fbpx
BerandaHidup SehatPerbedaan UGD dan IGD

Jika Anda berkunjung ke rumah sakit, mungkin Anda sering menemukan ruangan dengan tulisan UGD atau IGD. Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu IGD dan UGD? Serta apakah perbedaan UGD dan IGD? Apakah keduanya sama? Simak penjelasan perbedaan UGD dan IGD, beserta penjelasan mana yang harus Anda kunjungi di artikel ini.

Apa itu IGD?

IGD adalah singkatan dari Instalasi Gawat Darurat. IGD diketahui memiliki ruangan dan pekerja dalam lingkup yang lebih besar. Anda dapat menemukan dokter umum hingga dokter spesialis di dalam IGD. Biasanya, hanya dapat ditemukan di rumah sakit besar yang memiliki banyak dokter spesialis dan alat-alat yang dapat menunjang berbagai macam penyakit.

IGD digunakan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu oleh berbagai macam petugas medis seperti dokter dan praktisi perawat yang sudah terlatih dalam memberikan perawatan darurat. IGD juga memiliki tim yang mungkin dibutuhkan untuk melakukan tindakan cepat seperti neurologi, kardiologi, dan ortopedi. 

Di dalam ruang IGD, pasien akan dimasukkan ke dalam kategori sesuai dengan kondisinya yaitu pasien gawat tapi tidak darurat, pasien gawat dan darurat, dan pasien darurat tapi tidak gawat.

Pasien dalam keadaan gawat dan darurat biasanya mengalami kecelakaan atau kondisi yang mengancam secara tiba-tiba dan tidak diperkirakan sebelumnya seperti kecelakaan, atau penyakit lainnya. Beberapa penyakit darurat adalah seperti serangan jantung, stroke, dan luka tembak. Pasien dengan keadaan ini biasanya mengalami penyakit atau kondisi yang mengancam jiwa.

Apa itu UGD?

UGD adalah singkatan dari Unit Gawat Darurat. Ruangan ini memiliki lingkup yang lebih kecil daripada IGD karena memiliki tenaga medis serta peralatan yang lebih sedikit. UGD biasa ditemukan pada rumah sakit yang lebih kecil.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pasien di dalam ruang UGD juga dibedakan ke dalam beberapa kondisi yaitu pasien dalam kondisi harus segera ditolong, pasien dalam kondisi gawat, pasien dalam keadaan tidak mendesak, pasien dalam kondisi serius namun tidak gawat, dan pasien yang berpotensi mengalami perburukan.

Ruang UGD dapat menangani pasien dengan kondisi darurat tetapi dalam lingkup yang lebih ringan seperti nyeri dada, luka sayat, luka bakar ringan, sakit pinggang atau otot, diare, sakit telinga, kondisi kulit, nyeri sendi, dan lain sebagainya. Namun, beberapa kondisi tersebut dapat dianggap darurat jika telah dievaluasi dan dirawat terlebih dahulu di Unit Gawat Darurat (UGD) sebagai penanganan awal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Perbedaan dan Persamaan UGD dan IGD

Disimpulkan dari penjelasan di atas, UGD dan IGD merupakan dua ruang yang berbeda. UGD memiliki lingkup penanganan darurat yang lebih kecil, sedangkan IGD memiliki lingkup yang lebih besar. 

Dua-duanya sama-sama menangani tindakan darurat yang dialami pasien dan akan menentukan pasien apakah perlu dirawat inap atau boleh rawat jalan setelahnya. 

UGD dan IGD juga dibuka setiap hari dan setiap jam tanpa memiliki waktu libur. Tenaga medis yang bertugas di kedua ruang tersebut akan selalu siap membantu pasien yang membutuhkan pertolongan.

Harus ke UGD atau IGD?

Setelah memahami perbedaan IGD dan UGD, Anda bisa mengetahui kemana Anda harus pergi jika membutuhkan pertolongan medis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi UGD jika Anda ingin:

  • Melakukan diagnosis dan penanganan gangguan pernapasan dan sirkulasi.
  • Melakukan penilaian terhadap kecacatan penggunaan obat serta mengoperasikan alat kejut jantung serta rekam jantung (EKG)
  • Melakukan observasi dan stabilisasi kondisi pasien, layaknya di ruang perawatan serta ruang resusitasi.
  • Melakukan tindakan operasi atau tindakan darurat lainnya.

Kunjungi IGD jika Anda:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Pasien yang baru selesai menjalani operasi dan perlu dimonitor secara ketat oleh dokter.
  • Pasien yang mengalami kecelakaan atau cedera parah.
  • Pasien kritis atau mengalami penurunan kondisi kesehatan secara tiba-tiba.
  • Luka bakar yang parah.
  • Pasien yang baru menjalani prosedur transplantasi organ.
  • Pasien yang mengalami gagal nafas.

Istilah ruangan lainnya

Selain UGD dan ICU, mungkin Anda sering juga melihat beberapa ruangan lain dengan singkatan yang tidak dimengerti. Berikut beberapa penjelasan singkatnya.

ICU

ICU merupakan singkatan dari Intensive Care Unit. ICU biasanya digunakan khusus untuk pasien dengan kondisi yang mengancam jiwa. ICU biasa ditujukan untuk menyelamatkan pasien dari kondisi yang mungkin mengakibatkan cacat permanen atau kematian. Pasien yang mengalami kondisi kritis atau mengancam jiwa biasanya akan dipantau secara intensif dengan peralatan khusus oleh tenaga medis yang sudah terampil dan terlatih di dalam ICU.

PICU

PICU merupakan singkatan dari pediatric intensive care unit. PICU merupakan fasilitas perawatan rumah sakit yang dikhususkan untuk anak-anak dengan usia 1 bulan hingga 18 tahun. Anak-anak dengan kondisi sakit parah atau kritis akan mendapatkan perawatan intensif dan pemantauan terus menerus dari tenaga medis di dalam ruang PICU. PICU juga menangani anak-anak yang akan melalui prosedur operasi besar.

Jika Anda mengalami kondisi atau gejala yang tidak Anda pahami, segera konsultasi dengan dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack melalui WhatsApp

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
tips ampuh turunkan demam dengan jahe

3 Tips Ampuh Turunkan Demam dengan Jahe

Hidup Sehat   02/07/2022
makanan dengan indeks glikemik rendah

5 Daftar Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Hidup Sehat   28/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman