fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf PPenggumpalan Darah Setelah Vaksin

Program vaksinasi COVID-19 secara umum berlangsung dengan cukup baik di Indonesia. Saat awal program vaksinasi dimulai, vaksin yang paling sering dipakai adalah vaksin Sinovac. Namun, muncul juga beberapa jenis vaksin lain yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di Indonesia, salah satunya adalah AstraZeneca. 

Seperti saat pertama kali vaksin Sinovac digunakan, kemunculan pertama vaksin Astrazeneca untuk digunakan pada masyarakat juga menimbulkan berbagai macam pertanyaan. Tidak sedikit orang yang memiliki keraguan terhadap vaksin Astrazeneca ini. Sehingga, masih banyak orang yang menolak untuk mendapatkan vaksinasi menggunakan jenis vaksin ini. Apakah Anda salah satunya? Mari simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai vaksin AstraZeneca.

Mengenal vaksin AstraZeneca  

Vaksin AstraZeneca merupakan jenis vaksin yang menggunakan vektor atau virus pembawa. Vaksin ini dibuat dengan menggunakan modifikasi materi genetik dari virus COVID-19 yang kemudian diletakkan pada virus lain (adenovirus) yang bertugas untuk membawa materi genetik tersebut. Selain AstraZeneca, vaksin lain yang menggunakan vektor virus adalah vaksin Janssen/Johnson & Johnson.  

Bagaimanakah efektivitas vaksin AstraZeneca? 

Vaksin AstraZeneca direkomendasikan untuk diberikan dalam 2 dosis. Jarak pemberian antara kedua dosis tersebut adalah antara 8 hingga 12 minggu. Menurut data dari World Health Organization (WHO), vaksin AstraZeneca memiliki efikasi sebesar 63.09% untuk mencegah infeksi virus yang bergejala. 

Antibodi atau kekebalan tubuh terhadap COVID-19 akan terbentuk setelah 42 hari dari pemberian vaksin AstraZeneca dosis pertama. Hal itu berarti sebelum 42 hari, kekebalan tubuh Anda belum terbentuk secara optimal dan Anda masih beresiko tinggi untuk terinfeksi COVID-19. 

Apa saja efek samping dari penggunaan vaksin AstraZeneca? 

Seperti jenis vaksin yang lainnya, vaksin AstraZeneca juga dapat menimbulkan beberapa efek samping yang sering muncul. Efek samping yang muncul berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh setiap orang. Salah satu penyebab timbulnya efek samping setelah mendapatkan vaksinasi adalah tubuh sedang bereaksi terhadap vaksin untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek samping yang muncul pada pemberian vaksin secara umum dibagi menjadi dua yaitu efek samping lokal dan sistemik. Efek samping lokal adalah reaksi yang muncul hanya pada lokasi suntikan dan area sekitarnya, misalnya:

  • Nyeri pada bekas suntikan 
  • Kulit tampak kemerahan 
  • Bengkak
  • Lengan terasa pegal 

Sedangkan, efek samping sistemik merupakan reaksi yang muncul pada seluruh tubuh, seperti:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Kelelahan 
  • Demam 
  • Nyeri otot 

Efek samping ringan yang muncul merupakan hal yang wajar dan dapat membaik dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa memerlukan perawatan atau terapi yang khusus. Namun, jika efek samping yang Anda rasakan tidak membaik dan malah cenderung memburuk, Anda dapat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.  

Benarkah vaksin AstraZeneca dapat menyebabkan penggumpalan darah?

Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa AstraZeneca dapat menyebabkan penggumpalan darah namun dengan resiko yang sangat kecil. Terdapat resiko penggumpalan darah antara 1:100.000 hingga 3.6:1.000.000 pada wanita muda yang menerima vaksinasi AstraZeneca. Resiko ini tergolong kepada resiko yang sangat rendah. 

Hingga saat ini, penyebab penggumpalan darah pada penerima vaksin AstraZeneca masih belum diketahui secara pasti. Resiko vaksin ini sangat rendah apabila dibandingkan dengan manfaatnya yang tinggi untuk kondisi pandemi ini. 

Jika Anda khawatir terhadap resiko penggumpalan darah, Anda dapat memeriksakan diri ke Dokter agar mendapatkan cara mengatasi penggumpalan darah yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kapan seseorang tidak dapat menerima vaksin AstraZeneca? 

Secara umum, seseorang yang tidak boleh atau kontraindikasi sebagai penerima vaksin AstraZeneca adalah seseorang yang memiliki riwayat menderita HITT atau Heparin Induced Thrombocytopenia and Thrombosis. Orang dengan riwayat HITT mengalami penggumpalan darah ketika mendapatkan terapi menggunakan obat Heparin. Namun, kasus ini merupakan termasuk kasus yang sangat jarang terjadi. 

Jika Anda memiliki riwayat menderita penyakit jantung atau gangguan penggumpalan darah, Anda sebaiknya melakukan konsultasi kepada Dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin AstraZeneca. Perhimpunan Dokter Jantung di Indonesia tidak melarang pemberian vaksin AstraZeneca pada pasien yang memiliki gangguan jantung dan pembuluh darah dengan kondisi penyakit yang stabil dan terkontrol. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda masih ragu untuk mendapatkan vaksin AstraZeneca? Setiap jenis vaksin COVID-19 yang ada memiliki fungsi yang sama walaupun berbeda jenis. Vaksin memiliki fungsi untuk membentuk kekebalan tubuh agar menurunkan resiko Anda menderita gejala yang berat apabila terinfeksi virus COVID-19. 

Setiap vaksin yang beredar luas dan digunakan dalam program vaksinasi nasional telah melalui berbagai uji klinis sehingga efektifitas dan keamanannya dapat dipertanggungjawabkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Segera vaksin agar Anda dapat melindungi diri sendiri dan orang di sekitar Anda. 

Agar proteksi diri dari virus COVID-19 makin optimal, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin harian untuk jaga daya tahan tubuh seperti Blackmores Bio C 1000 mg (Rp 113.774) yang dapat diperoleh dengan mudah melalui Lifepack.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat batuk pilek anak

5 Obat Batuk Pilek Anak Dengan Resep Dokter

Ibu dan Anak   24/02/2022
cara daftar vaksin booster

Tetap Tenang! Ini Cara Daftar Vaksin Booster

Vaksin   31/01/2022

5 Daftar Hoaks Vaksin COVID-19

Vaksin   04/01/2022

Jenis Vaksin COVID-19 untuk Anak

Hidup Sehat   27/12/2021

Vaksinasi Anak: Syarat, Persiapan, Efek Samping, Pengobatan

Vaksin   27/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman