fbpx
BerandadirektoriPenyakitBenjolan di Ketiak

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

benjolan di ketiak

Munculnya benjolan di bagian tubuh bisa menjadi salah satu indikasi penyakit tertentu. Salah satu bagian tubuh yang sering ditemui benjolan adalah ketiak. Area lipatan lengan ini memang membutuhkan perlakukan yang ekstra karena tergolong sensitif. Benjolan ini bisa muncul karena beragam pemicu. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis benjolan yang muncul di wilayah ketiak bersifat ganas dan berbahaya.

Pada beberapa kasus, benjolan di area ketiak memang bisa mengindikasikan suatu penyakit. Namun pada kondisi lain juga bisa hanya berupa iritasi yang tidak mengarah pada jenis penyakit tertentu. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai adanya benjolan pada area ketiak serta bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab benjolan di ketiak. Tentu pada setiap orang bisa saja faktor pemicunya berbeda-beda. Berikut adalah beberapa faktor penyebab yang bisa memicu munculnya benjolan tersebut.

  1. Infeksi bakteri

Benjolan di area ketiak bisa saja terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Manusia memang tidak pernah bisa lepas sepenuhnya dari bakteri. Infeksi bakteri pun bisa terjadi kapan saja dan menyebabkan dampak ringan hingga berat. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara rutin memakai sabun antibakteri bisa menjadi salah satu cara pencegahan infeksi bakteri. 

Jika benjolan terjadi akibat adanya infeksi bakteri maka tak perlu cemas karena hal ini tidak mengindikasikan jenis penyakit yang berbahaya. Hanya saja memang dibutuhkan penanganan yang tepat dan tetap menjaga kebersihan tubuh. Jika tidak, maka infeksi bisa meluas dan membuat Anda merasa semakin tidak nyaman.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Iritasi

Benjolan pada ketiak bisa terjadi akibat iritasi. Iritasi kulit memang sangat mungkin terjadi apalagi pada tipe orang yang kulitnya sensitif. Iritasi pada area kulit ketiak ini bisa muncul karena beberapa hal seperti pemakaian deodoran yang tidak cocok, kesalahan mencukur, dan lain sebagainya. Sebaiknya pilih produk deodoran yang lebih lembut dan aman serta gunakan alat cukur yang bisa meminimalkan iritasi.

  1. Infeksi Virus

Selain infeksi bakteri, benjolan ketiak juga bisa dipicu oleh adanya infeksi virus. Persebaran virus yang tak terkendali juga bisa menyebabkan terjadinya benjolan. Benjolan ini juga bisa menjadi salah satu bentuk tanda bahwa tubuh tengah melawan infeksi virus yang terjadi. Periksakan kondisi ini ke dokter dan dapatkan obat yang tepat untuk mengatasi infeksi tersebut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Efek Samping Vaksin

Benjolan ketiak juga bisa terjadi akibat vaksinasi. Setelah vaksin, bisa saja muncul benjolan di area ketiak sebagai tanda bahwa obat telah masuk dan bereaksi. Jika benjolan memang muncul sebagai efek samping vaksinasi maka kondisi ini bisa mereda dalam waktu singkat. Tidak dibutuhkan pengobatan dokter selama benjolan tidak mengganggu dan tidak berkembang buruk. 

  1. Fibroadenoma

Kondisi lain yang bisa memicu munculnya benjolan di ketiak adalah fibroadenoma. Fibroadenoma merupakan pertumbuhan jaringan fibrosa yang bersifat abnormal. Namun jenis jaringan ini juga tidak berbahaya karena tidak bersifat kanker. Meskipun begitu sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan langkah penanganan yang tepat.

  1. Benjolan di Ketiak sebagai Indikasi Kanker

Hal paling ditakuti saat muncul benjolan ketiak adalah indikasi terjadinya kanker. Memang benar bahwa pada kondisi tertentu benjolan bisa jadi merupakan indikasi penyakit mematikan ini. Beberapa jenis kanker menyebabkan munculnya benjolan ketiak seperti kanker payudara, kanker getah bening atau limfoma, serta leukimia atau kanker darah.

Tentu dibutuhkan pemeriksaan lengkap untuk mengetahui apakah benjolan yang muncul memang indikasi kanker atau penyebab benjolan di ketiak yang akurat. Dokter pasti akan memberikan langkah pemeriksaan dan pengobatan yang tepat agar kanker bisa dikendalikan dengan baik. Semakin dini terdeteksi maka diusahakan semakin mudah bagi penyakit tersebut untuk diatasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penanganan Benjolan di Ketiak

benjolan di ketiak

Apa yang bisa Anda lakukan jika ditemukan adanya benjolan? Pada prinsipnya, cara menyembuhkan benjolan di ketiak harus disesuaikan dengan faktor pemicunya. Karena ada banyak jenis penyebab munculnya benjolan maka langkah penanganan yang bisa dilakukan harus sesuai dengan penyebab tersebut. 

Jika benjolan disebabkan oleh iritasi dan tidak mengarah pada jenis penyakit tertentu, maka penanganan dengan kompres hangat bisa dilakukan. Pereda nyeri juga bisa digunakan untuk meringankan rasa tidak nyaman pada area benjolan. Anda bisa minum obat untuk benjolan di ketiak berupa antinyeri seperti Ponstan 500 mg – 100 tablet – Anti nyeri (Rp367.500). Penggunaan salep tertentu juga bisa dicoba untuk meredakan benjolan agar tidak mengganggu kenyamanan saat beraktivitas.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Saat benjolan diketahui disebabkan oleh infeksi bakteri, maka konsumsi antibiotik akan sangat disarankan. Anda juga bisa mendapatkan antibiotik untuk benjolan di ketiak sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter. Sementara itu saat benjolan diketahui sebagai indikasi suatu penyakit yang berbahaya maka pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan. Dokter perlu melakukan beberapa tindakan sesuai kondisi mulai dari radiasi, kemoterapi, hingga operasi.

Sebaiknya tetaplah waspada apabila menemukan adanya benjolan di ketiak. Segera konsultasikan dengan dokter jika benjolan ini tidak segera hilang. 

“Lakukan sadari secara rutin untuk mengetahui adanya perubahan atau timbulnya benjolan yang mencurigakan di payudara dan ketiak.  Bila benjolan di ketiak tidak hilang-hilang, bertambah besar, tanpa rasa sakit, sebaiknya diperiksakan untuk mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Semakin dini ditemukan penyebabnya maka akan semakin mudah pula tindakan penanganan. Hasil pengobatan juga akan jauh lebih efektif jika dilakukan sedini mungkin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman