fbpx
BerandaVaksin5 Daftar Hoaks Vaksin COVID-19

Pemerintah terus menghimbau ajakan kepada masyarakat untuk mendapatkan hoaks. Tetapi sayangnya ajakan ini seringkali dibarengi dengan hoaks yang mungkin saja dikirimkan dan dikabarkan lebih luas ke dalam grup sosial media. Hingga Oktober, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) telah mencatat dan mengkonfirmasi ada lebih dari 300 hoaks vaksin COVID-19 yang telah beredar. Jangan gegabah mempercayai informasi dan selalu cari tahu lebih lanjut. Berikut 5 daftar hoaks vaksin COVID-19 yang perlu Anda ketahui kebenarannya.

1. Vaksin COVID-19 mengandung microchip magnet

Mungkin Anda pernah melihat unggahan di mana seseorang dapat menempelkan koin uang Rp1.000 di lengan bekas suntikan vaksinasi COVID-19. Unggahan tersebut diklaim sebagai bukti bahwa vaksin mengandung magnet.

Fakta bahwa koin mengandung microchip magnet adalah salah dan merupakan hoaks. Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro menjelaskan bahwa “Vaksin berisi protein, garam, lipid, pelarut, dan tidak mengandung logam. Jadi perlu dijelaskan bahwa berita itu hoax,” katanya. 

Ia menjelaskan lagi fenomena koin yang menempel pada lengan hanyalah karena adanya keringat dan tidak mungkin ada logam yang masuk karena lubang suntik sangatlah kecil. 

“Sebuah logam dapat menempel di permukaan kulit yang lembab biasanya disebabkan keringat. Pecahan uang logam seribu rupiah terbuat dari bahan nikel dan nikel bukan bahan yang bisa menempel karena daya magnet,” ucap ketua ITAGI tersebut.

2. Banyak Orang Meninggal Karena Vaksin Covid-19

Beredar sebuah postingan di media sosial Facebook yang menyatakan banyak orang meninggal dunia akibat vaksin Covid-19. Tetapi, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari sudah menjelaskan bahwa informasi yang beredar tersebut hoaks. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ketua KIPI  tersebut menyatakan hingga saat ini tidak ada yang meninggal dunia karena vaksin Covid-19. Selain itu, vaksin Covid-19 juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya karena berisi virus mati (inactivated).

Ada pun jika di kemudian hari ada yang meninggal dunia, Hendra berjanji pihaknya akan langsung mengeluarkan rekomendasi untuk menghentikan vaksinasi. Tetapi hingga sekarang vaksin Covid-19 masih direkomendasikan dan dinyatakan aman. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Vaksin Covid-19 Berbasis mRNA Bisa Rusak DNA

Masih mirip seperti hoaks yang sebelumnya, beredar juga unggahan yang mengatakan vaksin Covid-19 berbasis mRNA seperti Pfizer bisa merusak DNA. Unggahan tersebut juga menyatakan 75% relawan uji coba vaksin mengalami efek samping.

Institut Paul-Ehrlich, Institut Federal untuk Vaksin dan Biomedis, dilansir dari  Liputan6.com, menjelaskan bahwa “Tidak ada risiko integrasi mRNA ke dalam genom manusia. Dalam kasus manusia, genom terletak di inti sel dalam bentuk DNA. Integrasi RNA ke dalam DNA tidak dimungkinkan antara lain karena struktur kimianya yang berbeda”.

Mark Lynas, dari Alliance for Science Cornell University, menjelaskan juga, “Modifikasi genetik hanya bisa terjadi jika memasukkan DNA asing ke dalam inti sel manusia, dan vaksin sama sekali tidak melakukan itu. Jadi tidak ada vaksin yang bisa mengubah DNA manusia”.

4. Hoaks Vaksin Sinovac Belum Dilakukan Uji Coba untuk Anak-Anak Indonesia

Beberapa waktu lalu beredar sebuah video melalui WhatsApp yang memberikan informasi bahwa vaksin Sinovac belum diuji coba kepada anak-anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Informasi tersebut sudah dikonfirmasi sebagai hoaks karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia telah mengeluarkan Persetujuan Penggunaan Darurat pemberian CoronaVac terhadap anak usia 6 tahun ke atas berdasarkan kajian laporan-laporan ilmiah pada setiap vaksin yang diberi izin.

BPOM melaporkan bahwa hasil uji coba pemberian vaksin anak sudah mempertimbangkan faktor keamanan dan imunogenisitas. Maka dari itu sudah ditetapkan vaksin Sinovac dapat direkomendasikan untuk anak kelompok usia 6-17 tahun. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Vaksin COVID-19 Mengandung Cairan Iblis yang Dapat Menyebabkan Kematian

Melalui Facebook, beberapa unggahan menyatakan bahwa salah satu kandungan vaksin COVID-19 adalah cairan iblis. Cairan iblis tersebut dimasukkan sengaja untuk membuat orang meninggal hingga populasi manusia berkurang banyak. 

Pemerintah Indonesia sudah mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah hoaks. Resiko kematian akibat vaksin dosis pertama adalah 37%, sedangkan risiko kematian setelah dosis kedua adalah 73%, dilansir melalui situs Katadata.id.

Sehingga, sudah jelas bahwa informasi bahwa cairan vaksin covid-19 mengandung cairan iblis dan menyebabkan kematian adalah hoaks.

Cara Pencegahan Hoaks Vaksin Covid-19

Pemerintah Indonesia menghimbau masyarakat untuk selalu memeriksa kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Masyarakat Indonesia dapat mengetahui kebenaran setiap hoaks dengan berbagai cara sebagai berikut:

  1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
  2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
  3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Jika Anda mengalami gejala vaksin atau Covid-19, segera konsultasi dengan dokter Lifepack melalui WhatsApp sekarang juga. Tetap tenang dan jangan gegabah mengasumsikan kondisi Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat penghilang bau mulut di apotek

7 Obat Penghilang Bau Mulut di Apotek

Hidup Sehat   12/05/2022
obat tangan kesemutan di apotek

4 Obat Tangan Kesemutan di Apotek

Hidup Sehat   05/05/2022
bahaya bakteri salmonella

Bahaya Bakteri Salmonella dalam Kinder Joy

Ibu dan Anak   29/04/2022
makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa

4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Hidup Sehat   28/04/2022
tips mudik lebaran

Syarat dan Tips Mudik Lebaran 2022

Hidup Sehat   27/04/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman