fbpx
BerandaAsuransiMengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

tunjangan pengobatan

Salah satu hak karyawan adalah memperoleh tunjangan kesehatan atau tunjangan pengobatan dari perusahaan tempatnya bekerja. Dengan adanya tunjangan kesehatan ini, maka bila sekiranya karyawan jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, maka biaya pengobatannya akan bisa ditanggung oleh perusahaan. Simak ulasan lebih lengkap mengenai tunjangan kesehatan di bawah ini. 

Apa Itu Tunjangan Pengobatan?  

Sudah merupakan kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan jaminan keselamatan kerja, berikut dengan fasilitas kesehatan bagi para karyawannya. Dengan begini, jika sekiranya karyawan membutuhkan pertolongan medis, mereka tak perlu mengeluarkan dana lagi atau pun hanya mengeluarkan tambahan sedikit dana saja dari jumlah dana kesehatan seluruhnya.  

Jaminan kesehatan para karyawan ini diberikan oleh perusahaan dalam bentuk tunjangan kesehatan atau tunjangan untuk pengobatan. Tunjangan ini sendiri ada beragam jenisnya. Ada tunjangan kesehatan yang diberikan langsung bersamaan dengan gaji, hingga tunjangan kesehatan yang diberikan dengan sistem reimbursement tagihan rumah sakit pada karyawannya.

Jenis Tunjangan Pengobatan  

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis tunjangan pengobatan karyawan yang dihadirkan oleh perusahaan. Maka, bisa jadi jenis tunjangan untuk pengobatan karyawan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya itu berbeda. Simak berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis tunjangan untuk pengobatan karyawan tersebut. 

  1. Tunjangan Kesehatan yang Diberikan Bersamaan dengan Gaji

Pertama, ada tunjangan pengobatan yang nominalnya ditambahkan ke dalam gaji yang diterima karyawan di setiap bulannya. Nominal tunjangan tersebut akan sama setiap bulannya, yang mana besarannya diperoleh dari perkiraan berapa banyak biaya kebutuhan medis yang dibutuhkan selama satu tahun. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan diberikannya tunjangan untuk pengobatan itu dalam bentuk tunai bersamaan dengan gaji, maka perusahaan tak akan menanggung biaya pengobatan lagi kedepannya. Karyawan sepenuhnya bebas memilih untuk menggunakan tunjangan tersebut untuk kebutuhan berobat atau pun kebutuhan lainnya.  

  1. Tunjangan Kesehatan dengan Fasilitas Pengobatan Ditanggung Perusahaan

Jenis tunjangan kesehatan selanjutnya adalah berupa tanggungan penuh dari perusahaan atas fasilitas pengobatan yang diperoleh oleh karyawannya. Jadi, tunjangan kesehatan tersebut tak diberikan langsung bersamaan dengan gaji seperti jenis sebelumnya. Pada jenis tunjangan kesehatan satu ini, perusahaan biasanya akan bekerja sama dengan dokter atau rumah sakit khusus. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan dilakukannya kerja sama antara perusahaan dengan dokter atau rumah sakit secara khusus ini, maka karyawan yang membutuhkan pertolongan medis akan direkomendasikan untuk berobat ke sana. Biaya pengobatannya pun akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan, tanpa membebani penghasilan karyawannya. 

  1. Tunjangan Kesehatan dengan Sistem Reimbursement 

Selanjutnya, ada tunjangan pengobatan atau tunjangan kesehatan yang dihadirkan dengan sistem reimbursement atau penggantian. Nantinya, perusahaan akan mengganti biaya pengobatan yang Anda telah keluarkan sebelumnya. Jadi, tetap saja Anda butuh untuk menyiapkan sejumlah dana sebelum melakukan pengobatan, hingga nanti biayanya diganti oleh perusahaan. 

Perlu diketahui bahwa besarnya biaya pengobatan yang akan diganti kembali oleh perusahaan, tergantung pada kebijakan di masing-masing perusahaan. Ada perusahaan yang memberikan reimbursement sebanyak nominal biaya pengobatan yang tertera di kwitansi pembayaran, namun ada pula yang hanya mengganti sebagian dari biaya pengobatan tersebut.  

  1. Tunjangan Kesehatan dengan Menggunakan Asuransi

Selain bekerja sama dengan dokter, klinik, atau rumah sakit, banyak juga perusahaan yang memilih untuk bekerja sama dengan asuransi untuk menjamin biaya pengobatan karyawannya. Perusahaan akan membayarkan premi asuransi atas nama karyawan pada perusahaan asuransi, baik negeri atau swasta, yang kemudian bisa diklaim tatkala karyawan membutuhkan pengobatan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Besaran Tunjangan Pengobatan bagi Karyawan

Jika bicara mengenai besaran tunjangan yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya, maka akan beragam nominalnya. Pasalnya, besaran tunjangan tersebut umumnya disesuaikan dengan risiko kecelakaan kerja yang dihadapi oleh karyawan tersebut. Semakin tinggi risiko kerjanya, maka akan semakin besar pula angka tunjangan yang akan diperolehnya. 

Namun, untuk tunjangan kesehatan yang dibayarkan perusahaan pada BPJS Kesehatan, penyedia jaminan kesehatan milik pemerintah, besarannya adalah 5 persen dari gaji karyawan tiap bulan. Besaran tunjangan tersebut didasarkan pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, yang memuat mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Saja Penyakit yang Biayanya Dijamin Perusahaan? 

Sebagai penerima tunjangan untuk pengobatan, Anda juga harus memahami apa saja jenis pengobatan atau jenis penyakit yang bisa dijamin biayanya oleh perusahaan. Jaminan dari BPJS Kesehatan misalnya, bisa dipakai oleh karyawan untuk perawatan atau pengobatan penyakit seperti stroke, jantung, kanker, hipertensi, tumor, malaria, asma, kusta, bronkitis, gagal ginjal dan lainnya. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa bisa saja seorang karyawan tak bisa menerima tunjangan kesehatannya tersebut, walau ia menderita suatu penyakit. Misalnya saja, seorang karyawan yang mengalami gangguan kesehatan akibat upaya menyakiti dirinya sendiri, tak akan memperoleh manfaat dari tunjangan kesehatan yang dimilikinya.  

Itulah tadi ulasan singkat mengenai tunjangan pengobatan, harga tunjangan pengobatan karyawan, serta jenis penyakit yang dijamin biaya pengobatannya oleh perusahaan. Dengan adanya tunjangan ini, maka para karyawan tak perlu dipusingkan dengan besarnya dana pengobatan atas penyakit yang dideritanya. 

Bangun hubungan terbaik dengan karyawan Anda. Berikan perlindungan kesehatan karyawan untuk mereka. Lifepack for Corporate menawarkan manfaat pengobatan sesuai kebutuhan karyawan dan kebijakan perusahaan. Tanpa biaya layanan.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

premi-asuransi

Pengertian dan Cara Bayar Premi Asuransi

Asuransi   25/04/2021
asuransi-kesehatan-murah

Rekomendasi Daftar Penyedia Asuransi Kesehatan Murah

Asuransi   25/04/2021
motivasi-mendaftar-kerja

14 Faktor Pendorong Motivasi Mendaftar Kerja

Kesehatan Kerja   25/04/2021
daftar-asuransi-kesehatan-online

Langkah Mudah Daftar Asuransi Kesehatan Online

Asuransi   24/04/2021
biaya-asuransi-karyawan.jpg

Macam dan Kisaran Biaya Asuransi Karyawan

Asuransi   24/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman