fbpx
BerandaIbu dan AnakPerubahan Miss V Saat Hamil, Wajarkah?

Tubuh ibu yang sedang mengandung akan berubah sesuai dengan pertumbuhan janin, termasuk hormon, mood, dan payudara. Mungkin Anda sering mendengar terkait perubahan payudara saat kehamilan, tapi tahukah Anda? Vagina juga akan berubah agar dapat memudahkan Anda melakukan proses lahiran. Perubahan ini pada umumnya akan terjadi setelah Anda memasuki trimester kedua dan ketiga. Yuk, ketahui apa saja perubahan miss V saat hamil yang bisa dialami ibu hamil.

perubahan miss v saat hamil

1. Vagina menjadi jauh lebih sensitif dan mudah orgasme

Selama kehamilan, volume darah tubuh Anda bisa meningkat sebanyak 50 persen. Selain itu, oksitosin, estrogen, dan progesteron di seluruh tubuh juga meningkat.

Karena itulah vagina Anda mungkin bisa menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan dan rangsangan lainnya. Masa kehamilan juga akan membuat Anda menjadi jauh lebih mudah orgasme.

2. Muncul varises di vagina

Karena volume darah meningkat, pembuluh darah di seluruh tubuh juga akan menjadi lebih besar dan menonjol. Pembuluh darah di vagina juga dapat membesar dan menjadi berwarna ungu karena adanya penumpukan darah. Ini juga disebabkan karena berat badan yang bertambah.

Suatu penelitian menemukan bahwa hingga 22 persen wanita akan mengalami kondisi berikut pada trimester kedua atau ketiga. Selain pembuluh darah yang menonjol, Anda juga mungkin akan merasakan nyeri, tekanan, atau pembengkakan secara nyata. 

3. Vagina berubah warna menjadi biru

Tidak perlu khawatir, vagina Anda mungkin akan berubah menjadi warna biru pada empat minggu awal kehamilan. Warna biru ini dapat ditemukan pada area vagina, labia, dan leher rahim.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kondisi ini diketahui sebagai tanda Chadwick (Chadwick’s sign) sesuai dengan nama Ginekologis yang menelitinya. Perubahan warna biru ini disebabkan oleh terjadinya peningkatan aliran darah ke area bawah tubuh.

4. Vagina mengeluarkan lebih banyak cairan

Di awal fase kehamilan, miss V akan mengalami peningkatan hormon dan menghasilkan lebih banyak cairan sebagai cara untuk melindungi serviks dari infeksi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cairan ini mirip dengan keputihan biasa yang memiliki warna putih seperti susu, namun kini akan menjadi lebih lengket, banyak, dan sering. Waspadai cairan jika berwarna kuning atau hijau, serta berbau busuk. Warna-warna tersebut cenderung pertanda bahwa vagina Anda mengalami infeksi. 

5. Vagina Anda mungkin terasa sangat gatal

Selain mengeluarkan cairan berlebih, vagina Anda mungkin saja menjadi sangat gatal. Rasa gatal ini merupakan salah satu hal yang wajar karena adanya peningkatan pengeluaran cairan serta adanya perubahan pH.

Segera konsultasikan tubuh ke dokter jika beberapa perubahan tersebut disertai dengan gejala-gejala lainnya yang sangat mengganggu seperti keputihan yang tidak normal, munculnya bisul, atau rasa sensasi terbakar.

6. Vagina mengeluarkan bau

Pada trimester pertama, lebih banyak bakteri akan muncul di area vagina. Karena itulah miss V akan mengeluarkan bau yang lebih tidak nyaman daripada biasanya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Hindari produk yang dapat membuat wangi atau memusnahkan bakteri. Sebenarnya, bakteri sangatlah bermanfaat untuk menjaga tingkat keasaman kemaluan Anda. Bakteri yang bermanfaat ini seringkali disebut juga sebagai bakteri baik atau bakteri Lactobacillus. 

Cukup bersihkan vagina secara rutin dan jaga kebersihan celana dalam Anda. Gunakan panty liner Carefree Healthy Fresh – 40 pad – Panty Liner 9Rp25.800) jika memang diperlukan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Vagina menjadi nyeri

Sebagian ibu hamil mungkin akan mengalami yang dinamakan lightning crotch atau “selangkangan petir” jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Area selangkangan dan vagina Anda akan merasa nyeri dan sakit seperti di tusuk.

Kondisi ini disebabkan oleh dua kemungkinan penyebab. Kemungkinan pertama adalah janin di dalam rahim dapat menekan saraf tertentu. Kemungkinan kedua adalah adanya perubahan serviks. Seringkali, rasa nyeri ini terjadi saat memasuki trimester ketiga, khususnya sesaat setelah Anda duduk atau bangun dari posisi tidur. 

Apakah vagina bisa kembali seperti semula setelah melahirkan?

Tidak perlu khawatir, segala perubahan yang terjadi pada area vagina bersifat sementara. Vagina akan kembali seperti semula setelah Anda melahirkan. 

Konsultasikan ke dokter jika ada perubahan yang tidak kunjung kembali seperti semula. Vagina mungkin tidak akan kembali 100% seperti semula, tapi pada umumnya vagina biasa tidak akan mengalami perubahan saat hamil secara permanen.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian penjelasan perubahan miss v saat hamil. Jaga terus kesehatan Anda untuk tumbuh kembang janin yang optimal. Beli suplemen ibu hamil dan kebutuhan kesehatan kehamilan lainnya di Apotek Lifepack.

Folac Tablet – 10 tablet – Asam folat (Rp11.718) merupakan obat dengan kandungan Folic acid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Defisiensi asam folat dapat terjadi karena asupan nutrisi yg tidak seimbang atau adanya gangguan penyerapan usus. Aman dikonsumsi saat trimester pertama dan dikonsumsi sehari-hari. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dengan dokter umum seputar kehamilan? Nikmati konsultasi gratis melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman