fbpx
BerandadirektoriPenyakitApa Penyebab Asam Lambung Naik?

Asam lambung memiliki fungsi untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam saluran pencernaan. Namun, ketika asam lambung diproduksi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan rasa sakit. Lantas apa penyebab asam lambung naik?

apa-penyebab-asam-lambung-naik

Lapisan dalam perut secara alami mengeluarkan sekresi yang disebut sebagai asam lambung dan dikendalikan oleh hormone dan sistem saraf di dalam tubuh.

Asam lambung tinggi atau kondisi yang dikenal sebagai asam refluks adalah kondisi yang dapat menyebabkan sensasi terbakar atau rasa sakit (heartburn) di bagian bawah dada. Kondisi tersebut disebabkan oleh asam lambung yang naik kembali hingga kerongkongan.

Faktor yang Menyebabkan Asam Lambung Tinggi

Terdapat beberapa kondisi yang mengakibatkan asam lambung meningkat tinggi. Kondisi tersebut yang menyebabkan produksi hormon gastrin terjadi secara berlebihan. Gastrin adalah hormon yang berfungsi untuk memberi sinyal pada perut agar memproduksi banyak asam lambung.

Penyebab umum asam lambung menjadi tinggi meliputi:

  • Rebound Acid Hypersecretion: Kondisi ini disebabkan oleh H2 Blocker yang merupakan jenis obat penurun asam lambung. Namun ketika penggunaan obat H2 blocker dihentikan, maka terjadilah peningkatan pada asam lambung.
  • Sindrom Zollinger-Ellison: termasuk dalam kategori kondisi yang langka, dimana terdapat tumor yang disebut gastrinoma terbentuk di dalam pankreas dan usus kecil. Gastrinoma adalah pembentuk gastrin tingkat tinggi sehingga menyebabkan asam lambung meningkat.
  • Infeksi Helicobacter Pylori: H. Pylori adalah salah satu jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada perut serta bisul. Beberapa pasien yang mengalami infeksi H. pylori memiliki risiko asam lambung tinggi.
  • Obstruksi Saluran Keluar Lambung: Kondisi yang terjadi ketika terjadi penyumbatan pada jalur lambung yang mengarah ke usus kecil, sehingga terjadi peningkatan pada asam lambung.
  • Gagal ginjal kronis: Meskipun tidak dialami oleh semua pasien, namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pasien penderita gagal ginjal dapat menyebabkan peningkatan gastrin, sehingga produksi asam lambung menjadi tinggi.

Perlu diingat bahwa, apa penyebab asam lambung naik tidak dapat diidentifikasi secara spesifik. Ketika suatu kondisi asam lambung naik tidak dapat ditemukan penyebabnya maka dapat dikatakan sebagai idiopatik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Gejala yang Ditimbulkan oleh Asam Lambung Tinggi?

Gejala umum yang timbul akibat asam lambung tinggi adalah mulas. Rasa sakit atau rasa tidak nyaman dengan sensasi seperti terbakar di perut atau dada, hingga naik ke tenggorokan. Serta regurgitasi yang menyebabkan rasa asam atau rasa pahit pada tenggorokan dan mulut Anda.

Namun, adapun gejala lain yang ditimbulkan oleh asam lambung tinggi, meliputi:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Kembung
  • Disfagia – sensasi seperti makanan yang tersangkut di tenggorokan
  • Mual atau muntah
  • Dada terasa sesak
  • Diare
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kehilangan berat badan secara drastis

Beberapa gejala dari penyakit asam lambung tinggi mungkin mirip dengan gejala pada gangguan pencernaan lainnya. Namun lebih baik untuk mendiagnosis penyebab dari gejala asam lambung tinggi dan mengunjungi atau berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan medis.

Efek Samping yang mungkin terjadi akibat Asam Lambung Tinggi

Kadar asam lambung yang tinggi dapat menjadi pemicu atau peningkatan resiko terhadap penyakit tertentu yang terkait dengan kondisi kesehatan saluran pencernaan Anda. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat asam lambung tinggi:

Ulkus peptikum

Ulkus Peptikum merupakan kondisi dimana asam lambung menggerogoti atau mengikis lapisan dinding perut sehingga menyebabkan luka.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) 

GERD adalah penyakit yang disebabkan oleh asam lambung naik hingga ke kerongkongan Anda, menyebabkan sensasi terbakar di area tenggorokan dan kesulitan bernafas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pendarahan gastrointestinal (GI)

Pendarahan dapat terjadi di bagian tertentu pada  saluran pencernaan Anda.

Faktor Resiko

Selain mengetahui penyebab asam lambung tinggi, beberapa faktor dapat memicu potensi untuk meningkatkan asam lambung seperti berikut ini:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Obat-obatan tertentu: Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat membantu menurunkan produksi asam lambung, kemudian Anda menghentikan pengobatan, maka Anda dapat mengalami rebound asam lambung tinggi. Tetapi, kondisi ini dapat hilang seiring waktu dengan sendirinya.
  • Genetika: Pasien dengan gastrinoma dapat menurunkan kondisi genetik yang disebut multiple endocrine neoplasia tipe 1 (MEN1), namun hanya terjadi pada  25-30 persen pasien penderita gastrinoma.

Bagaimana Mendiagnosa Penyakit Asam Lambung Tinggi (asam refluks)?

Bila Anda mengalami gejala asam lambung tinggi lebih dari dua kali dalam seminggu sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter atau ahli medis. Dokter dapat menyarankan satu atau lebih tes untuk memastikan diagnosa pada refluks asam seperti berikut ini:

  • Esophagram, atau menelan barium: Te yang dilakukan untuk memeriksa penyempitan pada kerongkongan. Anda akan diminta untuk menelan cairan yang dapat membantu memperlihatkan struktur rongga saluran pencernaan saat dilakukan sinar-X.
  • Manometri esofagus adalah tes yang dilakukan untuk mengecek fungsi dan pergerakan esofagus serta LES (lower esophageal sphincter), yang dilakukan untuk memantau pH melalui jumlah asam di kerongkongan Anda. Dokter akan memasukkan alat ke dalam kerongkongan Anda dan membiarkan alat tersebut selama 1 hingga 2 hari untuk mengukur jumlah asam yang terdapat di kerongkongan Anda.
  • Endoskopi, pemeriksaan yang dilakukan untuk menemukan masalah pada kerongkongan atau perut Anda. Tes ini dilakukan dengan memasukkan tabung panjang yang fleksibel dan dilengkapi kamera pada tenggorokan Anda.
  • Biopsi, tes ini dapat dilakukan dengan mengambil sampel jaringan pada saat melakukan endoskopi untuk memeriksa adanya infeksi atau kelainan lain melalui mikroskop.

Pengobatan Asam Lambung Tinggi

Dokter biasanya akan merekomendasikan penghambat pompa proton (PPI) sebagai salah satu pengobatan pada pasien penderita asam lambung tinggi. PPI memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada obat-obatan H2 Blocker, yang diberikan secara oral.

Pada beberapa kasus dengan kondisi yang lebih parah akan diberikan melalui IV. Namun jika asam lambung yang tinggi disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori maka akan diberikan resep obat antibiotik yang mengandung Amoxicillin seperti Amoxsan Forte DS 60ML 250MG/5ML – Sirup Kering Antibiotik / Antiinfeksi (Rp 37.400) untuk mengobati infeksi bakteri bersamaan dengan PPI.

Antibiotik bekerja untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri, sedangkan PPI membantu menurunkan produksi asam lambung untuk mencegah terjadinya luka di lapisan dinding saluran pencernaan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada kasus tertentu yang lebih parah, tindakan seperti operasi mungkin akan direkomendasikan oleh dokter Anda, seperti pengangkatan gastrinoma pada pasien dengan sindrom Zollinger-Ellison. Serta pasien penderita maag parah untuk mengangkat bagian perut (gastrektomi) atau vagus (vagotomy).

Selain pengobatan, Anda dapat melakukan pencegahan yaitu dengan merubah gaya hidup dan pola makan Anda untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat asam lambung tinggi, seperti:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih sedikit
  • Hindari mengonsumsi kafein, alkohol, dan minuman bersoda
  • Menghindari makanan yang mengandung banyak minyak dan pedas

Setelah mengetahui apa penyebab asam lambung naik? Anda mungkin membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Playstore maupun Appstore untuk tebus resep obat bebas antri.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022
fenofibrate

Fenofibrate: Manfaat, Efek Samping, Dosis

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman