Memiliki riwayat alergi terhadap sesuatu memang sangat mengganggu. Apalagi saat sedang tidak hati-hati, alergi dapat kambuh begitu saja. Gejala alergi umumnya dapat berupa gatal-gatal di bagian tubuh tertentu hingga muncul ruam kemerahan, bahkan ada yang sampai sesak napas. Anda yang memiliki riwayat alergi untuk berjaga-jaga harus selalu sedia cyproheptadine HCl, senyawa yang dijadikan obat untuk alergi.

Informasi

Cyproheptadine HCl merupakan senyawa antihistamin yang mampu meredakan gejala alergi, juga mampu digunakan untuk mengobati dan mencegah migrain. Senyawa ini dapat digunakan sebagai obat alergi untuk dewasa dan anak usia 2 tahun ke atas. Untuk ibu hamil dan menyusui, disarankan agar berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya. 

Senyawa ini dalam bentuk obat tersedia dalam wujud tablet. Obat ini bila dikonsumsi dapat menyebabkan pengguna lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga rentan mengalami iritasi kulit akibat paparan sinar matahari. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi obat ini, terlebih Anda yang juga memiliki riwayat penyakit asma, hipertensi, ginjal, jantung, gangguan saluran pencernaan, hipertiroid, glaukoma, dan emfisema.

Dosis

Dosis penggunaan Cyproheptadine HCl ditentukan berdasarkan kondisi yang diderita pasien. Takaran umum konsumsi obat jenis ini untuk dewasa diawali dengan 4 mg selama tiga kali sehari. Namun jika belum meredakan alergi, dosis bisa dinaikkan hingga batas maksimal 32 mg per hari dengan rentang konsumsi 3-4 kali sehari.

Sedangkan untuk anak-anak pada rentang usia 2-6 tahun dapat mengonsumsi obat ini dengan takaran 2 mg selama 2-3 kali sehari. Apabila belum mampu meredakan alergi, dosis dapat dinaikkan hingga batas maksimal yang dianjurkan dengan takaran total 12 mg per hari yang dikonsumsi 2-3 kali sehari.

Untuk anak –anak usia 7-14 tahun dapat meredakan alergi dengan obat ini selama 2-3 kali sehari dengan takaran 4 mg. Jika belum mampu mengatasi alergi yang diderita, dosis dapat ditingkatkan hingga total 16 mg per hari.

Selain sebagai obat alergi, Cyproheptadine HCl juga mampu digunakan untuk meredakan migrain. Untuk dewasa bisa minum 4 mg obat ini dan dapat diulang setelah 30 menit dengan batas maksimal 8 mg dalam rentang waktu 4-6 jam. Dosis lanjutan dalam mengonsumsi obat ini sebanyak 4 mg tiap 4-6 jam.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Cyproheptadine HCl ternyata dapat bereaksi buruk bagi tubuh Anda apabila dikonsumsi bersama dengan obat antidepresan jenis penghambat monoamin oksidase (MAOi) seperti phenelzine. Konsumsi obat ini juga mampu meningkatkan kantuk jika dipakai bersamaan dengan obat anticemas dan obat penenang.

Kelompok Orang Berisiko

Cyproheptadine HCl tidak dianjurkan dikonsumsi tanpa resep dokter untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak di bawah 6 tahun. Obat ini juga berisiko dikonsumsi oleh pasien dengan riwayat penyakit kardiovaskular seperti hipertensi dan jantung iskemik. Selain itu tidak dianjurkan dikonsumsi penderita gangguan pernapasan akut seperti asma. Tidak dianjurkan pula dikonsumsi penderita disfungsi kelenjar tiroid.

Obat ini juga tidak baik dikonsumsi oleh pasien dengan kondisi medis mengalami obstruksi leher kandung kemih, stenosis ulkus peptik, penggunaan bersamaan dengan obat antidepresan, glaukoma, lansia dengan kondisi lemah, laktasi, dan bayi prematur.

Efek Samping

Konsumsi obat dalam rentang waktu lama bisa menimbulkan efek samping. Seperti konsumsi obat ini secara berlebihan dan dengan frekuensi terlalu sering dapat menyebabkan kantuk, pusing, penglihatan kabur, peningkatan nafsu makan, sembelit dan mulut kering. Apabila  efek samping yang muncul semakin memburuk, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Ketika Anda mengonsumsi obat ini dan setelahnya muncul efek seperti tremor (gemetar), sulit buang air kecil, perubahan suasana hati yang fluktuatif, dan jantung berdetak lebih cepat dari normal, maka segeralah menghubungi dokter agar segera mendapat penanganan dari efek samping yang muncul.

Cara Konsumsi

Cyproheptadine HCl dapat dikonsumsi sesuai resep dokter atau sesuai ketentuan anjuran dosis. Biasanya dikonsumsi 2-3 kali sehari. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum ataupun setelah makan. Jika ingin menaikkan dosis, lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Begitupun apabila Anda akan mengonsumsi secara bersamaan dengan obat tertentu. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko efek samping yang bisa muncul.

Ketika Anda mengonsumsi obat ini, jangan dibarengi dengan konsumsi minuman beralkohol, karena dapat membuat Anda semakin pusing dan kantuk. Anda juga tidak disarankan berkendara ataupun kegiatan dengan konsentrasi tinggi ketika mengonsumsi obat ini karena menyebabkan pusing, penglihatan kabur, dan kantuk. Apabila Anda berencana menjalani pemeriksaan medis ataupun operasi, beritahukan dokter terlebih dahulu jika Anda mengonsumsi Cyproheptadine HCl.

Apabila Anda lupa mengonsumsi obat ini pada waktunya, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu ingat. Jika jeda waktu ingat masih jauh dengan jadwal konsumsi obat berikutnya. Namun apabila Anda ingat belum mengonsumsi obat dan waktunya dekat dengan konsumsi obat berikutnya, maka lewati dan minumlah obat ini pada jadwal berikutnya sesuai dosis. Jangan menggandakan dosis.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?