Simak Bahaya Jamur Enoki Yang Memicu Wabah Listeria

Jun 29, 2020 | Hidup Sehat | 0 comments

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Baru-baru ini jamur enoki mencuri perhatian publik. Hal ini disebabkan Kementerian Pertanian yang memerintahkan para importir untuk menarik jamur enoki yang berasal Green Co Ltd dari Korea Selatan dari pasaran dan memusnahkannya per 24 Juni 2020. Hal ini disebabkan oleh informasi dari International Food Safety Network yang menyebutkan bahwa terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) akibat mengonsumsi jamur enoki dari Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes

Wabah ini mengakibatkan banyak orang yang mengalami sakit hingga kematian. Menurut CDC, per 9 Juni 2020 terdapat 31 orang yang mengalami sakit akibat konsumsi jamur enoki, 4 kematian, dan 6 kasus yang berkaitan dengan kehamilan, dua diantaranya mengalami keguguran.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa hingga menyebabkan kematian? Yuk simak ulasan mengenai bahaya jamur enoki yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Jamur Enoki Berbahayakah?

Jamur Enoki adalah jamur berwarna putih dengan bentuk tipis panjang, biasanya jamur ini dijual dalam kelompok. Jamur ini sangat populer dalam masakan Asia Timur dan juga dikenal sebagai enokitake, jarum emas, futu, atau jamur lily.

Jamur enoki sebenarnya tidak berbahaya dan biasa dikonsumsi sebagai makanan. Namun, baru-baru ini jamur enoki di pasaran ditemukan mengandung bakteri Listeria monocytogenes yang sangat berbahaya bagi tubuh. Infeksi serius dapat terjadi yang biasanya disebabkan akibat makan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri Listeria monocytogenes, penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini adalah Listeriosis. Infeksi ini dapat menyerang orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih, wanita hamil dan janin yang dikandungnya, serta orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala

Penyakit ini dapat menimbulkan beberapa gejala yang dapat Anda jadikan tanda dari penyakit ini, antara lain demam dan diare yang mirip dengan kuman bawaan makanan lainnya. Namun pada infeksi ini jarang terdiagnosis. 

Pada wanita hamil biasanya gejala yang dialami dapat berupa demam dan gejala mirip flu lainnya, seperti kelelahan dan nyeri otot. Namun, infeksi selama kehamilan dapat berakibat fatal seperti keguguran, lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi yang mengancam jiwa pada bayi baru lahir.

Pada orang-orang selain wanita hamil, gejala dapat berupa sakit kepala, leher kaku, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang. Orang dengan listeriosis invasif biasanya melaporkan gejala mulai 1 hingga 4 minggu setelah makan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri Listeria.

Listeriosis biasanya didiagnosa dengan melakukan kultur bakteri Listeria monocytogenes dari jaringan tubuh atau cairan, seperti darah, cairan tulang belakang, atau plasenta.

Itulah beberapa informasi mengenai bahaya konsumsi jamur enoki. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Pencegahan

Walaupun bakteri ini dapat menyebabkan penyakit, Anda masih tetap dapat melakukan pencegahan untuk menghindari risiko penyakit. Mengingat manfaat dari jamur ini sungguh banyak. Jamur ini mengandung vitamin B1, B2, niacinamide, protein, dan memiliki manfaat baik bagi tubuh seperti anti kolesterol, kalori yang sangat rendah, anti-hipertensi, dan masih banyak lagi.

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pengolahan dan penyimpanan jamur enoki yang baik dapat mencegah kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Meskipun pencegahan total terhadap bakteri ini sulit dilakukan, Anda dapat mencuci jamur ini di air mengalir, melakukan pengolahan dan penyimpanan dengan benar, dan memasak jamur hingga benar-benar matang. Karena pada umumnya, bakteri Listeria monocytogenes mati pada suhu 75 derajat celcius.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mempelajari Faktor Risiko dan Gejala Sinusitis
Mengenal Faktor Risiko Penyebab Penyakit Hipertensi
Bahaya Merokok Terhadap Kesuburan Pria dan Wanita
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Supaya Tetap Berfungsi Normal
4 Makanan yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Kenali Bahaya Hipertensi, Penyebab Kematian Yang Sering Muncul Tanpa Gejala
Awas, Bahaya Hipertensi Juga Bisa Mengancam Millennials!

Itulah beberapa informasi kesehatan mengenai bahaya jamur tersebut. Berhati-hatilah dalam memilih bahan makanan, mengolah dan menyimpannya agar Anda terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store