fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Apakah Anda pernah mendengar kata Pycnogenol? Mungkin masih ada sebagian orang yang belum tahu. Namun, Anda juga bisa menyebutnya sebagai ekstrak kulit pinus yang biasanya dijadikan suplemen atau obat untuk suatu pengobatan tertentu. Pycnogenol sendiri sudah cukup populer di luar negeri dan sudah banyak dipakai dalam dunia medis karena keampuhannya.

Informasi

Informasi lebih detail, Pycnogenol sendiri dianggap sebagai zat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan dan bahkan dipercaya sebagai obat untuk penyembuhan penyakit. Bahkan, bahan aktif di dalamnya pun juga dapat diekstraksi dari sumber bahan lain, seperti kulit kacang tanah , biji anggur dan kulit kacang hazel dari Eropa.

Pycnogenol sendiri juga dipercaya dapat membantu mengatasi asma dan alergi yang terjadi pada seseorang. Hal ini, juga didukung dengan adanya sebuah studi awal yang menunjukkan bahwa meminum obat ini paling lama sekitar lima minggu sebelum dimulainya musim alergi yang diderita, dapat membantu untuk mengurangi gejala alergi yang Anda miliki.

Tak hanya itu, tapi anak-anak yang memiliki penyakit asma, juga bisa mengonsumsi obat Pycnogenol. Pasalnya, obat ini dapat membantu mengurangi gejala asma yang menghambat aktivitas anak. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi jumlah obat asma lain yang biasa dibutuhkan oleh anak setiap harinya dengan tingkat keefektifan yang cukup tinggi.

Belum lagi, Pycnogenol dapat juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh arteri di dalam tubuh. Bahkan, obat ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi aliran darah ke kaki, serta juga dapat menurunkan risiko Anda akan mengalami penyakit jantung koroner dan pembekuan darah yang berbahaya.

Dosis

Pycnogenol sendiri dapat Anda jumpai dalam berbagai macam produk. Apabila sebagai obat, umumnya kulit pinus ini akan di ekstrak menjadi kapsul atau tablet. Namun, tak jarang ada yang mengolahnya menjadi krim untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti jerawat pada wajah atau masalah kulit lainnya. Untuk dosis pemakaiannya pun juga tentunya berbeda.

Dosis meminum Pycnogenol sendiri dapat Anda lakukan dengan takaran 50 mg hingga 450 mg setiap hari  dan dikonsumsi selama satu tahun. Hanya saja, sebelum Anda mengonsumsi obat ini harap bisa terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter. Terlebih, dosis untuk tiap pengobatan sendiri juga berbeda tergantung dari metabolisme tubuh dan lama sakit yang dialami.

Kontradiksi

Perlu Anda ketahui, apabila Anda hendak mengonsumsi Pycnogenol bersamaan dengan obat lain maka bisa menimbulkan beberapa kontradiksi atau interaksi dengan obat lain tersebut. Jika Anda saat ini mengalami diabetes dan hendak mengonsumsi obat-obatan untuk diabetes maka ada baiknya jika konsultasi terlebih dahulu pada dokter karena akan menimbulkan kontradiksi.

Pasalnya, konsumsi Pycnogenol ini dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, obat diabetes juga sama dikonsumsi untuk menurunkan gula darah. Mengonsumsinya secara bersama dengan obat diabetes malah dapat menyebabkan gula darah Anda nantinya terlalu rendah. Bahkan, tak jarang hal ini malah bisa menimbulkan efek samping berupa Anda yang mudah lemas.

Selain itu, ada beberapa orang yang berisiko apabila hendak mengonsumsi Pycnogenol ini sebagai obat. Perlu Anda ketahui, bagi ibu hamil sendiri tidak dianjurkan mengonsumsinya dalam jangka waktu panjang. Pasalnya, hal ini malah bisa menimbulkan masalah kesehatan pada ibu hamil. Hanya saja, obat ini aman dikonsumsi jangka pendek selama masa awal kehamilan.

Apabila pengobatan Pycnogenol hendak diberikan pada anak, Anda dianjurkan untuk konsultasi lebih dulu dengan dokter. Pasalnya, tidak semua anak dapat mengonsumsi obat atau suplemen kulit pinus ini. Terlebih dosisnya pun pasti juga akan berbeda. Jika dikonsumsi tidak sesuai dengan anjuran dokter malah bisa berbahaya untuk kesehatan anak Anda nantinya.

Efek Samping

Pycnogenol

Pycnogenol ketika dikonsumsi sebenarnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Terlebih untuk orang dewasa pun, tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya apabila dikonsumsi hingga 6 bulan masa pengobatan. Hanya saja, bagi beberapa orang, obat atau suplemen kulit pinus ini dapat menyebabkan sejumlah efek samping seperti diantaranya :

  • Mudah pusing
  • Mengalami vertigo
  • Sakit perut

Gejala efek samping ini tergolong cukup biasanya. Jika sudah mengalami gejala ini, ada baiknya Anda langsung istirahat agar gejala hilang dan tubuh kembali pulih. Hanya saja, bila gejala efek samping ini malah terjadi cukup lama dan berkelanjutan, ada baiknya jika Anda segera menghubungi dokter untuk mendapat perawatan medis secepat mungkin.

Cara Konsumsi

Dalam pemakaiannya sendiri, Pycnogenol dapat dikonsumsi dengan berbagai cara yang baik dan benar. Hanya saja, cara konsumsinya pun juga tergantung dari bagaimana Anda memakainya sebagai sarana pengobatan suatu penyakit. Anda pun hanya perlu mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan secara teratur dan rutin melakukan konsultasi ke dokter.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis