fbpx
BerandaHidup Sehat3 Cara Menghadapi Gelombang 3 COVID-19

Seiring dengan liburan akhir tahun, masyarakat Indonesia bersiap untuk berlibur bersama dengan orang tersayang. Namun, momen liburan bukan berarti pandemi telah berakhir. Para ahli kesehatan Indonesia telah menghimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang 3 COVID-19 pada akhir dan awal tahun baru. Maka dari itu, ketahui 3 cara menghadapi gelombang 3 COVID-19 yang harus Anda ketahui berikut.

Gelombang 3 COVID-19

Dilansir dari laman Kontan, Epidemiolog Universitas Indonesia (UI), Tri Yunis Miko mengatakan bahwa ancaman gelombang ketiga Covid-19 di tanah air masih tetap harus diwaspadai meski kasus baru Covid-19 menurun. 

Mobilitas masyarakat diperkirakan akan semakin tinggi khususnya saat menghadapi hari libur keagamaan serta mendekati libur tahun baru. Ancaman gelombang ketiga COVID-19 juga akan semakin besar jika capaian vaksinasi tidak sampai 50% hingga Desember 2021.

“Prediksi Desember (2021) – Januari (2022) itu kemungkinan puncak gelombang ketiganya,” kata Tri dalam melalui keterangan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada hari Jumat (24/9/2021). 

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, juga mengatakan hal yang kurang lebih sama seputar faktor-faktor munculnya gelombang 3 di Indonesia. Faktor yang paling utama adalah masih banyak populasi di Indonesia yang belum memiliki kekebalan terhadap COVID-19 karena belum divaksinasi. 

Selain itu, ada juga kelompok masyarakat yang mengalami penurunan kekebalan meski sudah divaksinasi. Misalnya karena sudah 6 bulan atau lebih sejak divaksinasi. Hal ini terutama pada lansia, yang sudah lebih dulu mendapatkan vaksinasi. Menurut Johns Hopkins Medicine, seseorang yang sudah divaksin masih bisa tertular COVID-19 karena tujuan vaksin hanyalah untuk mengurangi gejala dan resiko kematian. Dengan begitu, bukan berarti seseorang yang sudah divaksin dapat berlibur sesuka hati dan melupakan protokol kesehatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dilansir dari OkeZone, pemerintah Indonesia juga sudah memiliki cara-cara untuk mengantisipasi melonjaknya kasus COVID-19 yakni:

  1. Penanganan Covid-19 melalui deteksi dengan meningkatkan tes epidemiologi 
  2. Meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak
  3. Upaya pelacakan dan pemantauan genom virus SARS-CoV-2 atau yang disebut surveilans genomic
  4. Mengonversi tempat tidur di rumah sakit sebanyak 30-40 persen dari total kapasitas RS
  5. Pemenuhan suplai oksigen, alat kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) 6. Mengerahkan tenaga kesehatan cadangan

Upaya menghadapi gelombang 3 merupakan upaya bersama. Maka dari itu masyarakat juga harus berusaha untuk mengoptimalkan hal-hal yang bisa dilakukan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Menghadapi Gelombang 3 COVID-19

  1. Dapatkan Vaksin Penuh

Cara utama untuk menghadapi covid-19 adalah dengan mendapatkan vaksin penuh dari dua kali dosis. Laman penanganan Corona Jakarta mengatakan bahwa vaksinasi dapat mengoptimalkan pencegahan gelombang ketiga. 

Vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan dan meminimalkan penyebaran kasus Covid-19. Karena itulah setiap orang wajib untuk mendapatkan vaksinasi demi membentuk kekebalan dalam masyarakat. 

Hal tersebut membutuhkan partisipasi masyarakat untuk mendukung efektivitas program vaksinasi yang dijalankan pemerintah. Partisipasi masyarakat dalam vaksinasi akan memudahkan pencapaian herd immunity, terutama pada kelompok yang diperbolehkan di vaksin berdasarkan usia dan kondisi kesehatan tertentu. Hal ini juga akan diperkuat dengan ketersediaan berbagai jenis vaksin dalam program vaksinasi yang diadakan pemerintah. 

Anda bisa mendaftarkan diri dan mencari informasi di pos-pos kesehatan terdekat. Melansir dari halaman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengalami efek samping yang muncul setelah divaksin adalah hal yang normal. Ini merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan terhadap infeksi COVID-19. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Jaga Kesehatan

Beraktivitas di rumah bukan berarti Anda dapat mengabaikan kesehatan seluruhnya. Anda harus tetap menjaga kesehatan dengan cara makan makanan sehat, mengonsumsi vitamin, minum air mineral yang cukup, berolahraga, serta menjaga pola tidur yang sehat.

Salah satu vitamin yang perlu Anda konsumsi dengan rutin adalah Vitamin C. Vitamin ini sangat dibutuhkan di masa pandemi karena dapat memelihara daya tahan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sitokinin di sel darah putih yang bermanfaat untuk meningkatkan respon imun. Anda bisa konsumsi Blackmores Bio C 1000 mg – 30 tablet (Rp113.774).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, Anda juga perlu sekali menjaga pola tidur yang sehat mulai dari 6 hingga 8 jam setiap malam. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh Anda bugar dan tidak akan rentan dari penyakit. Sebaliknya, kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang membuat Anda lebih rentan terhadap COVID-19. 

  1. Jaga Protokol Kesehatan

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan sebagai pencegahan gelombang ketiga adalah dengan menjaga protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas. 

Berdasarkan pengalaman gelombang kedua lalu, varian baru virus Corona menyebar teramat cepat karena tidak diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Setelah tempat-tempat publik dibuka beberapa saat yang lalu, ada kalanya juga masyarakat datang berbondong-bondong dan melupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Maka dari itu, meski sudah divaksin Anda harus terus mengambil tindakan untuk menghentikan penyebaran virus corona, yaitu dengan cara:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.
  • Kenakan masker, terutama di tempat yang ramai, tertutup, dan berventilasi buruk.
  • Sering-sering mencuci tangan.
  • Tutupi mulut dan hidung setiap batuk atau bersin, dengan menggunakan siku bagian dalam.
  • Saat berada di dalam ruangan bersama orang lain, pastikan ventilasi cukup baik, seperti dengan membuka jendela.

Dengan melakukan semua ini, Anda juga sedang melindungi keluarga dan orang-orang di sekitar. 

Waspadai gejala COVID-19 dan penyakit lainnya yang bisa memberikan Anda resiko lebih tinggi untuk terjangkit COVID-19. Segera konsultasi dengan dokter tepercaya di Apotek Online Lifepack melalui WhatsApp sekarang. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman