fbpx
BerandaHidup Sehat4 Cara Alami Mengobati Asam Lambung

Asam lambung digunakan tubuh untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Namun, jika jumlahnya berlebihan, berbagai masalah kesehatan dapat timbul, salah satunya adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Untuk mengatasinya, perubahan gaya hidup tentu perlu dilakukan. Berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit asam lambung.

4 Cara Alami Mengobati Asam Lambung

Hindari Makanan Pedas, Asam, dan Mengandung Gas

Dengan menghindari makanan pedas, Anda dapat mencegah naiknya jumlah asam lambung. Makanan pedas akan merangsang lambung untuk berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri dan sensasi panas pada ulu hati. Jika parah, bahkan bisa disertai oleh rasa mual hingga muntah dan membuat nafsu makan berkurang. Pada makanan asam dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung. Sedangkan pada makanan yang mengandung gas dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada lambung yang dapat berujung pada GERD.

Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, Anda perlu memilih makanan yang mudah dicerna. Jika Anda mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, hal ini akan membuat makanan lebih lama berada di lambung dan semakin lama pula untuk diteruskan ke usus. Hal ini dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan rasa panas pada ulu hati. Contoh makanan yang sulit dicerna adalah makanan yang digoreng, daging, dan keju.

Hindari Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan merupakan suatu kebiasaan yang buruk, namun seringkali tidak disadari oleh banyak orang. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Jika Anda ingin tidur, beri jeda paling tidak 3 jam setelah makan.

Istirahat yang Cukup

Salah satu hal yang dapat mencegah penyakit asam lambung adalah istirahat yang cukup. Jika Anda kekurangan waktu tidur, hal ini dapat menyebabkan stres dan berakibat refluks lambung.

Selain perubahan gaya hidup di atas, Anda juga dapat mengatasi asam lambung dengan beberapa bahan alami. Simak bahan-bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan asam lambung berikut ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Teh Jahe

Teh jahe dipercaya dapat mengatasi permasalahan asam lambung.Teh jahe sangat bagus untuk berbagai penyakit lambung, mulai dari sakit perut biasa, mual hingga GERD. Anda dapat mencobanya dengan mengiris kecil jahe dan merebusnya ke dalam air selama 30 menit. Minumlah teh sebelum makan untuk memaksimalkan pengobatan dengan teh jahe.

Teh Chamomile

Selain teh jahe, teh chamomile juga dapat meringankan masalah yang diakibatkan asam lambung. Teh chamomile dapat menyeimbangkan keasaman dalam lambung. Selain itu, teh chamomile juga dapat mengurangi tingkat stres, yang dapat berkontribusi terhadap jumlah asam lambung. Anda dapat mencobanya dengan meminum secangkir teh chamomile 30-60 menit sebelum tidur. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu opsi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi asam lambung. Gandum utuh merupakan sumber serat yang sangat baik dan baik pula dampaknya pada kesehatan lambung. Konsumsi makanan tinggi serat telah banyak dinyatakan dalam berbagai penelitian dapat menurunkan risiko refluks lambung. dr. Irma Lidia, salah satu dokter Lifepack juga menyebutkan bahwa makanan kaya serat seperti oatmeal, sayuran hijau dan sayuran umbi seperti wortel, beets, dan kentang baik untuk GERD karena kandungan seratnya mengenyangkan sehingga mencegah makan berlebih yang bisa menyebabkan refluks lambung.

Mengunyah Permen Karet

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah asam lambung adalah mengunyah permen karet. Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet bebas gula selama setengah jam setelah makan dapat mengurangi refluks lambung.

Itulah informasi mengenai cara alami mengobati asam lambung. Semoga bermanfaat.

Tentu saja, saat ini obat-obatan kimia untuk mengobati asam lambung juga tersedia di pasaran, salah satunya Gastridin 150 mg – 100 tablet – Gastridin / Obat Maag / Obat Asam Lambung (Rp819.000). Obat ini dapat Anda beli dengan resep dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dapatkan solusi tebus resep obat-obatan penyakit kronis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman