fbpx
BerandaHidup SehatRumput Fatimah

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

rumput fatimah

Mengonsumsi obat-obatan herbal merupakan salah satu opsi pengobatan yang masih banyak dipilih oleh masyarakat. Salah satu obat-obatan herbal yang populer di tengah masyarakat adalah rumput fatimah. Tanaman herbal satu ini banyak ditemukan di hutan tropis Indonesia dan Malaysia. Lalu, apa saja manfaat serta efek samping tanaman herbal ini? Simak ulasannya berikut ini.  

Apa Itu Rumput Fatimah

Tanaman herbal yang mudah ditemukan di tanah air ini memiliki nama latin Labisia pumila. Tanaman yang tergolong pada keluarga Primulaceae ini, tumbuh subur di kawasan hutan tropis, makanya terbilang mudah ditemukan di Indonesia. Tinggi tanaman ini sekitar 30 hingga 40 sentimeter. Warna permukaan daunnya hijau gelap, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau muda.  

Secara turun-temurun, rumput herbal ini dipercaya oleh masyarakat sebagai obat untuk memperlancar persalinan. Rumput harus dijemur hingga kering terlebih dahulu, lalu rumput yang telah kering tersebut direndam dengan air hangat atau direbus, kemudian air rebusannya tersebut bisa dikonsumsi. Pengonsumsian air rebusan ini diyakini bisa mempercepat kontraksi pada ibu hamil. 

Manfaat Pengonsumsian

Walau rumput herbal ini dikenal atas fungsinya yang diyakini bisa memperlancar persalinan, namun hingga sekarang, belum ada hasil penelitian yang mendukung penuh anggapan tersebut. Pun begitu, bukan berarti rumput herbal ini sama sekali tak memiliki manfaat bagi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rumput herbal ini memberikan manfaat sebagai berikut. 

rumput fatimah
  1. Melindungi dari Efek Radiasi Sinar UV 

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ekstrak rumput herbal ini bisa melindungi tubuh dari efek radiasi sinar UV. Ekstrak rumput herbal ini bekerja dengan cara melindungi fibroblast dermis dari kerusakan dan matinya sel-sel,  meningkatkan ekspresi prokolagen tipe 1, serta mengurangi ekspresi  sitokin pro-inflamasi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Menangkal Radikal Bebas

Rumput fatimah ini juga diketahui memiliki kandungan antioksidan, yang membuatnya berperan dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam rumput herbal ini seperti flavonoid, senyawa fenolik, asam askorbat, beta-karoten, dan antosianin. Kesemua antioksidan ini memiliki fungsinya masing-masing dalam tubuh. 

Kandungan beta-karoten misalnya, berfungsi menghambat efek radikal bebas pada tubuh. Selanjutnya, flavonoid bisa mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti rematik dan osteoporosis. Sedangkan untuk senyawa fenolik memberikan manfaat pada tubuh berupa penguatan pada sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh terhindar dari peradangan dan infeksi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis pada Wanita Menopause

Risiko terjadinya osteoporosis atau kondisi keroposnya tulang pada wanita yang telah memasuki masa menopause relatif tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya osteoporosis pada wanita menopause ini bisa dihindari dengan mengonsumsi ekstrak rumput herbal ini. Pasalnya, rumput herbal ini mengandung zat fitoestrogen di dalamnya. 

Zat fitoestrogen merupakan zat yang bisa membentuk estrogen dalam tubuh. Seperti yang Anda tahu, hormon estrogen berkurang dengan signifikan kala wanita memasuki masa menopause. Hormon estrogen yang bisa ditingkatkan jumlahnya melalui pengonsumsian ekstrak rumput herbal inilah, yang bisa mengatasi masalah osteoporosis tersebut.  

Efek Samping yang Ditimbulkan

Setelah tadi membahas mengenai manfaat rumput fatimah, ulasan berikut ini akan memaparkan tentang efek samping rumput fatimah tersebut. Walaupun dikenal khalayak ramai sebagai rumput herbal yang bermanfaat untuk proses persalinan, namun efek sampingnya justru berpotensi membahayakan kandungan. Simak efek samping rumput herbal tersebut berikut ini. 

  1. Memicu Kontraksi Berlebihan pada Rahim 

Rumput herbal ini memang diketahui mengandung hormon oksitosin, yang bermanfaat untuk merangsang persalinan. Namun, hingga saat ini, kadar oksitosinnya tidak terukur. Jika kemudian oksitosin yang diperoleh berlebihan jumlahnya, bisa mengakibatkan kontraksi yang cepat dan  berlebihan, tanpa disertai dengan pelunakan dan pembukaan pada mulut rahim.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Memicu Kematian Janin 

Kontraksi yang terjadi dengan cepat dan berlebihan, berisiko mengakibatkan kematian janin. Pasalnya, kontraksi tanpa disertai dengan pelunakan atau pembukaan mulut rahim, akan mengakibatkan janin kekurangan oksigen. Akibatnya, janin pun menjadi stres dan bisa meninggal, jika tak segera ditangani. 

  1. Memicu Pendarahan pada Ibu Hamil

Kontraksi yang hebat juga berefek buruk pada ibu hamil. Pasalnya, kontraksi yang terjadi secara terus-menerus, bisa mengakibatkan terjadinya robekan pada rahim. Robekan akibat kontraksi berlebihan pada rahim inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya pendarahan hebat pada ibu hamil yang akan melahirkan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Meningkatkan Risiko Kematian Ibu Melahirkan

Robekan pada rahim, serta pendarahan hebat yang dialaminya, bukan tak mungkin memicu kematian pada ibu melahirkan. Jadi, pengonsumsian rumput herbal ini tak hanya berbahaya untuk janin yang sedang dikandung, namun juga untuk si ibu. Oleh karena itu, baiknya hindari pengonsumsian obat herbal, yang belum pasti manfaatnya.  

Pengonsumsian air rendaman atau rebusan rumput fatimah memang dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai cara untuk memperlancar persalinan. Namun, hingga saat ini,  anggapan tersebut belum didukung dengan adanya hasil penelitian di dunia kesehatan. Oleh sebab itu, jika memang ingin mengonsumsi rumput herbal ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.   

“Sayang sekali, belum banyak penelitian terkait khasiat rumput fatimah terhadap beberapa masalah kesehatan dan beberapa studi menunjukkan bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil karena berisiko menyebabkan kontraksi berlebih. Maka dari itu, pastikan kembali suplemen atau obat herbal yang digunakan kepada dokter dan tenaga kesehatan untuk keamanan dan risiko terhadap kesehatan.” tambah Kelvin Halim, S. Gz.

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

interval-vaksin-covid-19-28-hari

Alasan Dibalik Interval Vaksin COVID-19 28 Hari

Hidup Sehat   02/08/2021
vaksin-covid-19-untuk-pengidap-asma

Bolehkah Vaksin COVID-19 untuk Pengidap Asma?

Hidup Sehat   02/08/2021
vaksin-covid-19-untuk-ibu-menyusui

Amankah Vaksin COVID-19 untuk Ibu Menyusui?

Hidup Sehat   02/08/2021
vaksin-untuk-anak

Informasi Vaksin untuk Anak dalam Menghalau COVID-19

Hidup Sehat   02/08/2021
cara-menjaga-stamina

Cara Menjaga Stamina Tubuh di Tengah Pandemi COVID-19

Hidup Sehat   02/08/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman