fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf AMakanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Kebiasaan makan tidak teratur, merokok, dan stress sering menjadi pemicu utama penyakit ini kambuh. Agar tak menyulitkan hari-hari Anda, perhatikan makanan yang harus dihindari penderita asam lambung.

makanan-yang-harus-dihindari-penderita-asam-lambung

Penyakit asam lambung terjadi karena asam lambung naik dari lambung hingga esofagus (kerongkongan). Penyebabnya adalah bagian cincin otot (sfingter esofagus) bagian bawah tak bisa tertutup sempurna karena suatu masalah.

Jika Anda sering mengalami gejala ini setidaknya dua kali dalam seminggu, bisa jadi Anda sudah menderita penyakit yang disebut GERD (gastroesophageal reflux disease).

7 Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung

Seseorang yang menderita asam lambung umumnya tidak bisa sembuh total. Jika mereka tidak menjaga makanannya, asam lambung akan mudah naik dan mengganggu hari-hari mereka.

Selain mencoba menerapkan jadwal makan yang teratur, ada baiknya Anda juga menghindari beberapa makanan berikut.

Makanan yang Kaya Lemak

Makanan berlemak sangat tidak disarankan untuk para penderita asam lambung. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, makanan berlemak sangat susah untuk dicerna. Oleh karena itu, lambung pun akan memproduksi asam lambung yang berlebih. Cadangan asam lambung yang berlebih ini pun bisa naik ke esofagus.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu, makanan berlemak juga dapat memicu pelepasan hormon kolesistokinin. Hormon ini adalah hormone yang bisa memicu proses mengendurnya katub kerongkongan.

Jika masalah sehari-hari Anda adalah karena penyakit ini, sebaiknya mulai sekarang Anda sudah harus mengurangi konsumsi makanan berlemak, seperti gorengan, produk olahan susu, snack kentang, es krim, dan daging merah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebagai pengganti, daripada mengonsumsi gorengan saat sarapan, Anda bisa memilih oatmeal. Anda juga bisa mengganti daging merah dengan ayam, ikan, atau seafood yang lebih rendah lemak.

Makanan dengan Cita Rasa Pedas

Selanjutnya, makanan dengan cita rasa pedas juga bisa meningkatkan risiko asam lambung naik. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Rasa pedas bisa menyebabkan gejala perut seperti terbakar dan gangguan gastrointestinal fungsional.

Dalam makanan pedas terdapat senyawa capsaicin. Senyawa ini bisa mengiritasi bagian esofagus dan menyebabkan asam lambung naik.

Pada tahun 2017 lalu, menurut sumber terpercaya dari Korea, sebuah penelitian telah menemukan fakta bahwa makanan pedas dan panas bisa adalah pemicu utama dari GERD. Lebih dari setengah kasus GERD yang diteliti disebabkan oleh makanan yang memiliki cita rasa pedas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika Anda memiliki masalah asam lambung, ada baiknya Anda menghindari makanan pedas. Jika tidak memungkinkan, setidaknya Anda harus mulai membiasakan diri untuk mengurangi konsumsi makanan pedas.

Kafein

Selanjutnya, makanan yang harus dihindari penderita asam lambung adalah kafein. Pantangan makanan ini mungkin sudah sering Anda dengar. Ketika seseorang menderita asam lambung, mereka biasanya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman dengan kafein.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kafein terbukti bisa melemahkan otot katup pada kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, asam lambung pun bisa lebih mudah naik ke kerongkongan. Hal inilah yang kemudian memicu gejala asam lambung.

Selain itu, kafein juga bisa merangsang munculnya sekresi asam. Akibatnya, hormone gastrin pun meningkat. Hormon gastrin adalah hormon dalam lambung yang berfungsi memproduksi asam lambung.

Agar Anda tak selalu diganggu oleh penyakit ini, ada baiknya untuk menghindari minuman dengan kafein. Di pagi hari, daripada mengonsumsi kopi, Anda bisa mengonsumsi air putih yang lebih sehat dan kaya manfaat bagi tubuh.

Tak hanya kopi, minuman yang mengandung kafein, di antaranya, adalah minuman berenergi, teh, dan cokelat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Minuman ini bisa menyebabkan perut kembung jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Selain itu, sama seperti makanan lainnya yang bisa memicu asam lambung, minuman bersoda juga bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Efeknya bahkan lebih berbahaya jika dibandingkan dengan minuman berkafein.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain menyebabkan asam lambung, minuman bersoda juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti obesitas.

Buah dan Sayuran Tertentu

Buah dan sayur umumnya menjadi makanan sehat yang direkomendasikan untuk mereka yang ingin mencoba pola hidup sehat. Namun, bagi penderita asam lambung, ada beberapa buah dan sayur yang tidak boleh dikonsumsi. Buah dan sayur tersebut umumnya adalah yang memiliki rasa asam.

Buah utama yang menjadi pantangan penderita asam lambung adalah buah-buahan citrus, yakni jeruk, lemon, atau jeruk bali. Buah-buahan ini memang kaya akan vitamin C. Namun, untuk penderita asam lambung, mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebih bisa memicu asam lambung naik.

Buah lainnya yang juga tidak disarankan untuk penderita asam lambung akut adalah tomat dan nanas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Lalu, untuk sayur-sayuran, penderita asam lambung juga tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak bawang-bawangan. Bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay ternyata bisa juga melemahkan otot kerongkongan. Ini akan menjadi pemicu utama asam lambung mudah naik.

Dari daftar buah dan sayur yang harus dihindari ini, Anda mungkin merasa bahwa mustahil untuk tidak mengkonsumsinya. Seperti yang kita ketahui bersama, makanan yang kita konsumsi setiap hari pasti mengandung bawang.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lalu, bagaimana solusinya?

Makanan ini memang harus dihindari, tetapi bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi. Anda masih bisa mengonsumsinya dalam jumlah kecil.

Coklat

Kemudian, makanan lezat yang satu ini juga perlu dihindari oleh penderita asam lambung. Cokelat mengandung bahan yang disebut sebagai methylxanthine. Bahan tersebut telah terbukti dapat mengendurkan otot kerongkongan bagian bawah.

Cokelat juga mengandung kafein yang cukup tinggi yang bisa memicu penyakit asam lambung naik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Minuman dan Makanan Beralkohol

Terakhir, Anda juga perlu menghindari minuman beralkohol. Seperti yang kita ketahui bersama, minuman beralkohol sangat tidak bagus bagi kesehatan tubuh. Bagi penderita asam lambung, minuman ini juga bisa berakibat sangat fatal pada kesehatan mereka.

Minuman beralkohol, entah itu yang kadar alkoholnya tinggi atau rendah, bisa mengiritasi lapisan perut. Jika dikonsumsi terus menerus, lapisan perut pun akan terkikis. Seseorang pun bisa dengan mudah mengalami gejala asam lambung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Agar tubuh lebih sehat, mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Gantilah dengan makanan dan minuman sehat yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Meredakan gejala penyakit asam lambung memang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan obat-obatan yang mengandung Antasida seperti Mylanta Syrup 150 ml – Sirup Untuk Sakit Maag dan Asam Lambung (Rp 81.000) . Namun, tidak baik juga jika Anda terlalu bergantung pada obat-obatan. Oleh karena itu, perhatikanlah daftar makanan yang harus dihindari penderita asam lambung ini.

Ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai informasi kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun Appstore. Apotik online solusi beli obat dan tebus resep obat tanpa antri.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman