Drospirenone merupakan obat progestin yang fungsinya digunakan pada pil kb untuk mencegah terjadinya kehamilan dan terapi hormone menopause. Pil KB yang mengandung obat drospirenone dan ethinyl estradiol di dalamnya, maka dapat berfungsi mencegah kehamilan dengan cara menghentikan saat pembentukan sel telur setiap bulannya. Dengan demikian, sel telur pun tidak dapat bertemu dengan sel sperma sehingga risiko terjadinya kehamilan akan dapat dihindari. 

Informasi

Drospirenone (DRSP) adalah salah satu jenis obat progesteron baru yang memiliki farmakodinamik yang mirip dengan progesterone alami.  Drospirenone tergolong turunan dari 17a spironolakton, yaitu progestin baru dengan anti aldosteron dan anti androgen. Sifat dari obat ini akan berpotensi dalam menghambat efek yang berlawanan dengan sistem kardiovaskuler. 

Obat drospirenone termasuk golongan obat antimineralokortikoid yang memiliki sifat hemat kalium. Drospirenone yang terkandung dalam pil KB dapat menyebabkan peningkatan kadar kalium yang berlebih. Maka sebaiknya pil KB tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang mengalami gangguan ginjal, penyakit hati atau penyakit adrenal. Obat ini adalah jenis obat resep yang tidak dapat dibeli secara bebas, Anda dapat memperolehnya dari dokter sesuai petunjuk dan aturan pakai.

Dosis

Penggunaan dosis obat drospirenone harus berdasarkan aturan dan petunjuk dari dokter. Obat ini yang terdapat pada pil KB dalam dosisnya dikonsumsi setiap hari sebanyak 1 tablet selama 21-35 hari berturut-turut tanpa berhenti dan dalam satu siklus yang berkelanjutan, disesuaikan dengan jenis pil yang dikonsumsi.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Ada beberapa jenis makanan dan obat-obatan lain yang dapat memengaruhi kinerja obat drospirenone sehingga efektivitas dari obat ini menjadi berkurang karena akan mengalami kontraindikasi dari interaksi keduanya jika dikonsumsi secara bersamaan. Anda tidak dianjurkan mengonsumsi obat drospirenone jika Anda sedang menggunakan obat anti kejang seperti carbamazepine. 

Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan obat ini bersamaan dengan obat HIV seperti lopinavir. Obat rifampicin sebaiknya perlu Anda hindari jika Anda ingin mengonsumsi obat drospirenone, karena akan mengurangi efektivitas dari obat drospirenone jika dikonsumsi bersamaan dengan rifampisin. 

Kelompok Orang Berisiko

Obat drospirenone adalah golongan obat yang tidak boleh dikonsumsi para wanita hamil atau kemungkinan yang baru pertanda hamil. Bagi wanita yang ingin mengonsumsi obat drospirenone sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan jika dirinya sedang tidak dalam kondisi hamil. 

Pada ibu menyusui juga tidak dianjurkan mengonsumsi obat drospirenone. Anda perlu berhati hati sebelum mengonsumsi obat drospirenone jika sedang mengalami beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, kanker hati, kanker payudara, kanker rahim dan memiliki masalah terhadap siklus menstruasi. 

Obat drospirenone tidak dapat melindungi dan mengatasi infeksi menular seksual. Bagi wanita yang telah berusia lebih dari 35 tahun, disarankan untuk tidak mengonsumsi obat ini. Wanita yang memiliki kebiasaan merokok atau perokok aktif tidak dianjurkan mengonsumsi obat drospirenone karena akan lebih beresiko mengalami penyakit jantung. 

Efek Samping

Efek samping paling umum yang disebabkan dari penggunaan obat drospirenone antara lain:

  • Timbulnya jerawat
  • Nyeri pada payudara
  • Mengalami kenaikan berat badan
  • Sakit kepala
  • Perubahan menstruasi tidak teratur
  • Mual
  • Dismenore
  • Penurunan libido
  • Perdarahan pada vagina
  • Perdarahan menstruasi tidak terjadwal

Namun tidak semua gejala dan efek samping berasal dari penggunaan obat drospirenone. Beberapa gejala tertentu belum teridentifikasi setelah menggunakan obat drospirenone. Agar Anda tidak merasa khawatir, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai gejala efek samping yang Anda alami untuk diperiksa lebih lanjut serta mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cara Konsumsi

Cara penggunaan obat drospirenone dalam sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan teratur setiap hari. Hal yang perlu Anda ingat, konsumsi obat yang rutin tanpa terlewat bertujuan agar efektivitas obat dapat terjaga dalam mencegah kehamilan. Untuk memudahkan Anda dalam mengingat, obat ini sebaiknya dikonsumsi pada jam yang sama setiap hari. 

Namun jika Anda lupa meminum obat, segeralah minum obat ini saat Anda teringat asalkan jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika Anda lupa mengonsumsi 2 dosis obat drospirenone, Anda boleh menggandakan dosisnya yang terlupa, lalu konsumsilah dosis berikutnya sesuia jam jadwal yang biasa Anda lakukan. Anda harus segera menghubungi dokter jika lupa mengonsumsi obat ini sebanyak tiga kali bertutut-turut untuk mendapatkan petunjuk dan arahan.

Jika Anda mengalami efek samping berupa mual dan muntah, hal itu menandakan efektivitas dari obat  drospirenone dapat berkurang. Selain itu, kondisi mual atau muntah juga menandakan bahwa akan terjadi kehamilan. Agar Anda dapat memastikannya, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui gejala yang terjadi serta mendapatkan penanganan yang tepat. Hubungi dokter Anda jika kondisi semakin memburuk setelah penggunaan obat drospirenone.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?