fbpx
BerandaObat4 Rekomendasi Obat Meriang Pilihan Apotek Lifepack

Meriang adalah istilah awam dari demam. Kondisi meriang biasanya digunakan untuk menjelaskan sensasi menggigil, tidak nyaman, dan nyeri diseluruh tubuh. Kondisi ini sering dialami oleh orang yang kelelahan dan terkena infeksi kuman. Obat meriang pada umumnya dapat dibeli bebas di apotek tanpa perlu resep dokter. Salah satu jenis obat untuk meriang yang terkenal adalah paracetamol. Berikut rekomendasi obat meriang pilihan Lifepack.

obat-meriang

Manfaat Obat Meriang dan Jenis Obat Meriang

Pada umumnya, meriang menjadi pertanda bahwa badan sedang demam yang mungkin disebabkan oleh peradangan akibat bakteri. Gejala yang muncul karena meriang mungkin akan sembuh seiring waktu seiring dengan istirahat dan juga konsumsi obat. Obat yang dapat dikonsumsi saat meriang jenisnya bermacam-macam, berikut adalah daftar obat yang dianjurkan oleh dokter Lifepack untuk dikonsumsi saat meriang.

Ibuprofen

dr. Amanda Ismoetia dari Tim Dokter Lifepack menyebutkan bahwa Ibuprofen adalah obat golongan OAINS (Obat Anti Inflamasi Non Steroid), artinya obat ini bekerja sebagai agen anti peradangan dan anti nyeri yang dapat bantu mengobati sakit kepala, demam, nyeri haid, sakit gigi, radang sendi dan juga nyeri otot. 

Tetapi sering waktu, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan gejala flu seperti demam, dan pilek. Cara kerja obat ini adalah menghalangi zat yang menyebabkan terjadinya peradangan, nyeri atau pembengkakan waktu meriang.

Di samping manfaatnya, Ibuprofen memiliki efek samping yang bisa terjadi seperti tubuh mudah memar, leher kaku, kelelahan, dan perubahan pada penglihatan. Sebelum mengonsumsi obat ini, baiknya pahami dulu aturan pemakaiannya. Jika tidak ada perubahan setelah minum obat ini, baiknya periksakan diri ke dokter.

Aspirin

Aspirin adalah obat dengan sifat antiinflamasi dan antiplatelet yang fungsinya sama seperti Ibuprofen, yaitu untuk bantu meredakan nyeri dan demam. Jadi tidak heran jika aspirin dapat digunakan sebagai obat untuk meriang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain digunakan sebagai obat meriang, obat Aspirin juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Obat ini dapat diminum dalam dosis kecil dan tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Dibanding ibuprofen, penggunaan aspirin harus lebih berhati-hati karena memiliki efek samping yang lebih besar. Sebab Ibuprofen dapat menyebabkan efek seperti gangguan bicara, gangguan penglihatan, leher kaku, mual, muntah, gangguan pembekuan darah, hingga perdarahan yang sulit berhenti. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Parasetamol (Paracetamol)

Menurut dr. Amanda Ismoetia dari Tim Dokter Lifepack, Parasetamol adalah obat yang paling sering digunakan dan sangat umum ditemui untuk pengobatan meriang. Kebanyakan masyarakat memilih obat parasetamol dibandingkan kedua obat sebelumnya karena tersedia secara bebas di apotek maupun supermarket.

Obat Parasetamol seringkali dikonsumsi untuk meredakan gejala flu, sakit kepala, sakit punggung, dan juga sakit gigi, bahkan sekarang paracetamol juga biasa dikonsumsi sebagai obat meriang untuk efek samping setelah vaksin. 

Bentuk obat ini tersedia dalam bentuk tablet kunyah, sirup, dan juga pil. Sebelum mengonsumsi, sebaiknya baca aturannya dan anjuran pemakaian dulu. Karena parasetamol juga dapat sebabkan beberapa efek samping seperti mual dan sakit kepala.

Naxproxen

dr. Amanda Ismoetia dari Tim Dokter Lifepack menyebutkan bahwa sama dengan Ibuprofen, Naxproxen adalah obat yang masuk ke dalam golongan obat OAINS (Obat Anti Inflamasi Non Steroid). Sehingga obat Naxprofen dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa nyeri, seperti sakit gigi, nyeri haid, sakit kepala, dan juga tendonitis. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara kerja Naxproxen tidak berbeda dengan ketiga obat sebelumnya yaitu dengan cara mencegah peradangan. Efek samping obat ini adalah pusing, mual, mengantuk, dan juga nyeri di ulu hati.

Dosis Obat Meriang yang Tepat

obat meriang
Obat meriang harus dikonsumsi sesuai anjuran dosis.

Obat meriang harus dikonsumsi sesuai anjuran dosis yang tertera pada kemasan obat, karena obat baru akan terasa khasiatnya jika dikonsumsi dengan dosis yang benar. Berikut dosis obat untuk kondisi meriang yang tepat sesuai dengan jenisnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ibuprofen

Dosis Ibuprofen untuk dewasa 200 sampai 800 mg maksimal diminum 4 kali sehari dan dosis maksimalnya adalah 3,2 gram. Untuk anak-anak dosisnya usia lebih dari 6 bulan adalah 4 sampai 10 mg/kgBB diberikan setiap 6 sampai 8 jam.

Aspirin

Obat aspirin untuk demam dosisnya 325 sampai 650 setiap 4 jam sekali atau 975 mg per 6 jam sekali. Maksimal pemberian obat selama 10 sebanyak 4 gram.

Paracetamol

Dosis paracetamol untuk anak usia 2 sampai 12 tahun adalah 10-15 mg/kgBB diberikan tiga kali dan maksimal 5 kali. Untuk yang dewasa dosisnya 500 mg diminum 4 kali. 

Salah satu paracetamol yang seringkali dijadikan obat meriang pilihan adalah obat Sumagesic (mulai dari 50ribu). SUMAGESIC TABLET merupakan obat dengan kandungan Paracetamol 600 mg. Obat ini dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit pada sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam. Paracetamol sebagai analgetik, bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit dan sebagai antipiretik yang diduga bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus. Paracetamol merupakan salah satu obat penurun panas dewasa yang direkomendasikan oleh Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Naproxen

Dosis awal Naproxen adalah 500 mg, kemudian bisa dilanjut dengan dosis 250 mg. Dosis maksimalnya adalah 1.250 mg dan penggunaan maksimal obat meriang ini adalah 4 kali.

dr. Amanda Ismoetia dari Tim Dokter Lifepack menyebutkan bahwa apapun jenis keluhan yang terjadi di dalam tubuh seperti meriang atau demam, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan jenis obat yang paling tepat dengan tubuh. Obat harus diperhitungkan dosisnya serta digunakan dengan cara yang tepat pula agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman