fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Kondisi servisitis bisa saja terjadi secara akut dan tiba-tiba mengalami keparahan karena kondisi yang kronis bisa saja berkembang pada jangka waktu yang lama. Penderita yang tidak segera mengobati maka hal ini menjadikan servisitis semakin parah. Salah satu penyebabnya yaitu karena infeksi yang menyebar sampai ke bagian rongga perut (Baca juga Pelajari Ciri Kanker Serviks dan Cara Pencegahannya).

Dalam kondisi seperti ini penderita seringkali mengalami beberapa gangguan maupun permasalahan. Khususnya mengalami gangguan pada kesuburan, permasalahan pada janin apabila penderitanya adalah ibu hamil.

Informasi

Servisitis merupakan peradangan pada bagian leher rahim atau serviks. Bagian inilah yang terhubung oleh vagina layaknya seperti jaringan lain yang terdapat di dalam tubuh. Ada beberapa alasan yang menjadikan serviks mengalami peradangan, diantaranya seperti adanya infeksi menular seksual, mengalami alergi atau iritasi.

servisitis
Wanita Penderita Servisitis

Pada umumnya peradangan seperti ini bisa saja ditunjukkan dengan adanya pendarahan pada bagian vagina yang ada di luar masa menstruasi, saat berhubungan intim merasakan nyeri serta mengeluarkan cairan abnormal dari bagian vagina.

Gejala

Tidak semua penderita akan menunjukkan rasa sakitnya dari beberapa gejala yang dialami. Ada juga orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang menderita penyakit servisitis. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara mengenali ciri-ciri dari penyakit yang satu ini, diantaranya seperti berikut:

  • Mengalami pendarahan pada bagian vagina setelah melakukan hubungan intim
  • Mengeluarkan cairan berwarna kuning keabu-abuan dan memiliki aroma yang tidak sedap. Cairan yang dikeluarkan sangat banyak dari vagina 
  • Lebih sering buang air kecil dan merasakan sakit
  • Bagian vagina terasa nyeri
  • Sakit punggung
  • Panggul terasa seperti tertekan
  • Merasakan nyeri pada bagian perut dan panggul
  • Demam

Penyebab

Selain disebabkan karena adanya infeksi virus dan bakteri, jenis penyakit ini juga disebabkan karena faktor yang lainnya, misalnya saja seperti berikut ini:

  • Adanya pertumbuhan flora normal atau bakteri baik yang di dalam vagina yang tidak terkendali.
  • Memberikan reaksi alergi terhadap zat yang bisa mematikan sperma (spermicidal) maupun bahan latex dari penggunaan alat-alat kontrasepsi maupun produk produk kewanitaan.
  • Mengalami cedera atau iritasi yang disebabkan karena pemakaian tampon.
  • Kondisi hormon tidak seimbang yang mana kadar estrogennya lebih rendah dibandingkan dengan kadar progesteron. Hal ini dapat mengganggu kemampuan tubuh ketika ingin mempertahankan kesehatan.
  • Adanya efek samping yang ditimbulkan dari perawatan penyakit kanker.

Faktor Resiko

Ada beberapa faktor risiko yang bisa saja menimbulkan penyakit servisitis atas pada diri seseorang diantaranya seperti berikut:

  • Sering kali melakukan hubungan seksual tanpa pengaman.
  • Sering bergonta-ganti pasangan ketika melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom atau pengaman.
  • Aktif melakukan hubungan intim sejak usia muda.
  • Sudah mempunyai riwayat servisitis atas maupun penyakit menular seksual yang lainnya.

Diagnosis

Dokter akan mencurigai pada pasien yang menderita servis atas berdasarkan dari gejala-gejala yang ditimbulkan dari dirinya. Untuk memastikan diagnosis tersebut maka dokter akan melakukan pemeriksaan secara fisik. Diagnosis pemeriksaan fisik yang dilakukan yaitu:

  • Pemeriksaan dan pengamatan pada bagian pinggul. Hal ini untuk melihat apakah adanya area peradangan dalam pembentukan maupun pada bagian yang lunak.
  • Melakukan pengamatan pada kondisi vagina maupun serviks menggunakan alat spekulum.
  • Melakukan pemeriksaan penunjang  dengan cara pap smear yaitu dokter akan melakukan pengambilan sampel cairan dari vagina dan serviks untuk dilakukan penelitian lebih lanjut di laboratorium.
  • Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan dengan cara lain seperti menggunakan endoskop atau alat selang berkamera untuk melihat apakah terdapat kondisi abnormal yang terdapat di dalam serviks.

Pengobatan

Untuk pengobatan dan penanganan servis atas akan dilakukan berdasarkan pada tingkat keparahan dan berdasarkan penyebabnya. Misalnya saja seperti penggunaan obat-obatan dan pengobatan seperti berikut:

Antibiotik

Jenis obat ini digunakan bagi pasien yang mengalami servisitis yang disebabkan karena infeksi bakteri. Misalnya seperti klamidia, dan gonore, maupun vaginosis bakterialis.

Anti-viral

Obat antiviral digunakan supaya dapat mengatasi penyakit servisitis yang disebabkan adanya infeksi virus. Misalnya seperti kutil kelamin maupun herpes genital.

Anti jamur

Anti jamur menjadi obat yang digunakan dalam mengatasi servisitis yang disebabkan karena adanya infeksi jamur.

Cryosurgery

Media pengobatan ini dilakukan secara khusus bagi pasien yang sudah terlalu parah dan beberapa obat diatas tidak mampu mengatasinya. Media ini dilakukan dengan cara membekukan jaringan yang sudah terkena servisitis. Apabila proses pembekuan pada suhu yang sangat dingin maka jaringan dapat hancur dengan sendirinya.

Bedah listrik

Bedah listrik menggunakan teknik aliran listrik yang bertujuan untuk menghancurkan maupun membakar jaringan yang sudah terkena servisitis.

Terapi Laser

Untuk terapi laser ini mengharuskan dokter untuk menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan gelombang cahaya yang kuat, membakar, memotong, sekaligus menghancurkan jaringan yang sudah terkena servisitis.

Pencegahan

Supaya terhindar dari penyakit menular yang satu ini maka ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan seperti:

  • Melakukan hubungan seksual secara aman yaitu dengan tidak sering ganti pasangan dan selalu menggunakan pengaman.
  • Tidak menggunakan produk kewanitaan yang memiliki kandungan berupa parfum karena seringkali menimbulkan iritasi di bagian serviks maupun vagina.

Kondisi servisitis yang sudah merata pada biasanya berkembang lebih lanjut dan hal ini ditandai dengan adanya luka terbuka yang terbentuk serta mengeluarkan cairan dari  bagian vagina yang berupa nanah.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis