fbpx
BerandadirektoriPenyakitSkabies

Skabies adalah penyakit infeksi menular pada kulit yang disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei). Infeksi skabies dapat terjadi pada siapa saja. Infeksi ini dinyatakan sebagai penyakit kulit yang terabaikan menurut World Health Organization (WHO) dan merupakan masalah kesehatan yang signifikan pada banyak negara berkembang. Infeksi ini harus mendapat penanganan yang cepat dan tepat untuk menghentikan penyebaran. 

skabies

Informasi 

Pada skabies, tungau akan bersembunyi di dalam kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal yang parah. Gejala khas yang ditimbulkan oleh infeksi tungau adalah rasa gatal yang terus-menerus, terutama pada malam hari. Skabies menular melalui kontak kulit-ke-kulit (skin-to-skin contact) dengan penderita skabies. 

Oleh karena itu, anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah dan sering melakukan kontak fisik atau kontak kulit-ke-kulit membuat resiko penyebaran tungau menjadi tinggi. Penyakit skabies menyebar dengan cepat dalam kondisi sesak dimana kontak tubuh dan kulit sering terjadi. Tempat dengan banyak orang seperti panti jompo, tempat penitipan anak, dan penjara sering menjadi lokasi dimana terjadi wabah skabies.

Gejala 

Jika seseorang belum pernah menderita skabies sebelumnya, gejala memerlukan waktu sekitar 4 hingga 8 minggu untuk berkembang. Penderita skabies dapat menularkan tungau yang menginfeksi walaupun penderita belum menunjukkan gejala. Pada orang yang pernah menderita skabies sebelumnya, gejala biasanya muncul lebih cepat, sekitar 1 hingga 4 hari setelah terpapar tungau. 

Gejala skabies yang paling umum muncul adalah: 

  • Rasa gatal yang parah (pruritus) terutama pada malam hari 
  • Ruam kemerahan 

Ruam dan rasa gatal dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Namun, beberapa tempat yang sering muncul gejala antara lain: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Pergelangan tangan 
  • Siku 
  • Ketiak 
  • Sela-sela jari 
  • Bokong 

Dapat pula ditemukan terowongan yang dibuat oleh tungau betina untuk masuk ke bawah permukaan kulit. Terowongan ini tampak seperti garis-garis kecil berkelok-kelok (serpiginous) berwarna keabu-abuan pada permukaan kulit. Terowongan ini paling sering ditemukan pada sela-sela jari, lipatan kulit pada pergelangan tangan, siku, lutut, penis, atau payudara. 

Penyebab 

Skabies biasanya menyebar melalui kontak kulit ke kulit secara langsung dan berkepanjangan dengan orang yang telah menderita scabies. Kontak yang terjadi umumnya harus memiliki durasi yang panjang. Kontak kulit seperti jabat tangan atau pelukan cepat biasanya tidak menularkan skabies. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Skabies mudah menyebar pada pasangan seksual dan anggota keluarga yang tinggal di satu tempat yang sama. Penyakit ini kadang dapat menyebar secara tidak langsung melalui kontak dengan pakaian, handuk, atau alat tidur yang digunakan oleh orang yang terinfeksi. 

Diagnosis 

Diagnosis skabies biasanya dibuat berdasarkan manifestasi klinis yang muncul pada kulit seperti distribusi ruam pada kulit dan ditemukannya bentuk terowongan. Jika memungkinkan, diagnosis skabies dapat dikonfirmasi dengan mengidentifikasi adanya tungau, telur tungau, ataupun kotoran tungau (skibala) yang terdapat pada kulit orang yang terinfeksi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel dari terowongan yang ada pada permukaan kulit untuk diperiksa menggunakan mikroskop. 

Pada seseorang yang terinfeksi tungau, tungau dapat hidup selama 1-2 bulan pada kulit. Tungau hanya dapat bertahan selama 48-72 jam jika tidak berada pada kulit manusia. Tungau dapat mati jika terkena suhu minimal 50 derajat celcius selama 10 menit. 

Pengobatan 

Terdapat berbagai jenis pengobatan yang dapat digunakan untuk mengobati skabies. Beberapa pilihan pengobatan yang dapat digunakan antara lain: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Permethrin topikal 
  • Crotamiton topikal 
  • Ivermectin sistemik 

Permethrin adalah salah satu obat yang ampuh dalam mengatasi skabies. Produk yang mengandung permethrin salah satunya adalah Scabimite 5% Cream 30 G – Tube 30 G – Infeksi Kulit (Rp103.100). SCABIMITE CREAM adalah obat topikal yang mengandung Permethrin yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit skabies yang disebabkan oleh Tungau (mite) Sarcoptes scabiei. Permethrin merupakan obat golongan Pyrethrin yang bekerja dengan cara membunuh tungai beserta telurnya. SCABIMITE CREAM digunakan dengan cara mengoleskan cream keseluruh tubuh termasuk wajah, leher, kulit kepala dan telinga. Setelah 8-24 jam, obat dibilas dengan cara dicuci menggunakan sabun. Pengobatan dapat diulangi setelah 1 minggu. 

Pemilihan pengobatan yang tepat dapat membantu menyembuhkan skabies. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat gatal untuk mengurangi gejala gatal yang muncul pada kulit. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pada pasien yang menderita skabies, pengobatan juga perlu dilakukan pada pasangan seksualnya serta seluruh orang yang memiliki kontak kulit dengan penderita. Pengobatan direkomendasikan untuk seluruh orang yang tinggal di tempat yang sama dengan pasien skabies. Pengobatan harus dilakukan pada waktu yang sama untuk mencegah terjadinya infeksi berulang. 

Pengobatan mungkin perlu diulang jika gejala gatal terus berlanjut lebih dari 2-4 minggu setelah pengobatan atau jika terowongan atau ruam kulit baru terus menerus muncul. 

Pengobatan skabies harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami gejala skabies agar mendapatkan pilihan pengobatan dan dosis yang tepat. Anda dapat melakukan konsultasi dengan aman bersama dokter profesional di Lifepack. 

Pencegahan 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan skabies antara lain: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Cuci semua pakaian dan alas tidur pada suhu diatas 50 derajat celcius selama menjalani pengobatan skabies 
  • Jika benda atau pakaian tidak dapat dicuci, letakkan di dalam kantong tertutup selama 3 hari sampai tungau mati 
  • Hindari berhubungan seksual atau melakukan kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi atau sedang menjalani pengobatan skabies sampai pengobatannya selesai
  • Hindari bertukar tempat tidur, pakaian atau handuk dengan penderita skabies 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ulkus-mole

Ulkus Mole

direktoriPenyakit   08/06/2021
lymphogranuloma-venerum-lgv

Lymphogranuloma Venereum (LGV)

direktoriPenyakit   07/06/2021
kutil-kelamin

Kutil Kelamin

penyebab-penyakit-menular-seksual

Pelajari Apa Saja Penyebab Penyakit Menular Seksual

Seks   02/06/2021
tinea-cruris

Tinea Cruris

direktoriPenyakit   31/05/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman