fbpx
BerandadirektoriObatPyrazinamide

TB merupakan penyakit yang menyerang paru-paru. Bisa dikatakan, TB ini tergolong ke dalam penyakit yang cukup berbahaya. TB sendiri biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang menyerang paru-paru manusia. Dalam pengobatannya ini pun, Pyrazinamide adalah obat yang biasa dipakai untuk mengatasi penyakit TB. Namun tahukah Anda tentang obat satu ini? (Baca juga Pseudoephedrine Sulphate)

pyrazinamide, obat pyrazinamide

Informasi

Mungkin bagi sebagian orang masih belum terlalu mengetahui tentang obat Pyrazinamide yang bisa dipakai untuk mengobati TB atau tuberkulosis. Bagi Anda yang belum tahu, obat Pyrazinamide 500 mg – 100 tablet (Rp 52.500) ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan perkembangan bakteri penyebab TB. Bahkan, bakteri yang sudah bersarang di paru-paru pun juga bisa terbunuh dengan obat ini.

pyrazinamide, obat pyrazinamide
Pyrazinamide adalah obat yang biasa dipakai untuk mengatasi penyakit TB yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri di paru-paru manusia.

Biasanya, Pyrazinamide dalam pemakaiannya akan dikombinasikan dengan beberapa obat TB yang lain agar pengobatan penyakit lebih maksimal. Secara keseluruhan, untuk pengobatan TB dengan mengonsumsi kombinasi obat-obatan bisa mencapai waktu hingga sembilan bulan lamanya dan paling cepat adalah enam bulan dalam proses penyembuhannya agar pulih total. 

Untuk Pyrazinamide ini, biasanya akan sering digunakan saat masa awal dalam pengobatan TB. Dengan kata lain, obat ini kebanyakan akan diberikan untuk dikonsumsi pasien dalam dua bulan pertama dalam masa pengobatan TB. Hal ini, ditujukan agar bakteri yang ada di paru-paru bisa cepat terbunuh dan tidak berkembang biak sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah lain.

Dosis

Karena Pyrazinamide tergolong ke dalam obat yang cukup keras, maka dalam pemakaiannya pun juga harus sesuai dengan anjuran dokter. Bahkan, obat ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja yang mengalami TB baik itu anak-anak atau orang dewasa. Hanya saja, untuk dosis pemakaian tentu saja berbeda dan patut untuk Anda perhatikan dengan baik agar pengobatan berjalan lancar.

Baik pada penderita TB dewasa maupun anak-anak, dosis Pyrazinamide biasanya harus disesuaikan dengan berat badan pasien terlebih dahulu. Maka tak heran, ketika diperiksa dokter pun akan memperkirakan berat badan Anda terhadap obat ini, Terdapat dua macam pilihan cara dalam mengonsumsi obat ini selama dalam masa dua bulan pertama pengobatan TB, yaitu:

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dewasa   

Bagi Anda orang dewasa yang memiliki berat badan kurang dari 50 kg, biasanya dosis yang digunakan dalam mengonsumsi adalah 2 gram, sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun,  jika Anda memiliki berat badan 50 kg atau bahkan lebih, maka dosis yang digunakan adalah 2,5 gram, dan diminum sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Anak-anak   

Untuk anak-anak sendiri dosisnya sebanyak 50 mg/kgBB dan diminum sebanyak tiga kali dalam seminggu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara kedua :

Dewasa   

Bagi Anda saat ini memiliki berat badan kurang dari 50 kg, maka dosis yang digunakan adalah sebanyak 1,5 gram, diminum satu kali sehari. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki berat badan 50 kg atau lebih, maka dosis maksimal yang digunakan adalah sebanyak 2 gram dan dikonsumsi sebanyak satu kali sehari.

Anak-anak   

Untuk anak-anak, dosis yang biasanya dianjurkan adalah sebanyak 35 mg/kgBB dan diminum setiap hari.

Kontradiksi

Dalam pemakaiannya, tentu Pyrazinamide juga dapat menyebabkan kontradiksi apalagi jika Anda mengkombinasikannya dengan beberapa obat lain secara bersamaan. Agar Anda dapat lebih waspada, maka Anda pun wajib mengetahui beberapa kontraindikasi dari obat ini. Berikut adalah beberapa kontradiksi yang mungkin dapat terjadi jika mengonsumsi bersama obat-obatan lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Mengurangi efektivitas dari pil KB dan vaksin tifus yang telah dikonsumsi.
  • Meningkatkan kadar obat cyclosporin di dalam darah.
  • Memperkuat efek racun terhadap organ hati apabila obat digunakan bersama dengan rifampicin.

Selain kontradiksi ini, ada juga orang yang mungkin bisa memiliki risiko apabila hendak mengonsumsi obat ini. Beberapa risiko itu antara lain :

  • Bagi Anda yang menderita gangguan hati, gangguan ginjal, diabetes dan penyakit asam urat untuk hati-hati ketika mengonsumsi obat ini.
  • Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika Anda juga mengonsumsi obat-obatan lain pada saat Anda sedang mengonsumsi Pyrazinamide.
  • Anda juga disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari yang terlalu lama, karena obat ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Efek Samping

Selain bisa menimbulkan kontradiksi, Pyrazinamide juga bisa menimbulkan beberapa efek samping ketika dikonsumsi untuk pengobatan TB. Biasanya efek samping yang sering muncul adalah timbul sakit perut dan tubuh yang mudah lelah. Namun Anda tak perlu khawatir, karena efek samping ini akan segera hilang dengan sendirinya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Konsumsi

Selama mengonsumsi Pyrazinamide, pastikan Anda selalu mengikuti anjuran dokter dan membaca informasi yang tertera pada kemasan obat sebelum mulai untuk mengonsumsinya. Kemudian, simpan obat ini di dalam kemasan yang tersegel dengan rapat pada tempat yang sejuk, kering dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.Pastikan ketika mengonsumsinya ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Usahakan untuk mengonsumsi Pyrazinamide pada jam yang sama setiap harinya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal selama masa pengobatan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman