fbpx
BerandaHidup SehatYuk Kenali Tips Konsumsi Obat Antibiotik yang Benar

Ketika Anda sakit, pasti datang berobat ke dokter adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan. Biasanya sebagai obat, dokter memberikan antibiotik untuk Anda konsumsi. Namun tahukah Anda dengan antibiotik ini? Antibiotik sendiri adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam tubuh. 

Yuk Kenali Tips Konsumsi Obat Antibiotik yang Benar

Antibiotik memang cukup ampuh untuk membunuh bakteri yang ada di tubuh Anda. Anda dapat membeli antibiotik seperti Clindamycin Novell 300 mg 10 Strip X 10 Kapsul – 10 Kapsul – Obat Antibiotik (Rp99.800) di pasaran. Namun perlu Anda ketahui, antibiotik juga bisa membahayakan dan memperburuk kondisi tubuh Anda jika tidak digunakan sesuai dengan aturan. Hal itu karena malah dapat menyebabkan bakteri menjadi resisten alias kebal terhadap antibiotik dan tetap berkembang di dalam tubuh Anda.

Tingkat resistensi atau kekebalan bakteri terhadap antibiotik ini akan terjadi ketika bakteri tidak lagi bisa dibunuh dengan antibiotik yang Anda konsumsi. Jika bakteri menjadi kebal, tentu saja infeksi yang Anda alami  akan semakin sulit untuk diobati dan sembuh. Kesehatan Anda pun juga akan terganggu dengan adanya hal ini bila tidak diatasi dengan baik.

Tips Cegah Bakteri Agar Tidak Kebal Antibiotik

Walau demikian, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar bakteri yang berkembang di tubuh tidak menjadi kebal terhadap antibiotik. Tentunya, hal ini harus Anda cermati dan lakukan dengan baik agar nantinya pengobatan Anda yang menggunakan antibiotik dapat berjalan dengan maksimal.

Tanyakan Pada Dokter

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu bertanya ke dokter jika Anda diberi obat dan resep antibiotik. Anda pun dapat bertanya seputar penyakit apa yang sedang Anda derita dan menanyakan obat antibiotik jenis apa yang cocok dikonsumsi untuk mengobati penyakit tersebut.

Ikuti Anjuran Dokter

Kedua, Anda pun juga dianjurkan untuk tidak mengubah sendiri dosis konsumsi dan lama pemakaian dari antibiotik tersebut. Pasalnya, ada beberapa orang yang seringkali tidak menghabiskan antibiotik yang diberikan dan mengonsumsinya pun juga tidak teratur sesuai anjuran dari dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Hal ini tentu saja akan berdampak pada penyakit dan proses penyembuhan Anda. Pasalnya, bakteri yang berkembangan di tubuh Anda malah tidak dapat dibunuh dengan maksimal. Selain itu, dosis yang diberikan pun juga sudah diperkirakan untuk dapat mematikan bakteri yang sedang bekembang tersebut.

Jika Anda mengonsumsi antibiotik ini kurang dari dosis yang diberikan, maka bakteri pun memiliki waktu lebih banyak untuk berkembang dan sulit untuk dibunuh. Bakteri yang bertahan cenderung mengembangkan kemampuan bertahan terhadap antibiotik tersebut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan Konsumsi Antibiotik Jika Tidak Diperlukan

Ketiga dan harus Anda perhatikan, jangan mengonsumsi antibiotik bila tidak diperlukan. Pasalnya, sebagian orang masih beranggapan bahwa antibiotik bisa menyembuhkan segala jenis penyakit. Padahal, tidak semua penyakit bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat antibiotik dan hal ini dapat berdampak kurang baik untuk Anda.

Jika Anda mengonsumsi antibiotik dalam keadaan yang tidak diperlukan, maka akan membuat membuat bakteri yang ada di tubuh Anda menjadi bisa mengenal antibiotik tersebut. Beberapa bakteri mengembangkan kemampuan untuk menetralkan antibiotik sebelum dapat mematikan mereka. Sehingga nantinya jika Anda sakit dan mengonsumsi antibiotik tersebut malah membuat bakteri itu kebal.

Kenali Jenis Infeksi dan Pengobatannya

Anda pun juga wajib tahu bahwa tidak semua infeksi atau penyakit butuh antibiotik untuk penyembuhannya. Antibiotik memang tergolong dalam jenis obat yang cukup penting dalam menyembuhkan suatu penyakit akibat infeksi dari bakteri. Bahkan, penggunaan yang tepat dari antibiotik ini pun dapat menurunkan risiko tingkat kematian pada pasien. 

Namun demikian, sebenarnya antibiotik ini harus digunakan sesuai dengan jenis infeksi bakterinya. Obat antibiotik sebaiknya dikonsumsi dengan resepk dari dokter dan diminum sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing pasien agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan maksimal. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Hal ini, disebabkan karena tidak semua pasien yang mengalami penyakit infeksi pun juga disebabkan oleh pertumbuhan bakteri. Oleh sebab itu, jangan pernah mengonsumsi antibiotik ini dengan tidak sesuai dari anjuran dokter dan jangan konsumsi antibiotik miliki orang lain karena kebutuhan dari setiap orang sendiri berbeda-beda satu sama lain. 

Konsumsi Daging Organik

Terakhir, Anda bisa mengonsumsi daging organik yang belum disuntik cairan antibiotik. Bukan tanpa alasan, hewan ternak membawa bakteri di dalam ususnya. pada ternak yg menggunakan antibiotik berlebihan, beberapa dari bakteri ini mungkin resisten terhadap antibiotik..

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun, ketika Anda mengonsumsi daging dari hewan yang mengandung bakteri yang kebal terhadap suatu antibiotik, maka bakteri yang ada di daging dapat berpindah ke dalam tubuh Anda. Pada akhirnya, Anda pun juga akan memiliki bakteri yang kebal dengan antibiotik ini.

Jika Anda mengikuti tips ini dengan baik, Anda dapat merasakan manfaat yang besar dari antibiotik dan proses penyembuhan Anda pun dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Ingin berkkonsultasi mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter gratis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
tips ampuh turunkan demam dengan jahe

3 Tips Ampuh Turunkan Demam dengan Jahe

Hidup Sehat   02/07/2022
makanan dengan indeks glikemik rendah

5 Daftar Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Hidup Sehat   28/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman