fbpx
BerandadirektoriObatDonepezil HCl

Donepezil Hcl atau Donepezil merupakan sebuah obat yang dapat membantu mengatasi demensia ringan hingga parah yang diakibatkan oleh penyakit Alzheimer. Kondisi demensia ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berbicara dan berpikir serta memahami sesuatu hal. 

donepezil hcl

Obat Donepezil adalah salah satu jenis obat resep, maka Anda tidak bisa membelinya secara bebas. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek dengan resep dan anjuran dari dokter. 

Informasi

Obat Donepezil Hcl termasuk dalam golongan obat penghambat enzim asetilkolinesterase atau enzyme blocker yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan zat yang menghantarkan sinyal ke otak. Dengan enzim tersebut, senyawa kimiawi pada otak (asetilkolin) yang fungsinya menyalurkan sinyal saraf maka akan dihambat penghancurannya. 

Cara kerja obat Donepezil Hcl ini mampu meningkatkan dan membantu memperbaiki fungsi otak bagi para penderita Alzheimer. Hal yang perlu Anda ingat, obat Donepezil Hcl tidak dapat mengobati penyakit Alzheimer dan hanya mampu meredakan gejala demensia saja.

Dosis

Pemberian dosis pada obat Donepezil Hcl harus berdasarkan dengan kondisi medis pasien. Kondisi dementia ringan, untuk dewasa dan lansia dosis awal yang diberikan yaitu 5 mg diminum 1 kali sehari sebelum tidur malam. Jika masih diperlukan, penggunaan setelah 4-6 minggu maka dosis dapat ditingkatkan menjadi 10 mg sebanyak satu kali sehari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kondisi demensia sedang hingga parah, pada orang dewasa dosis awalnya adalah 5 mg per hari diminum saat malam hari sebelum tidur. Setelah penggunaan 4 hingga 6 minggu, jika diperlukan maka dokter akan meningkatkan dosisnya hingga 10 mg per hari. Setelah 3 bulan, dokter akan meningkatkan lagi dosis obat Donepezil Hcl sampai 23 mg per hari.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum menggunakan obat Donepezil Hcl, Anda sebaiknya hubungi dokter terlebih dahulu jika sedang menggunakan obat-obat 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kelompok Orang Berisiko

Obat Donepezil Hcl tidak diperbolehkan bagi anak-anak yang usianya masih di bawah 18 tahun. Anda perlu berhati-hati menggunakan obat Donepezil Hcl jika sedang mengalami gangguan jantung, asma, epilepsi, penyakit paru obstruktif kronis, sulit buang air kecil dan radang kelenjar prostat. 

Jika Anda memiliki riwayat tukak lambung, liver dan gangguan fungsi ginjal, maka sebaiknya tidak menggunakan obat Donepezil Hcl. Sebelum menjalani operasi termasuk operasi gigi, Anda perlu memberi tahu dokter jika sedang mengonsumsi obat Donepezil Hcl. 

Efek Samping

Beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi dari penggunaan obat Donepezil Hcl di antaranya:

  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri otot
  • Kelelahan yang berlebih
  • Gangguan tidur atau insomnia
  • Gangguan emosional
  • Tremor

Efek samping tersebut akan berlangsung selama 1-3 minggu. Beberapa efek samping serius yang ditimbulkan dari obat Donepezil Hcl antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Detak jantung melambat
  • Sulit buang air kecil
  • Gangguan pernapasan, terutama penderita penyakit paru dan asma
  • Gejala alergi seperti ruam, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah dan tenggorokan
  • Kejang
  • Gejala perdarahan lambung, seperti rasa panas di dada, nyeri lambung, muntah darah dan feses yang berwarna hitam

Cara Konsumsi

Penggunaan obat Donepezil sebaiknya dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur. Anda dapat mengonsumsi obat ini dengan atau tanpa makanan. Konsumsilah obat Donepezil dengan segelas air putih untuk membantu menelan tablet obat. Anda tidak dianjurkan menghancurkan, mengunyah atau membelah tablet, akan lebih baik obat dikonsumsi secara utuh dan langsung ditelan. 

Pada tablet larut (dispersible), cara konsumsinya yaitu dengan membiarkan larut di dalam mulut tanpa dikunyah, lalu minum dengan segelas air putih untuk menelannya. Dalam mengonsumsi obat Donepezil harus sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan dokter dan pastikan terdapat jarak waktu yang cukup antara dosis awal dan dosis selanjutnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dosis diberikan menyesuaikan dengan kondisi medis dan respon tubuh pada penderita. Anda tidak diperbolehkan menggandakan atau mengurangi dosis tanpa memberi tahu dokter. Jika Anda lupa mengonsumsi obat Donepezil, maka Anda bisa langsung segera meminumnya saat Anda ingat asalkan jeda dengan jadwal selanjutnya belum terlalu dekat. 

Namun jika sudah dekat, maka Anda dapat mengabaikannya saja. Anda tidak boleh menghentikan penggunaan obat Donepezil sebelum jangka waktu yang telah ditentukan dokter, walaupun kondisi tubuh Anda sudah terasa lebih baik atau gejala penyakitnya  sudah hilang. Simpan obat Donepezil pada suhu ruangan yang bak dan dalam wadah tertutup agar menghindari paparan sinar matahari serta obat jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jika Anda tidak mengonsumsi obat Donepezil selama lebih dari 7 hari berturut-turut, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda meneruskan konsumsi obat Donepezil lagi. Kemungkinan Anda perlu memulai penggunaan obat dengan dosis lebih rendah agar mengurangi resiko efek samping. Konsumsilah obat Donepezil secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Segera hubungi dokter Anda jika mengalami kondisi yang semakin memburuk.

Demikian informasi seputar Donepezil Hcl. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

diamicron untuk diabetes

Diamicron untuk Diabetes: Dosis dan Efek Sampingnya

fungsi dermatix ultra

Mengenal Fungsi Dermatix Ultra untuk Bekas Luka

perbedaan depakote er dan depakote biasa

Perbedaan Depakote ER dan Depakote Biasa

apotek modern

Apotek Modern vs Apotek Tradisional, Ini Bedanya

direktoriObat   21/02/2023
perbedaan obat resep dan otc

Perbedaan Obat Resep dan Obat OTC, Apa Saja?

direktoriObat   20/02/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman