Apakah Anda sudah pernah mendengar lecithin? Mungkin ada yang sudah tahu dan belum. Mungkin bagi Anda yang belum tahu, lecithin ini adalah senyawa yang biasa Anda jumpai pada kacang-kacangan terutama kedelai. Bahkan, salah satu olahan terbaik yang kini menjadi salah satu suplemen kesehatan bagi tubuh adalah pure lecithin (PPC 95%) yang bisa Anda konsumsi.

Informasi

Lebih lengkapnya, bagi Anda yang belum tahu bahwa lecithin ini sebenarnya adalah sebuah jenis senyawa alami yang biasanya terdapat di berbagai bahan makanan, terutama kacang kedelai dan telur seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Senyawa ini sendiri terdiri dari asam lemak yang biasanya mengandung komponen seperti phosphatidylcholine atau PC di dalamnya. 

Komponen yang ada di dalam lecithin tersebut yang nantinya akan bekerja untuk memengaruhi kinerja sistem saraf di dalam tubuh. Sehingga, bisa dikatakan peran lecithin ini sangat penting untuk tubuh Anda dan wajib untuk terpenuhi. Terlebih, sekarang juga telah hadir pure lecithin (PPC 95%) yang sudah bisa Anda dapatkan kapan saja dan dimana saja sebagai suplemen.

Perlu Anda ketahui lagi, biasanya lecithin ini sering dipakai untuk pengobatan pada penyakit kolesterol. Namun, selain dipercaya ampuh untuk mengobati kolesterol yang tinggi, tapi pure lecithin (PPC 95%) juga dapat mengobati masalah pada sistem pencernaan. Bahkan, lecithin juga sering digunakan dalam beberapa produk makanan, kosmetik dan kandungan obat-obatan lain.

Dosis

Dalam pemakaiannya, pure lecithin (PPC 95%) hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa saja dan dalam beberapa kasus juga dikonsumsi anak-anak. Bahkan, Anda bisa menjumpai produk ini dalam bentuk kapsul siap konsumsi. Hanya saja, untuk dikonsumsi ini ada dosis yang perlu Anda perhatikan agar penyerapan lecithin ini bisa benar-benar maksimal dalam tubuh Anda.

Untuk orang dewasa, pure lecithin (PPC 95%) bisa dikonsumsi dengan dosis 3-9 gram sehari dalam dosis terbagi dan dikonsumsi rutin. Sementara untuk anak-anak sendiri, sampai saat ini belum ada ketentuan khusus mengenai dosis yang dikonsumsi. Pasalnya, suplemen ini bisa jadi cukup berbahaya bagi kondisi kesehatan dan fisik anak-anak terutama yang masih kecil.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami keamanan dari pure lecithin (PPC 95%) sebelum digunakan. Ada baiknya jika Anda mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai suplemen atau obat ini. Selalu perhatikan dosis yang Anda konsumsi tepat agar tidak menimbulkan efek samping berlebih pada tubuh Anda.

Kontradiksi

Berikutnya, interaksi konsumsi pure lecithin (PPC 95%) yang bersamaan dengan obat lain pun juga dapat berpengaruh terhadap kinerja obat lain yang tengah Anda konsumsi juga. Bahkan, dalam hal ini juga bisa meningkatkan risiko efek samping yang cukup serius. Apalagi, tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum di dalam kemasan lecithin yang Anda beli.

Namun, seperti biasa Anda harus melakukan konsultasi pada dokter ketika hendak memulai, berhenti, atau mengganti dosis pure lecithin (PPC 95%) yang Anda konsumsi. Pastikan semua itu sesuai dengan persetujuan dan saran dari dokter agar dosis yang dikonsumsi tetap sesuai. Selalu diskusikan dengan dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan. 

Baik itu obat resep, non resep, suplemen atau obat herbal lain harus sesuai dengan yang dokter ketahui. Terlebih ada beberapa jenis obat yang mungkin dapat memicu terjadinya kontradiksi dengan lecithin. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menginformasikan pada dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita saat ini. 

Katakan pada dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis obat tertentu, terutama pure lecithin (PPC 95%) yang terkandung dalam obat Anda. Selain itu, langsung hubungi dokter apabila Anda ingin tahu apakah memiliki alergi terhadap kedelai, telur atau bahan makanan lain yang mengandung senyawa lecithin di dalamnya.

Efek Samping

Perlu Anda ketahui juga, dalam mengonsumsi pure lecithin (PPC 95%) untuk pengobatan terkadang juga menimbulkan beberapa efek samping untuk tubuh Anda. Beberapa efek samping itu seperti diantaranya :

  • Diare
  • Mual
  • Sakit perut

Lalu, tidak menutup kemungkinan juga bahwa obat ini dapat memicu terjadinya reaksi alergi, terutama jika lecithin didapatkan dari kedelai. Kondisi alergi yang sering muncul ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti misalnya :

  • Pembengkakan pada bagian wajah seperti bibir, tenggorokan atau lidah
  • Muncul ruam kulit
  • Tubuh yang terasa gatal
  • Kesulitan bernafas

Bila Anda memiliki gejala atau timbul efek samping seperti yang sudah disebutkan tersebut, maka Anda harus segera menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan medis dengan cepat.

Cara Konsumsi

Dalam pemakaiannya sendiri, Anda wajib meminum pure lecithin (PPC 95%) sesuai anjuran dokter. Ikuti aturan minum obat yang sudah tertera pada kemasan. Jika Anda kurang yakin dengan keterangan obat, maka bisa konsultasi dengan dokter. Jangan konsumsi melebihi dosis yang dianjurkan atau dosis yang lebih sedikit dan pemakaian lebih lama dari yang disarankan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?