fbpx

Olahraga Selama Pandemi COVID-19, Apakah Aman?

Sep 4, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Pandemi COVID-19 membuat banyak aktivitas kita di ruang publik menjadi sangat terbatas. Sebut saja sekolah, perkantoran, hingga berolahraga. Padahal meski lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, tubuh tetap perlu melakukan aktivitas fisik agar tetap sehat. Jangan sampai, selama di rumah, berat badan bertambah dan menjadi tidak sehat.

Terlebih kini kita telah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau The New Normal. Mungkin hal ini juga membuat Anda kini telah kembali ke aktivitas harian Anda sebelum COVID-19, seperti bekerja dari kantor. Sehingga olahraga merupakan hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan aktif selama masa adaptasi kebiasaan baru.

Namun apakah aman berolahraga selama pandemi COVID-19? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Manfaat Olahraga

Secara keseluruhan, olahraga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Olahraga dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, diabetes, dan penyakit jantung di kemudian hari.

Selain mencegah Anda untuk terkena penyakit kronis, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan persendian Anda. Dengan berolahraga, Anda juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Lakukan olahraga 30-40 menit sehari untuk membuat tubuh tetap fit. Lakukan olahraga secara rutin dan diimbangi dengan konsumsi makanan sehat untuk mendukung kebutuhan nutrisi tubuh.

Berbahayakah Olahraga Selama Pandemi?

Meski di rumah, pola hidup sehat tetap perlu dijaga, salah satunya dengan berolahraga. Meski terlihat sepele, aktivitas yang satu ini memang membawa dampak yang sangat besar bagi tubuh kita.

Selama pandemi, tentu Anda memiliki kekhawatiran untuk berolahraga. Terutama jika Anda ingin berolahraga di luar rumah, ketakutan akan risiko penularan COVID-19 mungkin menghantui benak Anda.

Jawabannya adalah tidak selama Anda mematuhi protokol kesehatan. Anda tetap dapat berolahraga dengan tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain, mencuci tangan secara berkala, dan menggunakan masker. Konsumsi suplemen dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun perlu diperhatikan, jika Anda kesulitan bernapas ketika berolahraga menggunakan masker sebaiknya turunkan intensitas olahraga, atau lakukan olahraga dari rumah saja seperti olahraga yoga. Karena penggunaan masker selama pandemi COVID-19 sangat penting untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Itulah informasi mengenai  olahraga selama pandemi. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan, terutama ketika Anda berada di luar rumah.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan Anda? Dapatkan solusi konsultasi dokter gratis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

CDC. Benefits of Physical Activity. Diakses pada 2020.

U.S Department of Health and Human Services. Importance of Physical Activity. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis