fbpx
BerandaHidup SehatRadang Amandel: Pengertian, Gejala, Serta Cara Pengobatan

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Radang Amandel: Pengertian, Gejala, Serta Cara Pengobatan

Amandel, apakah anak Anda pernah terserang penyakit ini? Ya, amandel merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang daerah tenggorokan. Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami peradangan atau inflamasi di daerah tenggorokan. 

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun. Namun serangan pada orang dewasa terkadang juga dapat terjadi. Untuk mencari tahu lebih lanjut, berikut akan dijelaskan seluk beluk penyakit beserta gejala dan juga cara mengatasinya

Apa Itu Amandel?

Amandel sejatinya bukanlah sebuah penyakit melainkan dua kelenjar kecil yang berada di daerah tenggorokan. Pada anak-anak yang belum memiliki pertahanan tubuh yang kuat, organ ini berfungsi untuk mencegah infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Namun seiring dengan berjalannya usia dan kuatnya sistem imun pada anak, maka fungsinya mulai tergantikan.

Apa Saja Gejalanya ?

Radang amandel memiliki gejala yang dapat dikenali. Gejala umum yang paling menonjol adalah adanya pembengkakan pada amandel. Selain itu beberapa gejala-gejala lain yang juga menyertainya antara lain demam, batuk, suara serak, sakit kepala, dan juga bau mulut.

Selain itu, penyakit ini juga biasanya akan menimbulkan bercak-bercak putih atau kuning pada tonjolan di daerah tenggorokan. Para penderita juga biasanya merasakan leher yang kaku, nyeri pada telinga, hingga kesulitan untuk menelan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada mayoritas anak-anak yang menderita penyakit ini, mereka biasanya belum bisa mendeskripsikan dan menggambarkan rasa sakit yang diderita. Namun Anda dapat mengenali gejalanya dari perilaku yang mereka seperti rewel, tidak mau makan, dan juga sering ngiler.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter ketika mulai merasakan gejala kesulitan bernapas, mengalami ngiler, dan kesulitan menelan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Saja Faktor Pemicunya?

Faktor pemicu yang menyebabkan penyakit ini bisa datang dari berbagai hal. Namun faktor paling umum penyebab adanya penyakit ini adalah infeksi virus. Virus yang menyebabkan penyakit ini memiliki jenis yang sama dengan virus penyebab pilek (Rhinovirus) dan flu (Influenza tipe virus A).

Selain itu infeksi bakteri juga dapat menyebabkan adanya serangan penyakit ini. Jenis bakteri penyebabnya yaitu Streptococcus. Bakteri ini termasuk kedalam jenis bakteri yang bisa menyerang bagian tenggorokan.

Selain disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Amandel juga dapat disebabkan oleh interaksi kontak dengan penderita lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Media penularan antara lain air ludah, dahak, dan juga bersin.

Bagaimana Cara Pengobatan Radang Amandel

Penanganan penyakit ini harus dilakukan sesuai dengan tingkat keparahannya. Jika serangannya tergolong ringan maka perawatan di rumah dan pemberian obat berdasarkan resep dokter dirasa sudah cukup. Salah satu obat antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab amandel adalah FG Troches – 120 Tablet (Rp 201.600). Namun jika serangan tergolong parah maka perlu dilakukan operasi pengangkatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu penderita juga dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengkonsumsi air putih yang cukup, menghindari paparan asap rokok, dan menggunakan alat pelembab udara. Pemberian obat antibiotik juga dapat dilakukan apabila penyakit terjadi diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat diri merasa lebih baik adalah dengan istirahat yang cukup, minum cukup air, konsumsi makanan yang lunak, dan berkumur dengan air garam.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening
Mengenal FG Troches, Obat Apa Itu?
Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Bawah, Bahayakah?
Kenali Penyakit Pneumonia dan Cara Mencegahnya
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Kenali Apa itu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Apa Saja Komplikasi dari Radang Amandel

Walaupun tergolong remeh, namun penanganan penyakit ini harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Jika penanganan lambat dan tidak tepat maka ada kemungkinan terjadi berbagai komplikasi penyakit pada tubuh seperti kesulitan bernafas, apnea tidur hingga infeksi ke organ tubuh lain.

Selain itu, pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri komplikasi yang terjadi diantaranya demam rematik yang dapat mempengaruhi jantung dan sendi serta glomerulonefritis yang menimbulkan peradangan pada ginjal. Komplikasi ini dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan juga mata.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai penyakit amandel yang sering diderita anak-anak. Walaupun tergolong sepele, namun penanganan dan pengenalan gejala yang cepat dan tepat tentunya dapat memperkecil risiko munculnya komplikasi penyakit lain.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi:
U.S National Library of Medicine

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman