fbpx
BerandaVaksinVaksin Nusantara

Vaksin bukan merupakan hal yang baru. Sudah sejak lama, vaksin digunakan dalam upaya pencegahan berbagai macam penyakit infeksi. Vaksin bertugas untuk memicu tubuh membentuk sistem imun atau kekebalan terhadap suatu penyakit. Bahkan, untuk beberapa penyakit, vaksin secara signifikan dapat mencegah terjadinya infeksi atau munculnya gejala yang berat. Oleh sebab itu, beberapa jenis vaksin harus diberikan dan dimasukkan ke dalam program vaksinasi wajib di Indonesia terutama untuk anak-anak. 

Sejak terjadinya pandemi COVID-19, berbagai negara dan lembaga kesehatan berusaha melakukan berbagai penelitian untuk menemukan vaksin yang efektif mencegah infeksi COVID-19. Hal ini juga dilakukan di negara Indonesia. Indonesia saat ini sedang mengembangkan dan menguji vaksin COVID-19 yang diberi nama Vaksin Nusantara. Pengembangan vaksin ini dilakukan dibawah pengawasan kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. 

Dalam prosesnya, vaksin ini menuai berbagai macam pro dan kontra di masyarakat. Apakah Anda sudah pernah mendengar mengenai vaksin ini? Mari simak ulasan dibawah ini untuk informasi lebih lanjut mengenai vaksin nusantara. 

Mengenal Vaksin Nusantara 

Vaksin nusantara juga dikenal dengan nama AV-Covid-19 merupakan vaksin yang dikembangkan melalui kerjasama antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), RSUP dr.Kariadi Semarang, dan Universitas Diponegoro. 

Vaksin nusantara adalah jenis vaksin yang dibuat menggunakan pendekatan sel dendritik. Vaksin ini tidak menggunakan virus corona yang dinonaktifkan. Salah satu kelebihan yang diklaim oleh vaksin ini adalah tidak adanya komponen virus yang dimasukkan ke dalam tubuh. Sebab, proses pendekatan sel dendritik ini dilakukan di luar tubuh manusia yaitu saat pembuatan vaksin di laboratorium. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bagaimana cara kerja vaksin nusantara?

Pertama-tama, sel darah seseorang akan diambil sebagai bahan pembuatan vaksin. Sel dendritik akan diinkubasi dan diperkenalkan dengan rekombinan antigen SARS-COV-2. Proses inkubasi akan memakan waktu sekitar 3 hingga 7 hari. Ketika vaksin telah selesai diproduksi dan diinjeksikan kembali ke dalam tubuh pasien, vaksin akan memicu sel-sel imun untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Dengan terbentuknya kekebalan tubuh, resiko terjadinya gejala yang berat ketika terinfeksi COVID-19 akan menurun.  

Apa saja kelebihan vaksin nusantara? 

Beberapa kelebihan vaksin nusantara yang diklaim, antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Vaksin ini dibuat di dalam negeri dan didistribusikan oleh perusahaan lokal. 
  • Lebih dari 90% dari komponen kit vaksin ini dibuat oleh perusahaan lokal. 
  • Produksinya tidak membutuhkan biaya peningkatan skala sehingga biaya produksinya cenderung lebih kecil. 
  • Vaksin ini dapat dibuat di tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, maupun laboratorium pemeriksaan. 
  • Harga vaksin nusantara lebih murah dan dapat bersaing dengan vaksin yang lainnya. 
  • Tidak ada vaksin cadangan yang terbuang karena vaksin dibuat khusus menggunakan sel darah seseorang dan akan kembali diterima untuk orang tersebut. 
  • Vaksin ini di klaim mudah beradaptasi untuk patogen yang baru, misalnya virus yang mengalami mutasi. 

Kelebihan vaksin diatas merupakan kelebihan yang diperkirakan akan terjadi. Namun, untuk lebih pastinya, kelebihan yang diklaim ini akan dipastikan selama vaksin menjalani berbagai penelitian dan pengujian. 

Apakah vaksin nusantara sudah dapat digunakan?

Seperti semua vaksin yang lain, vaksin nusantara akan melalui tiga tahap uji klinis. Pada uji klinis tahap pertama, vaksin nusantara akan melibatkan 27 relawan. Uji klinis tahap pertama ini bertujuan untuk mengetahui aspek keamanan, farmakokinetik dan farmakodinamik obat dengan menggunakan subjek orang yang sehat.

Lalu, pada uji klinis tahap kedua, vaksin akan diberikan kepada 180 relawan untuk melihat metabolisme obat hingga dosis optimum pada subjek orang yang sakit. Sementara, uji klinis tahap ketiga bertujuan untuk melihat efektifitas dan keamanan vaksin. Pada tahap ini, vaksin nusantara akan diberikan kepada 1.600 relawan. 

Penyebab vaksin nusantara ditolak menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah karena vaksin ini belum memenuhi sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Adapun syarat yang belum terpenuhi oleh vaksin ini antara lain cara uji klinis yang baik, proof of concept, good laboratory practice, dan cara pembuatan obat yang baik. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Oleh karena beberapa syarat yang belum dipenuhi ini, BPOM sementara menyatakan bahwa vaksin nusantara belum layak mendapatkan izin uji klinis fase II. Vaksin ini diharapkan dapat segera memenuhi syarat yang diajukan agar uji klinis dapat terus berlanjut. 

Vaksin ini banyak menuai pro dan kontra di ruang publik. Jika tahap uji klinis berhasill, vaksin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vaksin di masyarakat. Namun, untuk saat ini, vaksin nusantara masih harus menjalani berbagai tahap pengujian yang panjang sebelum vaksin ini mendapatkan ijin edar dan penggunaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan efektivitas dan keamanan vaksin sebelum digunakan pada orang banyak. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain melakukan vaksin untuk cegah terserang dari virus COVID-19, Anda juga dapat meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin peningkat daya tahan tubuh seperti Vitalong C – Suplemen Daya Tahan Tubuh (Rp37.510) yang dapat diperoleh dengan mudah melalui Lifepack.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara daftar vaksin booster

Tetap Tenang! Ini Cara Daftar Vaksin Booster

Vaksin   31/01/2022

5 Daftar Hoaks Vaksin COVID-19

Vaksin   04/01/2022

Jenis Vaksin COVID-19 untuk Anak

Hidup Sehat   27/12/2021

Vaksinasi Anak: Syarat, Persiapan, Efek Samping, Pengobatan

Vaksin   27/12/2021

Mungkinkah Kesemutan Setelah Vaksin?

Vaksin   07/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman