fbpx
BerandaHidup SehatPenyakit Kronis Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi

Penyakit kronis merupakan salah satu kategori penyakit dengan jumlah kematian terbanyak. Pada tahun 2018, kanker, stroke, penyakit ginjal, diabetes melitus, dan hipertensi yang termasuk ke dalam golongan penyakit kronis menjadi penyebab kematian penyakit tidak menular tertinggi di Indonesia. Sebelum terlambat, mari pahami penyakit kronis, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya secara umum.

penyakit kronis

Apa itu penyakit kronis?

Dilansir dari laman resmi WHO (World Health Organization), penyakit kronis adalah penyakit yang terjadi dengan durasi panjang yang pada umumnya berkembang secara lambat serta terjadi akibat penggabungan antara faktor genetik, faktor fisiologis, lingkungan, dan perilaku. 

Berbeda dengan penyakit akut yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan sembuh dalam jangka pendek, penyakit kronis yang perlahan memburuk seiring waktu hanya bisa diobati dengan pengobatan jangka panjang.

Suatu penyakit dapat dikategorikan sebagai penyakit kronis jika kondisi tersebut berlangsung 1 tahun atau lebih, serta perlu mendapatkan pengobatan rutin atau membatasi aktivitas hidup sehari-hari.

Beberapa contoh penyakit kronis yang umum ditemukan di Indonesia adalah hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Penyakit kronis rawan sekali untuk muncul di usia lansia pada umur 55-80 tahun. Ini dikarenakan penyebab dan faktor penyakit secara perlahan menyerang tubuh selama bertahun-tahun dan akan terlihat gejalanya saat usia sudah lebih tua. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa penyakit kronis juga dapat menyerang individu yang masih tergolong muda, pada usia 20-40an. 

Banyak faktor dan risiko yang menjadi penyebab penyakit, namun umumnya adalah gaya hidup yang kurang aktif dan pola makan yang tidak sehat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penyebab penyakit kronis 

Karena penyakit kronis merupakan kategori besar dari beberapa penyakit, penyebab tiap penyakit juga tentunya berbeda. Mulai dari diabetes hingga gagal jantung, tiap penyakit memiliki faktor risiko dan pemicu yang berbeda pula.

Namun, risiko penyakit meningkat jika individu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Kurangnya aktivitas fisik

Individu yang rutin berolahraga atau bergerak dalam kesehariannya ditemukan lebih sehat daripada individu dengan gaya hidup kurang aktif. 

Ketika tubuh tidak bergerak, risiko berat badan meningkat dan menjadi obesitas juga meningkat. Risiko penyakit kronis yang berkaitan dengan berat badan, seperti diabetes, hipertensi, dan jantung berpotensi lebih besar muncul.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Kurangnya asupan dan nutrisi seimbang

Sayur-sayuran merupakan salah satu makanan pokok yang baik untuk memelihara kesehatan. Namun dengan adanya gizi sehat yang tidak mencukupi, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Makan yang tinggi gula, garam, serta lemak jenuh dapat meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes, serta kanker.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tidak hanya itu, konsumsi berlebihan di makanan atau minuman lain juga dapat memicu penyakit kronis. Contohnya dengan konsumsi alkohol yang dapat berujung pada gagal ginjal.

  1. Merokok

Jumlah perokok aktif Indonesia ditemukan meningkat dalam 10 tahun terakhir, menurut data yang ditemukan oleh Kemenkes. Peningkatan perokok aktif juga tentunya memengaruhi peningkatan perokok pasif.

Padahal, merokok juga salah satu faktor yang cukup besar untuk penyakit kronis, khususnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) serta kanker paru.

Cara mengatasi penyakit kronis

Pasien penyakit kronis harus segera diberikan perawatan yang tepat, guna mencegah komplikasi dan meredakan gejala yang dialami. Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat diberikan untuk membantu pasien seperti berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Pengobatan dan konsultasi rutin

Dokter akan memberikan pasien obat yang mungkin diperlukan untuk meredakan dan mengontrol gejala. Selain itu, setiap perkembangan dan kondisi pasien harus selalu diperiksakan ke dokter. Dengan begitu, pasien, keluarga, dan dokter dapat saling bahu-membahu memelihara kesehatan pasien.

  1. Menjaga pola makan yang lebih sehat

Biasanya, pemberian obat-obatan disarankan untuk dilakukan dengan konsumsi pola makan yang bernutrisi. Pasien dapat lebih memperhatikan setiap asupan yang akan dikonsumsi, agar tidak memperburuk kondisi.  Tingkatkan asupan sayur, buah, gandum utuh, kurangi makanan yang tinggi gula, garam, serta lemak jenuh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Memulai pola hidup yang lebih aktif

Pola makan yang sehat juga sebaiknya dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Dokter mungkin akan merekomendasikan pasien untuk lebih rutin jalan santai, bersepeda, atau aktivitas lainnya yang lebih aktif. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya.

  1. Jauhi pantangan dan pemicu

Ketika sudah memahami kondisi, segera jauhi pantangan dan pemicu. Minta bantuan keluarga atau orang terdekat agar dapat mengingatkan apa saja yang perlu dijauhi pasien. Tanyakan juga kepada dokter apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, sehingga informasi tidaklah keliru.

  1. Prosedur medis tertentu jika diperlukan

Sebagian penyakit kronis mungkin memerlukan pemeriksaan dan penanganan medis yang lebih banyak, seperti pemeriksaan Elektrokardiografi, Ekokardiografi, tindakan cuci darah, ataupun operasi jika diperlukan untuk menunjang kesejahteraan pasien. Dengarkan saran dan rekomendasi yang diberikan oleh dokter.

Itulah tadi informasi seputar penyakit kronis. Waspadai gejala penyakit kronis yang dapat berujung kepada komplikasi penyakit dengan periksakan diri ke dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.


Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Freepik Image by Lifestylememory

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair https://fkm.unair.ac.id/inilah-daftar-penyakit-penyebab-kematian-tertinggi-di-indonesia/#:~:text=Bahkan%20PTM%20menjadi%20penyebab%20kematian,%2C%20diabetes%20melitus%2C%20dan%20hipertensi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kementrian Kesehatan Penyakit Tidak Menular http://p2p.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2017/12/P2PTM_RAK2017.pdf

Kementrian Kesehatan Survei Penggunaan Tembakau https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220601/4440021/temuan-survei-gats-perokok-dewasa-di-indonesia-naik-10-tahun-terakhir/#:~:text=Dalam%20temuannya%2C%20selama%20kurun%20waktu,juta%20perokok%20pada%20tahun%202021

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman