fbpx
BerandaCovid-19Waspadai OTG Omicron! Berikut Cara Isolasi Mandiri untuk Omicron

Omicron adalah varian baru Covid-19 yang akhir-akhir ini mengancam masyarakat Indonesia. Sama seperti varian Covid-19 lainnya, Omicron dapat menginfeksi siapapun walaupun tanpa gejala. Setiap orang dapat menjadi OTG omicron atau orang tanpa gejala. Untuk itu, sebagian orang yang baru saja memiliki kontak erat dengan pasien mungkin saja harus melakukan isolasi mandiri. Simak ciri-ciri gejala OTG omicron serta informasi isolasi mandiri Covid-19 omicron di artikel berikut.

Kasus Omicron Terus Meningkat

Kasus Omicron terus bertambah sejak pertama kali ditemukan di Indonesia. Dilansir dari Suara.com, kasus konfirmasi Omicron telah menjangkit sebanyak 136 orang  selama Desember 2021. Hingga 8 Januari 2022, sudah tercatat ada 414 orang yang terjangkit varian baru Covid-19 ini. 

Dari seluruh kasus tersebut, diketahui bahwa 50 orang terjangkit Omicron secara transmisi lokal, tetapi sisanya sekitar lebih dari 300 orang terjangkit setelah melakukan perjalanan keluar negeri. Secara kumulatif, kasus tersebut paling banyak ditemukan dari orang yang baru pulang dari Turki dan Arab Saudi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sebanyak 99 persen pasien Covid-19 yang terjangkit varian Omicron memiliki gejala ringan atau tergolong orang tanpa gejala (OTG). Dilansir dari Kompas.com, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati, juga mengatakan, gejala Omicron paling banyak yang ditemukan pada pasien Omicron adalah batuk dan pilek. 

Kemenkes lanjut mengatakan 4,3 persen kasus memiliki komorbid seperti diabetes melitus dan hipertensi, serta 1 persen kasus membutuhkan terapi oksigen. Padahal, sebagian besar pasien yang mendapatkan Omicron telah divaksinasi dua kali.

Gejala Omicron

Gejala yang diderita oleh pasien Omicron tergolong lebih ringan daripada gejala Covid-19 lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Direktur Utama RSUD Al Ihsan di Bandung, Dewi Basmala Gatot, menyatakan bahwa, “Covid-19 sekarang dengan varian Omicron itu gejalanya minimalis banget kayak masuk angin, flu, demam,” dilansir dari Tempo.co,

Untuk itu berikut 5 gejala Omicron yang paling sering ditemukan dan harus Anda waspadai:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Pilek
  2. Sakit kepala
  3. Bersin
  4. Sakit tenggorokan
  5. Kelelahan ringan hingga berat

Jika Anda memiliki riwayat kontak erat dengan orang yang baru datang dari luar negeri atau baru saja ke area padat penduduk dan mengalami gejala di atas, sebaiknya segera lakukan isolasi mandiri.

Isolasi Mandiri Omicron

Sejak 11 Januari, dikabarkan pasien Covid-19 varian Omicron tidak lagi wajib dirawat di rumah sakit. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dilansir dari Tribun.com, menyatakan bahwa pasien Omicron akan tetap dipantau layanan kesehatan dari rumah masing-masing karena mayoritas memiliki gejala ringan. Hal ini juga dilakukan supaya tidak terjadi lonjakan pasien di rumah sakit.

Rumah sakit sebelumnya sempat ditugaskan untuk merawat pasien Omicron, tetapi hal ini dianggap tidak efektif. Direktur Utama RSUD Al Ihsan, Dewi, mengatakan gejalanya dapat ditangani di rumah, sehingga rumah sakit tidak perlu repot untuk merawat pasien dengan gejala ringan tersebut. 

Direktur Medis dan Keperawatan Rumah Sakit Umum Pusat dr. Hasan Sadikin, Yana Akhmad, dilansir dari Tempo.co, menyetujui perubahan aturan ini. Ia berpendapat penanganan kasus Covid-19 varian Omicron kini agak berbeda dengan varian Covid-19 sebelumnya yang lebih parah, sehingga orang tanpa gejala boleh melakukan isolasi mandiri di luar rumah sakit.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pihak dari Kementrian Kesehatan, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menambahkan bahwa Kementrian Kesehatan juga akan selalu memantau perkembangan kasus dan pasien yang sedang isoman. 

Ia mengatakan skenario perizinan pasien Omicron untuk isoman di rumah sakit akan dilakukan apabila Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19. Selain itu, Kemenkes juga akan menyediakan pengawasan dan isolasi terpusat di setiap RT dan desa, dilansir dari CNN.com.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bagaimana Prosedur Isolasi Mandiri Omicron?

Isolasi mandiri Omicron sama halnya dengan prosedur isoman varian Covid-19 sebelumnya. Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama yang pernah menjadi Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, mengatakan bahwa pasien isoman Omicron dapat menetap di ruang atau kamar yang sehat dan aman seperti yang dilansir dari Suara.com. 

Pasien juga harus dalam pengawasan dokter, baik puskesmas, klinik setempat atau memanfaatkan layanan telemedicine untuk mengetahui kondisinya setiap hari. Pasien perlu terus dimonitor supaya mengetahui apakah kondisinya makin memburuk atau tidak.

Cara monitor yang dapat digunakan pasien Omicron adalah seperti termometer untuk mengukur suhu tubuh apabila demam, oximeter untuk mengetahui situasi oksigen di tubuh, dan tensimeter untuk mengukur tekanan darah.

Selain itu, pasien juga harus terus menjaga makan dan minum yang sehat, istirahat cukup, olahraga ringan, serta pengelolaan stress yang baik. Untuk itu, keluarga pasien juga harus memberikan dukungan yang sehat dan positif.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menkes Budi Gunadi Sadikin juga menyatakan bahwa pasien dapat melakukan isolasi mandiri dengan diberikan suplemen vitamin maupun obat terapi tambahan yang penggunaannya telah diizinkan oleh pemerintah dan tenaga kesehatan.

Jika Anda perlu melakukan isolasi mandiri, siapkan perlengkapan vitamin C dan D untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap Omicron dengan Paket Isoman A (Rp217.399) dari Lifepack. Cek Paket Isoman lainnya di sini!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi juga dengan dokter jika Anda merasakan gejala yang tidak wajar. Nikmati kemudahan konsultasi dokter di Apotek Online Lifepack melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Perlukah Vaksin Booster? Simak Informasi dan Lokasi Vaksin Booster

Covid-19   20/01/2022

Informasi Lengkap Protokol Isolasi Mandiri

Covid-19   17/01/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman