fbpx

Mengenal Acyclovir, Obat Antivirus yang Ampuh

Nov 18, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Saat sekarang banyak sekali penyakit yang mengancam kesehatan kita, mulai dari penyakit kronis, hingga penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Contohnya saja situasi yang kita sedang hadapi bersama saat ini. Kita sedang dihadapkan dengan pandemi penyakit menular yang disebabkan oleh virus, yaitu COVID-19 (Coronavirus Disease 2019).

Meski obatnya belum ditemukan hingga saat ini, obat-obatan untuk penyakit akibat virus lainnya telah banyak ditemukan loh! Salah satunya adalah obat acyclovir. Tentu Anda penasaran akan keamanan penggunaan obat ini dan manfaatnya. Simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Mengenal Obat Acyclovir

Acyclovir merupakan obat antivirus yang digunakan untuk mengobati luka akibat virus seperti pada penyakit herpes simpleks, herpes zoster, herpes genital, dan cacar air. Sebenarnya obat acyclovir merupakan obat yang digunakan untuk mencegah atau mengurangi tingkat keparahan dari suatu infeksi, bukan sebagai pembunuh virus penyebab penyakit. Selain itu obat ini juga berfungsi untuk membantu penyembuhan luka dan munculnya luka baru, serta mengurangi rasa sakit/gatal yang ditimbulkan infeksi (Baca juga Mengenal Penyakit Herpes dan Bahayanya).

obat acyclovir
Obat Acyclovir merupakan obat antivirus untuk mengobati luka akibat virus seperti herpes simpleks, herpes zoster, dan cacar air.

Obat acyclovir merupakan obat yang masuk ke dalam golongan obat resep sehingga penggunaannya tidak dapat sembarangan dan memerlukan resep dokter. Tersedia dalam bentuk tablet 200 dan 400 mg. 

Dosis

Dosis obat ini perlu disesuaikan dengan usia, berat badan, penyakit dan kondisi kesehatan seseorang. Namun terdapat beberapa rekomendasi dosis yang biasanya diberikan oleh dokter.

Herpes Zoster

Penggunaan acyclovir untuk mengatasi luka akibat herpes zoster biasanya diberikan acyclovir dengan dosis 800 mg setiap 4 jam yang dikonsumsi 5 kali sehari selama 7-10 hari.

Herpes Genital

Sedangkan penggunaan acyclovir untuk mengatasi luka akibat herpes genital umumnya diberikan dosis 200 mg yang dikonsumsi 5 kali sehari selama 10 hari. 

Cacar Air

Penggunaan acyclovir untuk mengatasi cacar air umumnya diberikan dosis sebesar 800 mg yang dikonsumsi 4 kali sehari. Pada anak-anak, obat ini diberikan dengan dosis 20 mg / kg BB yang dikonsumsi empat kali sehari selama 5 hari.

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Interaksi obat akibat penggunaan obat acyclovir mungkin saja terjadi jika obat ini dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain. Obat yang biasanya menimbulkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan acyclovir adalah obat-obatan NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs), ciclosporin, tacrolimus, tizanidine, fosphenytoin, phenytoin, dan valproic acid. Oleh karena itu sangat penting untuk mengonsultasikan penggunaan obat ini kepada dokter.

Kelompok Berisiko

Selain menimbulkan interaksi obat, obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan oleh orang-orang dengan kondisi atau permasalahan kesehatan tertentu. Konsultasikan kepada dokter penggunaan obat ini jika Anda memiliki gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung atau jika Anda sedang dalam kondisi hamil atau menysui.

Efek Samping

Penggunaan obat ini juga dapat menimbulkan efek samping. Gejala efek samping yang umum akibat penggunaan obat, antara lain:

  1. Mengantuk
  2. Urin menjadi berwarna gelap atau disertai darah
  3. Ruam disertai rasa gatal
  4. Gangguan penglihatan
  5. Kulit menjadi kuning
  6. Jantung berdebar
  7. Kesulitan bernapas
  8. Kejang

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter atau Instalasi Gawat Darurat (IGD) agar Anda mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Peringatan

Pastikan Anda memahami benar dosis dan cara penggunaan obat ini. Jika Anda belum memahaminya, tanyakan kepada dokter atau apoteker sampai Anda benar-benar memahami cara penggunaannya. Jangan mengurangi atau melebihkan dosis tanpa pengawasan dokter.

Konsultasikan penggunaan obat ini jika Anda memiliki gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung atau sedang dalam kondisi hamil dan menyusui.

Itulah informasi mengenai manfaat, dosis, dan kontraindikasi dari obat acyclovir. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat!

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis