fbpx

Antihistamin: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Konsumsi

Nov 18, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap sesuatu, entah debu, makanan, udara, obat dan lain-lain. Gejala reaksi alergi yang timbul dapat beruba gatal, ruam, bengkak, demam, dan gejala lainnya. Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin untuk mengatasi reaksi alergi tersebut (Baca juga Cara Mengatasi Alergi Dengan Cepat Namun Tetap Efektif).

Mungkin Anda penasaran apa saja sih fungsi obat antihistamin ini? Apakah penggunaan obat ini aman? Apakah ada efek sampingnya? Tenang! Tim Lifepack akan menjawabnya lewat ulasan berikut ini.

Mengenal Obat Antihistamin

Antihistamin merupakan golongan obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi gejala akibat reaksi alergi. Reaksi alergi yang biasanya dapat diatasi oleh obat ini adalah reaksi alergi akibat sengatan serangga, alergi makanan, biduran, rinitis, dan urtikaria. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi mual atau muntah yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi yang perlu Anda Waspadai). Obat-obatan antihistamin dijual di pasaran dengan harga yang berkisar antara Rp 1.500 – Rp 90.000.

Histamin merupakan zat yang dikeluarkan tubuh untuk melawan infeksi virus atau bakteri. Ketika tubuh melakukan perlawanan ini, tubuh akan mengalami peradangan. Namun pada orang yang memiliki riwayat alergi, kinerja zat histamin menjadi kacau karena tidak bisa lagi membedakan objek yang tidak berbahaya dengan patogen penyebab penyakit. Oleh sebab itu tubuh mengalami alergi ketika objek masuk ke dalam tubuh. Obat antihistamin bekerja dengan memblokir zat histamin yang diproduksi oleh tubuh.

Berikut beberapa obat-obatan yang masuk ke dalam golongan antihistamin, antara lain:

  1. Akrivastin
  2. Astemizol
  3. Azatadine maleate
  4. Bepotastine besilate
  5. Brompheniramine maleate
  6. Levocetirizine
  7. Ketotifen
  8. Deksklorfeniramin maleat
  9. Hydroxyzine
  10. Desloratadine
  11. Difenhidramin hidroklorida
  12. Dimenhidrinat
  13. Loratadine (Baca juga Pelajari Dosis dan Kontraindikasi Obat Loratadine)
  14. Cetirizine (Baca juga Cetirizine, Rekomendasi Obat Penyembuh Alergi)
  15. Fexofenadine HCl
  16. Feniramin maleat
  17. Hidroksizin hidroklorida
  18. Homoklorsiklizin hidroklorida
  19. Klemastin
  20. Klorfeniramin maleat

Efek Samping

Terdapat beberapa gejala efek samping yang timbul jika Anda mengonsumsi obat-obatan golongan antihistamin. Beberapa gejala yang umum timbul akibat penggunaan obat ini, antara lain:

  1. Sakit kepala
  2. Kantuk
  3. Mulut menjadi kering
  4. Sulit buang air kecil
  5. Penglihatan menjadi kabur
  6. Sakit perut

Gejala efek samping dapat memburuk jika ditandai dengan muncul ruam, demam, dan kehilangan kesadaran. Segera periksakan diri ke dokter atau Unit Gawat Darurat (UGD) jika hal tersebut terjadi untuk membuat Anda segera mendapatkan penanganan medis.

Cara Konsumsi

Jika Anda memiliki gangguan perut, maka Anda dapat mengonsumsi obat ini bersamaan dengan makanan. Sebaiknya Anda juga mengonsumsi air yang cukup agar membuat obat dapat melebur dengan baik di dalam tubuh. Namun jangan hancurkan obat karena dapat melepaskan kandungan yang terkandung dalam obat.

Jika obat yang Anda konsumsi dalam bentuk cair, maka berhati-hati dalam menakar dosis obat. Gunakan sendok takar agar dosis yang Anda konsumsi sesuai dan tepat.

Peringatan

Sebelum mengonsumsi obat-obatan golongan antihistamin, pastikan Anda paham benar berapa dosis yang tepat dan cara mengonsumsinya. Jika Anda belum paham, sebaiknya tanyakan kepada dokter atau apoteker sampai Anda benar-benar memahaminya.

Jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti mengemudi atau menjalankan mesin karena obat ini berkemungkinan menimbulkan kantuk. Ikuti petunjuk penggunaan obat yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter. Jangan tambahkan atau mengurangi dosis dari aturan pakai.

Konsultasikanlah kepada dokter terlebih dahulu jika obat ini akan digunakan oleh ibu hamil, menyusui, atau orang-orang dengan permasalahan kesehatan tertentu seperti gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Itulah informasi mengenai manfaat dan efek samping dari obat antihistamin. Gunakanlah obat dengan bijak.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

Pusat Informasi Obat Nasional. (n.d). Antihistamin. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis