususnya pada bagian tubuh tertentu, misalnya di bagian dada, leher, wajah, lengan atas, punggung atau yang lainnya.

Infeksi

Penyebab lain dari kemunculan hipopigmentasi ini yaitu adanya proses infeksi. Misalnya seperti lepra atau panu. Pada biasanya kemunculan panu ini disebabkan adanya infeksi jamur di bagian kulit. Sehingga menimbulkan bercak hipopigmentasi. Selain itu kusta juga disebabkan adanya infeksi dari bakteri mycobacterium leprae yang awalnya memunculkan keluhan hipopigmentasi di sebagian permukaan kulit.

Kehilangan Pigmentasi

Kehilangan pigmentasi yang dirasakan oleh diri seseorang disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya adanya luka bakar, lecet, infeksi kulit, ataupun trauma yang terjadi pada kulit. Apabila kondisi ini memberikan  pigmentasi kulit menjadi hilang, maka hipopigmentasi dapat dimunculkan. Kondisi seperti ini memang tidak dapat pulih karena terjadi secara permanen, sehingga salah satu cara untuk menutupi hipopigmentasi akibat kehilangan pigmentasi yaitu dengan menggunakan kosmetik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Adanya Peradangan

Kulit yang mengalami peradangan juga seringkali memunculkan hipopigmentasi yang mana hal ini seringkali dialami oleh diri seseorang yang mempunyai riwayat penyakit kulit atau bekas luka. Misalnya tersiram air panas, luka bakar, iritasi akibat paparan bahan kimia, terkena knalpot, ataupun yang lainnya.

Mengatasi hipopigmentasi tentunya harus disesuaikan pada tingkat keparahannya, penyebarannya dan penyebab yang ditimbulkannya. Untuk masing-masing penderita hipopigmentasi mempunyai penyebab yang tidak sama, karena memang penyebabnya yang sangat beragam. Pada biasanya dokter kulit akan melakukan pemeriksaan secara cermat supaya membantu dalam penanganan perubahan warna kulit yang terjadi pada penderita hipopigmentasi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sangat disarankan bagi Anda supaya tidak melakukan penanganan tanpa anjuran dokter atau pengawasan dokter. Jika hal ini terjadi maka bisa menimbulkan kondisi yang lebih parah. Penanganan yang tidak sesuai justru akan memberikan dampak buruk. Sebab itu Anda selalu disarankan supaya berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi.

Untuk membantu menjaga kesehatan kulit, Anda dapat mengkonsumsi suplemen WELLNESS EVENING PRIMROSE OIL – KECANTIKAN KULIT – 60 KAPLET (Rp270.000).

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman