fbpx
BerandaHidup SehatPenyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

Menstruasi adalah tamu yang selalu ditunggu-tunggu wanita pada setiap bulannya. Jika belum kunjung tiba, maka hati tidak akan merasa tenang. Berbagai cara pun dilakukan, agar tamu tersebut segera datang. Mulai dari mengonsumsi obat pelancar menstruasi, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, bahkan ada juga yang sampai meminum pil KB. Padahal, yang harus wanita garis bawahi adalah siklusnya serta kenali penyebab siklus menstruasi tidak normal tersebut.

siklus-menstruasi-tidak-normal

Namanya juga siklus, maka perhitungan pada setiap bulannya harus sama, umumnya 28 hari. Namun, jika siklus tersebut terjadi pada kisaran 23—35 hari, masih tetap berada dalam kategori normal. Siklus menstruasi dikatakan tidak normal, jika waktunya tidak beraturan dari bulan ke bulan atau datang di luar jadwal tetap. Misalnya, seorang wanita yang memiliki siklus 28 hari, tiba-tiba menstruasinya datang lebih cepat atau malah terlambat. 

Sayangnya, tidak semua wanita aware terhadap perubahan-perubahan ini. Terutama bagi mereka yang baru mengalami masa menstruasi, atau sedang mengharapkan keturunan. Memang, hal tersebut biasa terjadi dan akan membaik dengan sendirinya. Namun, ada kalanya kekacauan ini merupakan gejala awal dari sebuah penyakit. Nah, bagaimana jika ini yang terjadi? Oleh karena itu, yuk kenali penyebab siklus menstruasi tidak normal. 

Kenali Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

siklus-menstruas-tidak-normal

Banyak Pikiran

Perlu diketahui, siklus menstruasi seorang wanita diatur oleh sebuah hormon yang bernama hypothalamus. Dan keseimbangannya bisa terganggu, jika orang tersebut sedang memiliki banyak pikiran, stres, atau tekanan. Oleh karena itu, penting bagi seorang wanita untuk mengontrol pikiran dan emosinya. Pilihlah seseorang yang dipercaya untuk berbagi cerita. Hal ini terbukti cukup ampuh untuk mengurangi beban yang ada di pikiran.

Pengaruh Penggunaan Alat Kontrasepsi

Salah satu efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi hormonal adalah siklus menstruasi yang menjadi kacau. Hal ini sebenarnya sangat wajar, karena kinerja KB hormonal memang seperti itu. Namun, jika kekacauan tersebut sampai mengancam jiwa, maka harus segera ditangani pihak medis. Misalnya, sejak meminum pil KB, menstruasi menjadi sangat banyak atau berlangsung sampai berminggu-minggu.

Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Di leher depan seorang wanita, ada kelenjar berbentuk kupu-kupu yang bernama kelenjar tiroid. Kelenjar ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tubuh, terutama dalam hal reproduksi. Kacaunya siklus menstruasi dapat dijadikan sebagai pertanda awal dari gangguan kelenjar tiroid. Dalam kasus lebih lanjut, hal ini bahkan dapat mengganggu kesuburan wanita. Oleh karena itu, jangan anggap remeh untuk belajar kenali penyebab siklus menstruasi tidak normal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelainan Hormon

Seorang wanita dapat mengalami kelainan hormon yang disebut dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Yaitu kondisi di mana seorang wanita memiliki kadar hormon pria (androgen) yang lebih tinggi, sehingga siklus menstruasinya menjadi tidak normal. Namun ternyata, kelainan ini juga dapat menimbulkan permasalahan lainnya, seperti kesulitan tidur, mudah lelah, permasalahan pada berat badan, sampai tumbuhnya rambut di area-area yang tidak biasa. 

Efek Perubahan Berat Badan yang Drastis

Siapa sangka, perubahan berat badan juga berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Hal ini akan terjadi, jika seorang wanita mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. Perubahan ini akan mengacaukan kadar hormon estrogen, dan menyebabkan proses ovulasi menjadi terganggu. Jika proses pelepasan indung telur mengalami hambatan, maka siklus menstruasi pun akan turut terhambat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Gejala Penyakit Lain

Kacaunya siklus menstruasi juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain, seperti Fibroid Rahim (miom). Yaitu adanya ‘sesuatu’ yang tumbuh, baik di dalam maupun di luar rahim. Meski penyakit ini jarang berkembang menjadi kanker, tetapi patut untuk diwaspadai. Karena sampai sekarang, belum ada pengobatan yang dapat mengatasi permasalahan ini secara tuntas. Mioma hanya bisa dihambat, tetapi juga bisa kambuh lagi. 

Menjelang Menopause

Seiring bertambahnya usia, kadar progesteron dan estrogen pada wanita akan mengalami penurunan. Kondisi ini dinamakan perimenopouse. Biasanya terjadi pada wanita yang menjelang lansia, atau sekitar usia 30-40 tahun. Namun, bisa juga berlangsung lebih cepat, jika terjadi pengangkatan rahim (histerektomi), perokok aktif, menjalani kemoterapi, atau faktor keturunan dari keluarga.

Demikian sedikit ulasan tentang cara kenali penyebab siklus menstruasi tidak normal. Jika mengalami salah satu tanda bahaya dari kekacauan siklus menstruasi, maka segera lakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan pihak medis. Penanganan yang tepat dan cepat akan sangat membantu untuk mengatasi risiko lebih lanjut. Selain itu, lakukan pencegahan dengan cara:

  1. Meminimalisir untuk mengonsumsi junk-food
  2. Rutin berolahraga
  3. Pastikan memiliki waktu tidur yang berkualitas
  4. Kelola emosi dengan cara yang baik dan benar
  5. Hindari merokok, minuman keras, dan obat-obatan terlarang

Jangan terpengaruh dengan saran-saran yang kebenarannya belum dapat dipastikan. Dan jangan melakukan hal-hal tidak masuk di akal untuk penanganan. Semoga tulisan ini bermanfaat serta menambah pengetahuan bagi wanita. Gunakan kalender atau aplikasi khusus wanita untuk mencatat siklus menstruasi di setiap bulan. Kenali penyebab siklus menstruasi tidak normal dan jadilah wanita yang cerdas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda dapat mengonsumsi Duphaston (Rp588.400) yang dapat membantu mencegah telat menstruasi.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman