fbpx
BerandaIbu dan AnakNyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ketika hamil, tubuh akan berubah untuk mempersiapkan pertumbuhan janin. Tidak jarang bahwa perubahan ini datang dengan beberapa penyakit atau rasa nyeri seperti nyeri punggung atas. Nyeri punggung atas saat hamil sendiri umum terjadi pada trimester pertama dan ketiga. Bunda tak usah khawatir, mari ketahui penyebab serta cara mengatasi nyeri punggung atas, dan sebagian nyeri punggung bawah saat hamil di artikel berikut.

nyeri punggung atas saat hamil

Penyebab nyeri punggung saat hamil

Tubuh wanita yang sedang hamil akan mengalami banyak perubahan, baik perubahan bentuk tulang belakang serta hormonal.

Penyebab hormon relaksin bisa terjadi pada upper (nyeri punggung atas) dan lower back pain (nyeri punggung bawah). Pembesaran payudara cenderung lebih banyak mempengaruhi bagian atas, walaupun beban atau berat badannya akan punya efek ke bagian belakang juga. 

Selain itu ada pun perubahan bentuk rahim akan lebih banyak mempengaruhi lower back pain. Akibatnya, otot bekerja lebih keras menyebabkan punggung nyeri.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa bertambah besarnya janin akan meningkatkan berat badan ibu terutama ke bagian depan, dimana akan meningkatkan kerja dari otot pada tulang belakang. 

Perubahan hormonal akan mempengaruhi ligamen dan otot sehingga rasa tidak nyaman dan ketidakstabilan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, penyebab tepat nyeri punggung atas saat hamil dapat terjadi karena banyak faktor yang mungkin berbeda pada setiap orang. Seperti pembesaran jaringan payudara, stres mekanik, dan perubahan hormonal. 

  • Hormon relaksin

Hormon ini akan dilepaskan tubuh saat hamil demi mempersiapkan proses kehamilan dan persalinan, namun dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti nyeri tubuh dan merasa tidak nyaman. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Saat kehamilan, relaksin yang meningkat sepuluh kali lipat selama kehamilan menyebabkan kelemahan dan ketidaknyamanan ligamen, nyeri seluruh punggung, ketidakstabilan panggul dan ketidaksejajaran tulang belakang.

  • Pembesaran payudara

Massa payudara yang lebih besar dapat menjadi salah satu faktor penyebab rasa sakit. Demi ASI yang lebih mencukupi, tubuh akan menambah kelenjar di dalam payudara di payudara. 

Namun di saat bersamaan lingkar payudara yang membesar akan meningkatkan berat dada pula. Selanjutnya, peningkatan berat badan ini akan meningkatkan beban pada tulang belakang ibu yang akan menyebabkan rasa nyeri. 

  • Perubahan rahim

Rahim ibu hamil juga ikut bertumbuh agar dapat menampung janin yang kian membesar. Rahim yang tumbuh akan mengubah bentuk tulang belakang dan pada akhirnya menggeser pusat gravitasi tubuh. Pembesaran rahim akan menyebabkan peregangan pada otot-otot perut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kondisi kehamilan lordosis, atau kondisi dimana tulang belakang cenderung lengkung ke dalam terkadang ditemukan pada ibu hamil. 

Untuk mengetahui penyebab tepat atas nyeri punggung Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara mengatasi nyeri punggung atas saat hamil

Terkadang nyeri punggung atas saat hamil terasa tidak tertahankan. Nyeri punggung sendiri dapat dibantu diredakan dengan beberapa aktivitas dan rutinitas yang bisa dilakukan seperti berikut:

  • Mempertahankan postur yang netral, baik saat berdiri, duduk, dan tidur

Saat berdiri, usahakan kaki berada di jarak yang lebih lebar agar dapat menyangga tubuh dengan baik. Saat duduk, usahakan lutut tidak melebihi tinggi pinggul. Bantal juga dapat diletakkan pada punggung untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Sedangkan saat tidur, dianjurkan untuk tidur miring ke kiri saat trimester kedua dan ketiga. Anda juga bisa menggunakan bantal di antara lutut dan bawah perut agar tulang belakang tetap terjaga.

  • Kenakan bra dan pakaian yang nyaman

Ketika payudara bertambah besar, bra yang digunakan harus memberikan daya dukung yang tepat. Namun pastikan bra tidak terlalu ketat juga agar tidak membuat Anda susah bernafas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu, pastikan pula Anda mengenakan pakaian yang nyaman agar dapat bergerak dengan bebas. Sebaiknya gunakan pakaian yang cukup longgar dengan bahan yang cukup melar. Bra dengan kawat yang keras dapat meningkatkan kemungkinan kelenjar payudara yang sedang berkembang tersumbat dan meningkatkan kemungkinan mastitis.

  • Lakukan aktivitas fisik atau olahraga sehari-hari seperti jalan kaki atau berenang

Aktif bergerak akan menjaga otot tetap kuat, merelaksasi otot, dan meredakan ketidaknyamanan. Namun sebaiknya konsultasikan dulu aktivitas yang ingin dilakukan kepada dokter Anda sebelum melakukannya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Salah satu olahraga yang disarankan dalam penelitian adalah yoga, aktivitas yang satu ini akan meningkatkan pergerakan sendi, fleksibilitas, kekuatan dan ketahanan otot, keseimbangan, konsentrasi dan kepercayaan diri, dan serangkaian latihan pernapasan (Pranayamas) yang memfasilitasi relaksasi.

Selain itu, adapun beberapa cara lain yang dapat membantu mengatasi nyeri punggung atas saat hamil seperti:

  • Lakukan latihan peregangan sederhana setiap hari
  • Hindari mengangkat benda berat serta melakukan aktivitas berat
  • Gunakan flat shoes  atau sepatu dengan alas datar, hindari sepatu dengan hak
  • cobalah untuk menyeimbangkan berat antara 2 tas saat membawa belanja
  • Gunakan bantal penyangga saat duduk
  • Pijat atau mandi air hangat
  • Konsumsi parasetamol dengan anjuran dokter Anda

Jika nyeri punggung semakin menjadi-jadi, sebaiknya konsultasikan diri dengan dokter kandungan atau dokter umum. Dapatkan solusi yang tepat dengan menghubungi tenaga kesehatan yang relevan.

Sekian informasi terkait nyeri punggung atas saat hamil beserta penyebab dan cara mengatasinya. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda dan pertumbuhan janin dengan produk obat, suplemen, dan susu original dengan pengiriman gratis ongkir di Apotek Lifepack. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bunda, ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline Jakarta kami di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Image: Back ache photo created by yanalya – www.freepik.com

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
obat flu untuk ibu menyusui

Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Dijual di Apotek

Ibu dan Anak   21/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman