fbpx
BerandaHidup SehatVaksin COVID-19 di Indonesia

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

vaksin covid-19 di indonesia

Oleh karena terus meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi virus penyebab COVID-19, berbagai macam cara dilakukan untuk membantu mencegah dan mengendalikan penyebaran infeksi ini. Salah satu cara yang saat ini gencar dilakukan adalah dengan melakukan vaksinasi. 

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengadakan program vaksinasi nasional agar mempercepat jumlah penduduk yang telah menerima vaksin. Semakin banyak penduduk yang telah divaksin, semakin cepat tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis vaksin yang telah disetujui dan dapat digunakan. Apakah Anda sudah di vaksin? Mari simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja jenis vaksin Indonesia. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, telah ditetapkan beberapa jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan pada pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Jenis vaksin tersebut adalah: 

  1. Sinovac 

Vaksin Sinovac-CoronaVac adalah vaksin yang diproduksi oleh Sinovac/China National Pharmaceutical Group. Vaksin ini direkomendasikan untuk diberikan pada orang yang berusia lebih dari 18 tahun. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vaksin ini direkomendasikan untuk diberikan dalam 2 dosis (0,5 mL) yang diberikan dengan suntikan secara intramuskular. World Health Organization (WHO) merekomendasikan memberikan jarak antara 2 hingga 4 minggu diantara vaksin dosis pertama dan dosis kedua. 

Pada pengujian tahap tiga di Brazil, data menunjukkan bahwa efikasi vaksin sebesar 51% pada pasien yang memiliki gejala infeksi COVID-19, 100% pada pasien dengan gejala berat, dan 100% pada pasien yang dirawat di rumah sakit. Manfaat vaksin dapat dicapai dengan maksimal sejak 14 hari setelah Anda menerima dosis kedua. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. AstraZeneca

Vaksin Astrazeneca adalah vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Astrazeneca. Vaksin ini direkomendasikan untuk diberikan dalam 2 dosis (0,5 mL tiap dosis). Jarak antara vaksin pertama dan kedua yang dianjurkan adalah 8 hingga 12 minggu.  

Vaksin ini memiliki efikasi sebesar 63,09% terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 yang bergejala. 

  1. Sinopharm 

Vaksin sinopharm merupakan vaksin untuk COVID-19 yang diproduksi oleh Sinopharm/China National Pharmaceutical Group. Vaksin ini dianjurkan untuk diberikan dalam 2 dosis (0,5 mL) melalui suntikan secara intramuskular. WHO merekomendasikan jarak antara dosis pertama dan dosis kedua adalah 3 hingga 4 minggu. 

Uji klinis tahap 3 pada beberapa negara menunjukkan bahwa vaksin sinopharm memiliki efikasi sebesar 79% terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 yang bergejala. Efikasi pada pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit juga sebesar 79%. Efikasi ini didapatkan dengan memberikan 2 dosis vaksin dengan jarak 21 hari. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Moderna 

Vaksin moderna merupakan salah satu contoh jenis vaksin mRNA. Vaksin ini sedang menjalani uji klinik tahap 3 dan dapat diberikan pada orang yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, seperti penyakit paru kronis, penyakit jantung, obesitas, diabetes, gangguan hati, dan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). 

Vaksin moderna direkomendasikan untuk diberikan dalam 2 dosis dengan jarak antar dosis selama 28 hari. Jika diperlukan, jarak antar dosis dapat diperpanjang hingga 42 hari. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Menurut data penelitian, vaksin moderna memiliki efikasi sebesar 94,1% sejak 14 hari setelah menerima vaksin dosis pertama. 

  1. Pfizer 

Vaksin pfizer adalah vaksin yang diproduksi oleh Pfizer Inc. Vaksin ini juga merupakan jenis vaksin mRNA. Vaksin ini dapat diberikan pada orang pada usia 12 tahun atau lebih.

Vaksin pfizer direkomendasikan untuk diberikan dalam 2 dosis dengan jarak antar dosis pertama dan dosis kedua adalah 21 hingga 28 hari. Efikasi vaksin ini sebesar 95% terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 yang memiliki gejala. Efektivitas vaksin dapat diperoleh maksimal sejak 14 hari setelah Anda menerima dosis kedua. 

vaksin covid-19 di indonesia

Hampir seluruh jenis vaksin yang telah disetujui tersebut masih dalam tahapan pengujian klinik tahap ketiga dan telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Walaupun berbeda cara pembuatan dan cara kerjanya, semua vaksin COVID-19 di Indonesia memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap virus penyebab COVID-19. 

Vaksin-vaksin tersebut telah menjalani berbagai pengujian sehingga keamanan dan efektivitasnya dapat dipertanggung jawabkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila akan di vaksin. Mari berkontribusi untuk memperlambat penyebaran infeksi dengan ikut di vaksin! 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat penghilang bau mulut di apotek

7 Obat Penghilang Bau Mulut di Apotek

Hidup Sehat   12/05/2022
obat tangan kesemutan di apotek

4 Obat Tangan Kesemutan di Apotek

Hidup Sehat   05/05/2022
bahaya bakteri salmonella

Bahaya Bakteri Salmonella dalam Kinder Joy

Ibu dan Anak   29/04/2022
makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa

4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Hidup Sehat   28/04/2022
tips mudik lebaran

Syarat dan Tips Mudik Lebaran 2022

Hidup Sehat   27/04/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman