fbpx
BerandaIbu dan AnakBagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Tumbuh kembang anak menyesuaikan dengan pertumbuhan usia, kondisi bawaan genetik, serta lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu, perkembangan anak akan terjadi sesuai dengan stimulasi dari edukasi dan aktivitas yang diberikan oleh orang tua, keluarga, dan orang-orang di sekitarnya. Stimulasi tumbuh kembang anak sendiri dibagi sesuaikan dengan jenis dan tahapan usia anak. Ingin tahu informasi jelasnya? Cek penjelasannya di artikel berikut. 

stimulasi tumbuh kembang anak

Jenis stimulasi tumbuh kembang

Dalam tahapan tumbuh kembang, Si Kecil harus distimulasi berbagai macam pertumbuhannya. Adapun stimulasi tumbuh kembang yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah stimulasi motorik, sensorik, dan kreativitas. 

  • Stimulasi motorik kasar dan motorik halus

Stimulasi motorik anak adalah segala hal yang dapat merangsang pergerakan tubuh anak agar dapat mengkoordinasikan otot dan anggota badan dengan normal. Pergerakan dan sikap tubuh anak secara luas merupakan stimulasi motorik kasar, sedangkan kemampuan menggambar, memegang benda, dan segala macam yang memanfaatkan gerak tubuhnya disebut juga sebagai stimulasi motorik halus.

Untuk menstimulasi kemampuan untuk menggerakan otot-otot yang lebih kecil, orangtua dapat mengajak anak untuk menggambar, melakukan prakarya dengan gunting, menyusun lego, ataupun mengancingkan baju sendiri yang memanfaatkan gerak jari dan pergelangan tangan disebut juga stimulasi motorik halus.

  • Stimulasi sensorik

Pertumbuhan yang satu ini memiliki spektrum yang luas sehingga stimulasi sensorik anak dapat dibedakan lagi menjadi 7 tahapan. Yaitu sensori penglihatan, penciuman, perasa, pendengaran, peraba/taktil, keseimbangan/vestibular, dan gerak otot/propiosetif.

Stimulasi sensorik dapat diberikan beberapa diantaranya dengan mengajak anak bermain slime, berjalan-jalan ke pantai ataupun taman dan aktivitas lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat mereka baru lahir saraf-saraf sensorik mereka belum sepenuhnya berkembang. Dengan berjalannya waktu dan banyaknya pengalaman sensorik yang mereka dapatkan akan membangun koneksi saraf-saraf di otak mereka.

  • Stimulasi kreativitas

Yang terakhir, stimulasi kreativitas meliputi kemampuan berbahasa seperti kemampuan merespon dan memahami, serta  kemampuan interpersonal atau tingkah laku seperti bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4 Tahapan stimulasi

Adapun tahapan-tahapan yang harus diperhatikan dan didukung oleh orang tua agar Si Kecil dapat tumbuh dengan baik dan benar. Perhatikan tahapan tumbuh kembang anak serta stimulasi yang sebaiknya diberikan.

Kunci penting dalam stimulasi adalah memberikan stimulasi yang sesuai serta mengenali tanda-tanda keterlambatan bicara ataupun kurangnya kemampuan interpersonal pada anak.

Untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak, orangtua dapat membaca buku cerita dengan jelas, bernyanyi, mengajak anak berbicara, menjawab pertanyaan anak, dan masih banyak lagi. Sedangkan kemampuan interpersonal dapat distimulasi dengan selalu ajak anak berbicara dua arah, tanamkan rasa empati sejak dini, dan lainnya.

Usia 0 – 18 bulan

Pada periode lahir hingga 18 bulan, Si Kecil akan bertumbuh dengan sangat cepat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Stimulasi yang paling penting untuk diberikan adalah stimulasi motorik, agar otot-otot khususnya di leher dan punggung akan menjadi kuat. Selain itu, ajaklah bayi berbicara agar anak mampu mengembangkan kemampuan sensoriknya. 

Pastikan Anda menggendong dan mengajak bayi bermain dengan lembut. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan alat mainan yang diberikan pula.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Usia 18 bulan – 2 tahun

Ketika memasuki masa balita, bayi akan menjadi jauh lebih aktif.

Anda dapat menstimulasi perkembangan motorik dan sensoriknya dengan mengajaknya menjelajah barang-barang di dalam dan sekitar rumah. Namun, pastikan anak Anda dapat 

menjelajah dengan aman. Selain itu, ajak juga anak bernyanyi untuk meningkatkan kosakata dan kemampuan verbal mereka.

Temani anak beraktivitas dengan lembut, dan hindari memukul atau berkata kasar karena dapat menyebabkan gangguan fisik dan emosional jangka panjang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Usia 3 – 5 tahun

Pada usia berikut, anak akan mulai memasuki TK. Anak-anak pun akan menjadi lebih aktif, mandiri, dan penasaran.

Selama masa pertumbuhan ini, tetap berikan anak stimulasi yang diperlukan. Beberapa contoh aktivitas yang dapat diberikan adalah seperti membacakan buku, membantu menyelesaikan PR, memecahkan solusi tanpa emosi berlebihan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, biarkan Si Kecil berinteraksi dengan anggota keluarga dan orang asing untuk meningkatkan komunikasinya. 

Usia 6 hingga 12 tahun

Ketika memasuki sekolah dasar, Si Kecil akan menjadi lebih mandiri. 

Pada tahapan ini, orang tua mungkin akan mendapatkan tantangan lebih karena anak sudah memiliki keinginannya sendiri. Namun orang tua harus menemukan keseimbangan agar anak tetap aman, dapat tetap menuruti aturan, membiarkan anak membuat keputusan, dan memberikan tanggung jawab yang lebih besar.

Orang tua dapat mendukung stimulasi tumbuh kembang dengan memberikan pola makan, olahraga, dan waktu tidur yang cukup. Ciptakan juga waktu dan ruang yang positif dan tenang ketika di rumah. Selain itu, orang tua juga harus belajar memahami dan memberikan batasan-batasan terkait emosi dan tubuh Si Kecil.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sekian informasi terkait stimulasi tumbuh kembang anak. Selalu jaga kesehatan tubuh Si Kecil dengan produk obat serta vitamin original dan hemat dengan pengiriman gratis ongkir di Apotek Lifepack. 

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline Jakarta kami di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
obat flu untuk ibu menyusui

Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Dijual di Apotek

Ibu dan Anak   21/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman