fbpx

Orang yang terinfeksi virus COVID-19 memiliki gejala yang dapat berbeda-beda tergantung dari sistem kekebalan tubuh yang orang tersebut. Seseorang dapat tidak menunjukkan gejala sama sekali  hingga memiliki gejala yang berat.

Prinsip penanganan pasien dengan COVID-19 bersifat simptomatis, yaitu mengobati pasien sesuai dengan gejala yang muncul. Hingga saat ini, belum ada pengobatan spesifik yang dapat diberikan pada orang dengan infeksi COVID-19. 

Oleh karena itu, berbagai macam terapi tambahan sedang diusahakan untuk membantu mengurangi gejala yang timbul dan mempercepat kesembuhan pasien, terutama pada pasien yang memiliki gejala yang berat.

Salah satu terapi tambahan tersebut adalah terapi plasma konvalesen. Terapi ini mungkin sudah sering Anda dengar disebut-sebut sebagai terapi tambahan pada pasien COVID-19. Namun, apakah sebenarnya terapi plasma konvalesen itu? Mari simak ulasan berikut. 

Apa itu terapi plasma konvalesen? 

Terapi plasma konvalesen adalah terapi adjuvant (terapi tambahan) yang saat ini banyak digunakan pada pasien dengan infeksi COVID-19. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan plasma darah yang didonorkan dari pasien yang sebelumnya telah menderita COVID-19. 

Terapi plasma konvalesen ini merupakan bentuk dari imunoterapi pasif. Terapi ini telah digunakan dalam pengobatan influenza, SARS, flu burung (H5N1), ebola, dan beberapa penyakit infeksi virus lainnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Siapa saja yang dapat menerima terapi plasma konvalesen? 

Hingga saat ini, terapi plasma konvalesen dapat diberikan kepada pasien dengan infeksi COVID-19 yang memiliki gejala menengah hingga berat. Terapi plasma ini bertujuan untuk membantu mempercepat perbaikan gejala pada pasien dan tidak dapat diberikan sebagai terapi pencegahan. Pemberian terapi plasma juga harus dilakukan di rumah sakit di bawah pengawasan dokter. 

Siapa saja yang dapat menjadi donor plasma? 

Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum menjadi donor plasma konvalesen menurut Palang Merah Indonesia (PMI), antara lain: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Telah sembuh dari COVID-19
  • Sudah dalam keadaan sehat
  • Telah bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh 
  • Hasil RT PCR telah negatif 
  • Berat badan minimal 55 kg   
  • Berusia 18-60 tahun 
  • Direkomendasikan laki-laki
  • Jika perempuan, pendonor tidak sedang hamil 

Daftar diatas merupakan syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi pendonor plasma. Namun, syarat-syarat tersebut dapat berbeda dan berubah sesuai dengan kondisi. Jika Anda ingin menjadi pendonor, pastikan syarat apa saja yang harus Anda penuhi di fasilitas kesehatan tempat Anda akan mendonorkan plasma.   

Bagaimana prosedur terapi plasma konvalesen? 

Saat seseorang terinfeksi virus penyebab COVID-19, sistem kekebalan tubuh akan memberikan respons dengan memproduksi antibodi. Antibodi ini merupakan sel khusus yang bertugas untuk mengenali dan melawan virus penyebab COVID-19. 

Ketika virus-virus telah mati, infeksi selesai dan orang tersebut sembuh. Setelah sembuh, antibodi ini akan tersimpan di dalam darah dalam jangka waktu tertentu. Antibodi ini yang akan didonorkan oleh pendonor kepada pasien yang membutuhkan. 

Setelah pendonor memenuhi syarat yang diajukan, akan dilakukan pemeriksaan darah agar memastikan bahwa pendonor bebas dari infeksi misalnya malaria, HIV, dan hepatitis. Jika hasil dari pemeriksaan darah telah keluar dan pendonor memenuhi persyaratan, maka akan dilakukan donor plasma. Prosedur pendonoran dapat membutuhkan waktu berkisar 1 hingga 2 jam. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika sudah selesai, plasma dapat diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Ketentuan lain yang harus dipenuhi adalah golongan darah pendonor dan penerima plasma sebaiknya sama. Hal ini diperhatikan untuk meminimalisir resiko timbulnya reaksi alergi karena ketidakcocokan golongan darah.  

Apakah terapi plasma konvalesen efektif? 

Masih dilakukan pengawasan dan evaluasi untuk mengetahui apakah terapi plasma konvalesen dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif pada pasien dengan COVID-19. Sejauh ini, manfaat yang diharapkan dari terapi plasma konvalesen adalah agar terapi ini dapat mengurangi gejala yang yang muncul dan membantu mempercepat proses penyembuhan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Data dari beberapa uji klinis dan penelitian menunjukkan bahwa plasma konvalesen dengan tingkat antibodi yang tinggi dapat membantu mengurangi keparahan gejala atau mempersingkat durasi perawatan COVID-19 pada beberapa kasus. 

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah terapi plasma konvalesen ini akan menjadi pengobatan yang efektif untuk COVID-19.Selain itu, maksimalkan juga proteksi diri dari serangan virus dengan mengonsumsi vitamin & suplemen untuk jaga daya tahan tubuh seperti Holisticare Ester C 500 mg (Rp 444.354) yang dapat diperoleh melalui Lifepack.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cacar air pada anak

Cacar Air Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan

direktoriPenyakit   14/06/2022
cacar monyet

Hati-hati Wabah Cacar Monyet: Penyebab hingga Cara Mencegah

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejalanya yang Perlu Anda Waspadai

direktoriPenyakit   10/12/2021

Cacar Api: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Obat Counterpain: Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman