fbpx
BerandaHidup SehatCara Uji Klinis Vaksin

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

cara uji klinis vaksin (1)

Pandemi COVID-19 telah berlangsung lebih dari satu tahun di hampir seluruh negara di dunia. Banyak kerugian yang telah ditimbulkan oleh berlangsungnya pandemi ini. Oleh karena itu, negara-negara di dunia berusaha mencari cara untuk menghambat penyebaran virus ini. 

Saat ini, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu menghambat penyebaran virus penyebab COVID-19 adalah dengan melakukan vaksinasi. Di Indonesia sendiri, pemerintah telah melakukan program vaksinasi massal agar cakupan penerima vaksin menjadi lebih luas dan vaksin dapat tersebar dengan lebih cepat.

Apakah Anda sudah di vaksin? Jika belum, apakah Anda belum divaksin karena membaca berita simpang siur yang ada pada media sosial? Mari kenali lebih jauh mengenai proses pembentukan dan pengujian vaksin agar Anda yakin mengenai keamanan vaksin yang telah beredar. 

Apa itu vaksinasi? 

Vaksinasi adalah proses pemberian antigen (vaksin) yang bertujuan untuk merangsang pembentukan antibodi (imunitas) oleh sistem imun di dalam tubuh manusia. Vaksinasi termasuk ke dalam salah satu upaya pencegahan primer yang dilakukan untuk mengendalikan penyebaran infeksi suatu penyakit. 

Bagaimana proses penemuan vaksin? 

Sampai saat ini, telah tersedia berbagai macam vaksin untuk mencegah berbagai macam penyakit infeksi. Contoh vaksin yang telah digunakan sejak lama adalah vaksin hepatitis, vaksin polio, vaksin HPV, dan masih banyak lagi. Sebagian besar vaksin ini telah digunakan selama bertahun-tahun pada jutaan orang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Seperti obat-obatan, setiap vaksin yang akan digunakan pada masyarakat harus melalui pengujian bertahap dan ketat untuk memastikan keamanan vaksin tersebut. Setiap vaksin yang diproduksi sebelumnya telah menjalani pemeriksaan dan evaluasi untuk menentukan antigen yang paling baik digunakan untuk memicu proses pembentukan antibodi. 

Setelah antigen ditemukan, vaksin ini akan memasuki proses atau tahap pengujian vaksin praklinis. Pada tahap ini, pengujian tidak dilakukan ke manusia, namun dilakukan di laboratorium. Pengujian vaksin ini dilakukan kepada hewan untuk mengevaluasi keamanan dan manfaatnya untuk mencegah penyakit tertentu. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika vaksin telah lolos uji praklinis, vaksin tersebut kemudian akan masuk ke dalam tahapan uji klinis kepada manusia. 

Bagaimana cara uji klinis vaksin ke manusia?

cara uji klinis vaksin

 

Setelah melalui proses pengujian di laboratorium, vaksin akan melalui uji klinis. Pada tahap uji klinis, vaksin langsung diujikan kepada manusia. Tahap ini dibagi menjadi 3 fase yaitu:

Fase 1

Pada fase pertama ini, vaksin akan diberikan kepada sejumlah kecil sukarelawan (20 hingga 100 orang) untuk dinilai keamanannya. Pengujian ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin tersebut akan menghasilkan antibodi sesuai dengan target yang diharapkan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu, tahap ini juga dilakukan untuk menentukan dosis yang tepat dan sesuai untuk manusia. Umumnya, pengujian vaksin hanya akan dilakukan pada sukarelawan yang telah setuju untuk menjadi penerima vaksin. 

Fase 2 

Setelah lulus uji klinis fase 1, vaksin akan diberikan kepada penerima dengan jumlah yang lebih banyak. Pengujian akan dilakukan kepada ratusan sukarelawan untuk menilai lebih lanjut keamanan dan efektifitasnya untuk menghasilkan antibodi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penerima vaksin pada fase ini akan disesuaikan dan sebisa mungkin memiliki karakteristik yang sama (misalnya kelompok usia yang sama, atau jenis kelamin yang sama). Pada tahap ini juga biasanya akan dievaluasi respons vaksin yang diberikan pada berbagai kelompok usia dan formulasi vaksin yang berbeda. 

Fase 3  

Pada fase ini, vaksin akan diberikan kepada ribuan sukarelawan dan dibandingkan dengan sekelompok orang serupa yang tidak mendapatkan vaksin (kelompok pembanding). Pengujian ini merupakan evaluasi lanjutan untuk melihat apakah vaksin tersebut efektif untuk digunakan. 

Sebagian besar uji klinis fase tiga dilakukan di beberapa lokasi dan beberapa negara untuk memastikan efektivitas kerja vaksin pada berbagai populasi yang berbeda. Fase ini dapat berlangsung selama 1 hingga 4 tahun. 

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk divaksin? 

Seluruh vaksin yang telah disetujui dan tersebar di masyarakat telah menjalani serangkaian proses uji coba yang rumit dan ketat sehingga keamanan vaksin dapat dipertanggung jawabkan. Vaksin harus terbukti aman dan efektif pada populasi yang luas sebelum disetujui dan digunakan dalam program vaksinasi nasional. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Walaupun telah disebar secara luas, vaksin akan terus menjalani pemantauan berkelanjutan. Hal ini digunakan para ilmuwan untuk melacak dampak dan keamanan vaksin saat digunakan pada banyak orang untuk jangka waktu yang lama. Data ini dapat digunakan untuk memperbaharui vaksin agar terus efektif untuk digunakan.

Vaksinasi dapat menyebabkan efek samping seperti demam dan pegal. Jika Anda mengalami gejala tersebut, konsumsi parasetamol dari obat seperti Panadol Biru 10 Kaplet – Paracetamol 500 mg – Mengobati Demam, Nyeri & Sakit Kepala (Rp15.000).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman