fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf GTips Puasa Untuk Penderita GERD

GERD adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan. GERD biasa dikenal sebagai asam lambung. Kondisi ini dapat mengiritasi saluran cerna dan menyebabkan mulas atau gejala lainnya. Puasa bagi penderita GERD mungkin akan lebih berisiko karena dapat kambuh saat pola makan yang berubah. Baca artikel ini untuk mengetahui tips puasa untuk penderita GERD.

gerd penderita untukpuasamengatasi TipsTips

Penyebab Asam Lambung / GERD

Pada kondisi normal makanan akan berpindah dari tenggorokan ke perut melalui kerongkongan. Cincin serat otot di esofagus bagian bawah mencegah makanan yang tertelan bergerak kembali ke atas. Serabut otot ini disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES).

Ketika cincin otot ini tidak menutup semua jalan, isi lambung dapat bocor dan isi lambung kembali ke kerongkongan. Kondisi ini disebut refluks atau gastroesophageal reflux. Asam lambung yang ikut serta terbawa juga dapat merusak lapisan kerongkongan atau saluran cerna lainnya.

Selain kesehatan, beberapa penyebab GERD adalah pola makan dan hidup yang tidak diatur. GERD dapat mudah kambuh kapan pun, termasuk saat berpuasa. Waktu puasa penderita GERD mungkin akan lebih berisiko daripada individu yang tidak mengidap GERD. Maka dari itu, cara puasa untuk penderita GERD harus dilakukan dengan perhatian dan persiapan yang lebih banyak.

1. Jangan tidur setelah sahur dan berbuka

Berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung mengalir dari perut ke kerongkongan. Asam lambung tidak akan naik selama Anda tetap berdiri atau duduk dengan postur yang tegak.

Asam lambung yang naik tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan rasa panas di dada. Ketika asam lambung naik, cairan tersebut dapat mengalir kembali ke kerongkongan. Kembalinya cairan justru akan membuat iritasi kerongkongan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Hindari tidur setidaknya 3 jam setelah sahur. Anda bisa memulai hari dengan melakukan aktivitas yang membuat pikiran tetap aktif agar tidak mengantuk seperti membaca buku atau membersihkan rumah.

2.  Jangan makan berlebihan

Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak sekaligus akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras. Untuk mengimbangi kerja yang banyak, asam lambung akan naik hingga ke tenggorokan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Maka dari itu, berbukalah dalam porsi kecil. Anda bisa memulai menu dengan takjil atau makanan ringan, lalu makanlah menu utama dalam porsi cukup setelah salat Magrib. Setelahnya, isilah perut dengan makanan ringan yang sehat dan mengenyangkan.

3. Hindari makanan pantangan 

Sama seperti asupan makan yang dijaga saat hari biasa, makanan puasa untuk penderita gerd juga harus tetap dipatuhi. Berbagai macam makanan juga dapat menyebabkan asam lambung Anda naik dengan seketika. Perhatikan dengan benar makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi saat berbuka dan sahur.

 Jika Anda memiliki GERD, hindari menu berikut:

  • Makanan berlemak
  • Makanan pedas
  • Bahan makanan asam seperti tomat dan jeruk
  • Daun mint
  • Cokelat
  • Bawang
  • Kopi atau minuman berkafein
  • Minuman berkarbonasi

Ganti makan-makanan dengan bahan yang sehat seperti sayur, buah, kacang, dan ikan. Lalu olah makanan dengan aman seperti dikukus. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Perhatikan konsumsi obat-obatan

Sebagian obat-obatan bebas atau rutin dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Salah satu obat bereaksi secara negatif adalah menimbulkan asam lambung kambuh.

Berikut jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan asam lambung:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Obat anti inflamasi nonsteroid, atau NSAID
  • Penghambat saluran kalsium (untuk tekanan darah tinggi)
  • Obat asma termasuk beta-agonis seperti albuterol
  • Antikolinergik (untuk mengobati kondisi seperti alergi musiman dan glaukoma)
  • Bifosfonat (digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang)
  • Obat penenang dan penghilang rasa sakit
  • Beberapa antibiotik
  • Kalium
  • Zat besi

Jika Anda sedang mengonsumsi salah satu dari obat-obatan di atas, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Mungkin Anda perlu memberhentikan atau mencari alternatif dari obat tersebut. 

4. Pakai pakaian longgar

Pakaian yang terlalu ketat akan menekan sistem pencernaan Anda hingga menyebabkan asam lambung. Maka dari itu, gunakan pakaian yang longgar dan leluasa. Pakaian yang dimaksud termasuk juga aksesoris seperti ikat pinggang, korset, bahkan pakaian dalam. 

Pastikan untuk menghindari pakaian tidur yang terlalu ketat ketika tidur. Asam lambung ketika bangun di saat waktu sahur dapat terjadi jika pakaian tidur Anda terlalu ketat.

5. Atur pikiran Anda

Tidak hanya karena pola makan dan aktivitas fisik, stress juga dapat menyebabkan GERD. Stres dapat menyebabkan sensai parah seperti sakit, mulas, dan asam lambung. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Maka dari itu, istirahat sejenak dan tenangkan diri Anda dari aktivitas yang sedang dilakukan. Aktivitas dan stress saat berpuasa juga akan membuat Anda lebih cepat pusing, lemah, dan lapar. 

Anda dapat mengontrol stress dengan tidur yang cukup, makan yang seimbang dan sehat, serta melakukan teknik meditasi atau pernapasan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Pilih menu rendah karbohidrat saat sahur dan berbuka puasa

Beberapa penelitian menunjukan bahwa karbohidrat dapat berfermentasi di dalam perut hingga menghasilkan gas. Gas ini akan memberi tekanan di LES  dan menyebabkan asam lambung naik. 

Ada baiknya Anda membatasi konsumsi karbohidrat yang banyak saat sahur. Mungkin Anda  tidak yakin untuk mengurangi karbohidrat sebagai sumber energi selama berpuasa. Tetapi, karbohidrat dapat diimbangi dengan bahan makanan lain.

Anda bisa menggunakan gandum untuk dijadikan menu sahur. Kreasikan makanan kaya serat yang juga dapat menyerap asam lambung seperti dari gandum, biji-bijian seperti beras merah, dan oatmeal. 

7. Konsumsi obat-obatan

Sebaiknya segera konsumsi obat ketika gejala GERD Anda sudah terlalu parah dan tidak dapat diatasi. Ini juga berlaku jika Anda sudah mencoba segala tips di atas tetapi masih mengalami GERD.

Jaminan Lifepack untuk Anda

GERD yang parah mungkin merupakan permulaan dari sesuatu yang lebih parah. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah ada peradangan atau ulserasi. Demikian tips puasa untuk penderita gerd.

Dokter mungkin akan memberikan obat GERD over-the-counter atau obat resep seperti Famosin 20 mg – 30 Tablet (Rp154.400) atau Ezocon 40 mg – 30 tablet (Rp727.700). Anda bisa mendapatkan kedua obat tersebut dengan menggunakan resep dokter. Sampaikan keluhan kondisi GERD Anda melalui konsultasi gratis di Apotek Online Lifepack 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

tips merawat ginjal

Tips Memelihara Kesehatan Ginjal Bagi Pasien Kronis

apakah gerd bisa sembuh total?

Apakah GERD Bisa Sembuh Total? Ketahui Terapi & Pengobatan GERD

obat langganan Aplikasi

Lifepack Plus: Aplikasi Langganan Obat Rutin dan Obat Kronis

cara merawat ginjal

8 Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Gerd: Penyebab, Gejala, Dan Cara Pengobatan

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman