fbpx

Mengenal Fluoride Varnish Untuk Perawatan Gigi

Sep 11, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Perlu Anda ketahui, ternyata kondisi dari gigi Anda bisa menjadi pengukur dari tingkat kesehatan tubuh Anda lho. Ternyata, ada banyak sekali hubungan antara gigi dengan  kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Bahkan, orang yang memiliki gigi sehat dan kuat cenderung memiliki tubuh yang lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit. 

Hal itu disebabkan karena gigi yang sehat dapat menurunkan risiko Anda akan terserang penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, hingga melahirkan bayi prematur bagi ibu hamil. Maka dari itu, mulai sekarang saatnya Anda dapat memulai untuk mencoba melakukan perawatan gigi dan mulut dengan teratur untuk menjaga kesehatan.

Pasalnya, perawatan mulut dan gigi seringkali disepelekan oleh sebagian besar orang. Padahal, merawat mulut dan juga gigi itu sama pentingnya dengan Anda menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh Anda. Jika gigi Anda tidak terawat dengan baik, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat bersarang di tubuh Anda nantinya.

Ada berbagai macam bentuk perawatan gigi yang dapat Anda lakukan. Namun, salah satu bentuk perawatan yang cukup disarankan oleh dokter gigi, yaitu dengan menggunakan fluoride varnish. Varnish gigi atau vernis dengan menggunakan zat fluor ini sudah dimanfaatkan sejak dulu untuk mencegah berbagai masalah gigi terutama karies gigi.

Pengertian Fluoride Varnish

Perawatan dengan fluoride varnish ini mungkin masih belum terlalu familiar bagi sebagian orang. Hanya saja, bagi Anda yang mungkin belum tahu pun wajib untuk tahu seputar perawatan ini. Fluoride varnish gigi sendiri adalah jenis perawatan dengan zat khusus yang mirip seperti kalsium yang kemudian akan dioleskan untuk memperkuat lapisan email pada gigi Anda. 

Zat ini sendiri sudah dinyatakan aman oleh Badan Kesehatan Dunia WHO dan telah banyak digunakan oleh dokter gigi di seluruh dunia untuk merawat kesehatan gigi. Zat ini pun, juga berguna untuk mencegah kerusakan pada gigi Anda. Dalam beberapa kasus, dokter gigi mungkin juga akan menyarankan perawatan ini bagi Anda yang punya masalah gigi sensitif.

Dalam prakteknya, biasanya dokter gigi nanti akan mengoleskan fluoride varnish ini sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan sebelumnya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Zat ini pun juga tak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat diserap oleh gigi, sehingga Anda pun tidak perlu khawatir jika zat ini akan tertelan ke perut Anda.  

Manfaat dan Efek Fluoride Varnish untuk Anak dan Orang Dewasa

Perawatan dengan menggunakan vernis gigi dari zat fluor, juga sangat dianjurkan bagi anak-anak terutama yang masih berusia 2-14 tahunan.  Pasalnya, fluoride varnish ini memiliki tingkat keberhasilan bahkan mencapai 43 persen dalam mencegah karies gigi dan penumpukan plak yang pada gigi anak Anda. 

Terlebih lagi, anak-anak memang lebih rentan mengalami karies gigi jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal itu karena makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak sendiri umumnya yang bersifat manis seperti permen. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus-menerus, maka dapat menyebabkan masalah pada gigi anak Anda.

Jika dilihat dari anjuran yang diberikan, sebaiknya anak Anda mendapatkan perawatan fluoride varnish gigi secara rutin. Namun sebelum itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi anak tentang seberapa sering anak Anda perlu untuk merawat gigi dengan menggunakan fluoride varnish. Biasanya, dokter akan menyarankan anak untuk divarnish dua kali setahun.

Hanya saja perlu Anda tahu, perawatan dengan cara varnish ini mungkin juga akan menimbulkan beberapa efek samping bagi anak Anda. Ada beberapa efek samping mulai dari alergi dengan gejala bibir, lidah dan bagian wajah yang tampak membengkak, gatal-gatal atau juga mengalami sulit bernapas, sakit perut dan juga mengalami sakit kepala.

Efek samping lain adalah warna gigi anak Anda yang akan berubah menjadi kekuningan, kecokelatan atau bahkan juga menghitam. Sehingga, memang dalam penggunaannya sendiri harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan anjuran dokter gigi anak agar efek samping ini dapat diminimalisir.

Lalu untuk orang dewasa dan lanjut usia sendiri, pada dasarnya tidak diwajibkan untuk rutin menjalani perawatan fluoride varnish ini. Meski begitu, Anda pun tetap bisa mendapatkan banyak manfaat dari perawatan gigi yang satu ini terlebih orang dewasa lebih rentan mengalami erosi  gigi dan masalah gigi yang sensitif saat dipakai untuk mengunyah. 

Tidak ada anjuran khusus mengenai berapa kali orang dewasa dan lansia perlu melakukan perawatan flouride varnish ini. Tapi tetap saja, selalu konsultasikan langsung dengan dokter gigi Anda ketika hendak melakukan perawatan ini. Untuk efek samping yang mungkin muncul sendiri umumnya juga sama seperti yang terjadi pada anak. 

Maka dari itu, Anda pun wajib selalu datang ke dokter gigi yang memang sudah ahli untuk melakukan perawatan ini. Jika gigi Anda terawat dengan bagi, maka kesehatan tubuh pun akan lebih terjamin.

Ingin tebus obat tanpa ribet? Temukan solusi tebus obat mudah dari rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis