fbpx
BerandaTelemedik7 Obat-Obatan Yang Dapat Merusak Hati

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh. Organ ini berfungsi dalam menghancurkan racun, menghasilkan protein, dan membantu proses metabolisme tubuh. Seluruh makanan yang kita konsumsi, sebelum masuk ke dalam usus untuk diserap akan dibawa darah masuk ke dalam hati.  Hal ini guna dilakukannya detoksifikasi pada makanan yang telah kita konsumsi. Untuk itu hati-hati dalam pemilihan obat. Karena ada beberapa obat yang dapat merusak hati.

obat yang merusak hati

Hati mengandung jenis sel khusus yang mampu menghancurkan racun. Sel ini disebut juga dengan sel kupffer. Sel ini akan mendetoksifikasi racun dalam darah dengan mengeluarkan enzim dan zat kimia yang disebut juga xenobiotik. Zat ini akan mengurai racun dan membuangnya keluar tubuh melalui urin. Zat-zat yang biasa didetoksifikasi oleh hati, antara lain amonia, alkohol, dan obat-obatan. Ya! Obat-obatan memang juga akan didetoksifikasi saat masuk ke hati. Hati akan membuang zat-zat kimia tidak terpakai yang terdapat dalam obat.

Namun ternyata terdapat beberapa obat-obatan yang ternyata jika dikonsumsi terus-menerus atau tanpa mengikuti aturan dapat merusak hati loh! Apa saja sih daftarnya? Simak pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

7 Daftar Obat Yang Merusak Hati

1. Paracetamol

Paracetamol adalah obat penurun demam yang sangat sering digunakan di kalangan masyarakat. Obat yang satu ini juga dapat meredakan nyeri seperti sakit kepala dan sakit gigi. Namun ternyata paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati loh! Ya, obat ini dapat menimbulkan kerusakan hati jika digunakan tidak sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter (Baca juga Pelajari Dosis dan Efek Samping Obat Paracetamol). Terlebih jika obat ini dikonsumsi dengan dosis tinggi dan jangka waktu yang lama tanpa pengawasan dokter.

2. NSAID (Non-Steroid Anti-Inflammatory Drugs)

Selain paracetamol, obat anti nyeri lainnya yang masuk kedalam golongan NSAID ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Obat anti nyeri golongan ini biasa digunakan untuk meredakan nyeri pada sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, hingga nyeri sendi dan otot. Beberapa obat-obatan yang masuk ke dalam golongan ini adalah obat ibuprofen, diclofenac, dan aspirin. Saat mengonsumsi obat-obatan tersebut, pastikan Anda menyesuaikannya dengan aturan pakai atau sesuai dengan anjuran dokter.

3. Antibiotik

Obat-obatan antibiotik merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi. Obat ini dapat membunuh patogen penyebab infeksi. Namun obat yang satu ini tidak dapat dikonsumsi sembarangan, melainkan memerlukan resep dokter. Hal ini karena obat antibiotik dapat menimbulkan resistensi obat jika penggunaannya tidak sesuai dengan aturan pakai (Baca juga Yuk Kenali Tips Konsumsi Obat Antibiotik Yang Benar). Obat yang satu ini juga dapat menimbulkan kerusakan hati jika tidak digunakan sesuai dengan anjuran dokter. Oleh karena itu penggunaan obat antibiotik harus benar-benar mengikuti aturan pakai yang telah dianjurkan oleh dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Methotrexate

Methotrexate adalah obat yang digunakan untuk mengatasi psoriasis berat dan rheumatoid arthritis. Obat ini juga digunakan dalam terapi pengobatan kanker dan penyakit Crohn. Dilihat dari penyakit yang dapat diatasi obat ini saja, kita dapat memahami bahwa methotrexate merupakan obat keras yang mana penggunaannya memerlukan resep dokter. Namun ternyata obat ini dapat menyebabkan sirosis hati jika penggunaannya bersamaan dengan konsumsi alkohol. Selain itu obat ini juga dapat menyebabkan kerusakan hati jika obat ini digunakan oleh orang yang obesitas (kelebihan berat badan) dan memiliki gangguan hati.

5. Statin (Obat Penurun Kolesterol)

Golongan obat statin (penurun kolesterol) ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan hati loh! Beberapa golongan statin seperti atorvastatin dan simvastatin memang dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang (Baca juga Simvastatin, Obat yang Dapat Menurunkan Kolesterol). Namun seiring berjalannya waktu, konsumsi obat ini juga dapat meningkatkan kadar enzim pada hati.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terlebih penggunaan statin dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan keracunan hati, kerusakan hati, dan gagal hati hingga membutuhkan transplantasi hati.

6. Amiodarone

Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi aritmia (irama jantung tidak teratur) ini ternyata juga dapat menjadi penyebab kerusakan hati juga. Hal ini karena obat Amiodarone yang dikonsumsi sebagian besar tersimpan dalam hati. Obat ini dapat menyebabkan kerusakan hati mulai dari kelainan enzim hati, menumpuknya lemak pada hati, sirosis hati, dan gagal hati.

7. Niacin

Niacin atau vitamin B3 merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh (Baca juga Mengenal Nicotinamide, Bentuk Aktif dari Vitamin B3 (Niacin)). Vitamin ini berperan dalam proses pengubahan nutrisi makanan menjadi energi. Selain itu vitamin ini juga baik bagi kesehatan kulit dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Namun penggunaan niacin dalam dosis yang tinggi ternyata dapat menyebabkan penyakit kuning dan gagal hati. dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack juga menambahkan bahwa obat-obatan baik yang dapat dibeli bebas maupun dengan resep, jamu / herbal, bahan kimia, dan alkohol memiliki kemungkinan merusak hati bila dikonsumsi secara berlebih. Hindari mengonsumsi alkohol dan hanya gunakan obat sesuai anjuran.

Itulah informasi mengenai daftar obat-obatan yang dapat menyebabkan kerusakan hati. Berhati-hatilah dalam menggunakan obat-obatan. Pastikan Anda mengikuti aturan pakai yang telah dianjurkan oleh dokter. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis uuntuk menghindari risiko buruk dari penggunaan obat. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen Sido Muncul Sari Temulawak – 50 kapsul – Menjaga Kesehatan Hati (Rp56.500) untuk menjaga kesehatan hati Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Ditulis oleh: Nada Karisma

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022
apotek lifepack

Apotek Lifepack Hadir Secara Offline untuk Layanan Lengkap dan Tepat

Telemedik   31/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman