fbpx
BerandaHidup Sehat7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut seringkali muncul ketika puasa dan membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengalaminya, ketahui kemungkinan penyebabnya dan simak 7 cara menghilangkan bau mulut saat puasa di artikel berikut. Namun sebelumnya, kenali dahulu beberapa faktor penyebab bau mulut.

cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Penyebab bau mulut

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab bau mulut, mulai dari produksi air liur yang kurang hingga penyakit yang lebih serius. 

Makanan yang memicu bau mulut

Beberapa makanan seperti bawang-bawangan pada umumnya menyebabkan bau mulut. Tidak hanya meninggalkan aroma yang kuat di mulut, bau juga terbawa masuk ke paru-paru dan saluran pernapasan Anda secara keseluruhan. 

Merokok

Selain menimbulkan bau mulut, perokok juga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit gusi yang dapat mengeluarkan aroma tak sedap. 

Mulut yang tidak bersih

Higienitas mulut harus dibersihkan secara keseluruhan agar tidak meninggalkan bakteri yang membuat bau mulut. Gunakan juga benang gigi selain sikat gigi dan kumur. Orang yang memiliki gigi palsu atau kawat gigi harus memperhatikan kebersihan dengan lebih teliti. 

Mulut kering

Air liur memiliki peran penting dalam membersihkan mulut dan menghilangkan bau tak sedap. Mulut kering dapat disebabkan kebutuhan air yang tak tercukupi atau gangguan pada kelenjar air liur. Waspadai juga masalah atau gigi sakit saat puasa yang dapat menyebabkan mulut kering dan bau.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat-obatan

Sebagian obat akan bekerja dengan cara melepas bahan kimia di dalam mulut dan pencernaan. Ini akan berakibat kepada bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering. 

Infeksi saluran pernapasan

Bau mulut dapat disebabkan oleh luka di area mulut seperti sariawan atau bahkan amandel, sinus, dan berbagai infeksi saluran pernapasan. Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami rasa sakit, nyeri, atau panas di saluran pernapasan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara menghilangkan bau mulut

1. Sikat gigi dan gunakan benang gigi setelah makan sahur

Berbagai macam makanan yang Anda konsumsi dapat tertinggal di mulut hingga menjadi plak atau meninggalkan bakteri.

Anda harus rutin menyikat gigi pada pagi dan malam hari, serta menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari. Saat bulan Ramadhan, idealnya segera bersihkan mulut secara menyeluruh setelah sahur.

Sikat gigi saat puasa harus dilakukan secara menyeluruh, bukan secara keras. Sikat gigi atau penggunaan benang gigi yang terlalu keras justru akan merusak lapisan gigi Anda.

2. Berkumur setelah sahur

Obat kumur dapat menyegarkan nafas Anda serta melindungi gigi Anda dari perkembangan bakteri setelah makan. Gigi Anda akan bersih dari bakteri serta sisa makanan yang tertinggal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa gunakan obat kumur yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Pilihlah obat kumur dengan pH atau formulasi yang sudah teruji secara klinis. 

Berkumur dengan cairan yang terlalu banyak tidak dianjurkan karena dapat tertelan dan membatalkan puasa. Cek sunnah yang Anda yakini untuk mengetahui hukum berkumur saat berpuasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Sikat lidah Anda

Menyikat gigi seringkali tidak dibiasakan dengan menyikat lidah. Padahal, lapisan di lidah Anda merupakan tempat ideal untuk perkembangan bakteri penyebab bau mulut.

Saat Anda menyikat gigi, jangan lupa untuk menyikat lidah. Lakukan dengan lembut supaya Anda tidak merasa mual. Anda juga bisa menggunakan pembersih lidah khusus yang dijual di supermarket.

Pastikan untuk membersihkan lidah secara menyeluruh hingga ke bagian belakang.

4. Hindari makanan pemicu bau mulut

Bawang merah dan bawang putih adalah dua bahan makanan yang dapat memicu bau mulut secara alami. Aroma bawang yang kuat akan melekat di mulut Anda serta di saluran pernapasan hingga ke paru-paru. Seiring waktu, aroma bawang akan tertinggal menjadi bau mulut yang tak sedap

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bau bawang pada umumnya tidak akan mudah hilang walaupun sudah menyikat gigi atau berkumur. Usahakan untuk tidak mengonsumsi bawang merah dan bawang putih ketika sahur. 

5. Konsumsi yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang dinamakan lactobacillus. Manfaat utama bakteri ini dapat membantu sistem pencernaan melawan bakteri buruk di sistem pencernaan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, yogurt juga dapat membantu mengurangi bau mulut. Dalam sebuah penelitian, 80% partisipan yang rutin mengonsumsi yogurt selama 6 minggu mengalami pengurangan bau mulut. 

Anda bisa mengonsumsi satu porsi yogurt setiap hari. Untuk terhindar dari diabetes dan peningkatan berat badan, pilihlah produk yang tidak memiliki varian rasa atau dimakan secara tawar. 

6. Minum air putih yang cukup

Mulut yang kering merupakan salah satu penyebab bau mulut yang paling sering. Air liur yang cukup sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan mulut dan mencegah berkembang biaknya bakteri. 

Untuk itu, cukupi kebutuhan air mineral per hari Anda. Konsumsi setidaknya 8 gelas per hari atau 2 liter setiap harinya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Usahakan juga untuk segera minum 2 gelas ketika berbuka puasa. Minuman manis harus tetap diselingi dengan air mineral yang cukup.

7. Periksakan gigi ke dokter

Bau mulut bisa jadi merupakan gejala dari penyakit yang sudah berlangsung. Mungkin saja ada sudut-sudut gigi yang tidak dibersihkan dengan baik, abses, atau bahkan luka dan iritasi. Gigi berlubang juga seringkali menjadi penyebab bau mulut karena membusuk dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebagian bau mulut hanya bisa hilang ketika penyebabnya diobati secara keseluruhan. Maka dari itu, segera periksakan diri ke dokter jika bau mulut Anda tak kunjung sembuh. 

Demikian 7 cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Jaga pola makan dan kebersihan mulut serta saluran pernapasan Anda.

Minosep 0.1 % Hijau 60 ml – 60ml (Rp50.700)  dapat menjadi pilihan obat kumur Anda. Mengandung klorheksidin glukonat yang dapat mencegah sariawan, gingivitis, serta bau mulut. Pemakain rutin akan membantu mencegah munculnya plak gigi dan menjaga kesehatan rongga mulut.

Untuk perawatan dan kebersihan gigi yang rutin, gunakan juga Inderlac Pro-D Lozengers – 30 Tablet – Tablet Hisap Mint 30 Tablet (Rp363.000). Interlac Pro-D Tablet Hisap merupakan tablet hisap probiotik yang dapat mengatasi bau mulut (halitosis), mencegah mulut dan tenggorokan kering dengan menaikkan produksi air liur, dan membantu meredakan nyeri tenggorokan. Produk ini juga dapat membantu meredakan radang pada gusi, menjaga gigi dari karies, serta menjaga mulut dan tenggorokan dari bakteri dan virus patogen. Aman untuk dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. 

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman