fbpx

Obat Metronidazole, Salah Satu Antibiotik untuk Obati Infeksi

Sep 21, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Obat Metronidazole, apakah Anda pernah mendengar nama obat ini? obat ini merupakan antibiotik yang dipergunakan untuk mengobati infeksi. Metronidazole bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan parasit dan bakteri. Obat ini hanya bisa mengobati parasit dan infeksi bakteri, sehingga dapat digunakan untuk menangani virus seperti flu atau pilek biasa. Anda dapat mengonsumsi obat ini bersamaan dengan obat lain untuk mengobati bakteri H. Pylori.

Fungsi dan Manfaat Metronidazole

Fungsi metronidazole adalah untuk menghentikan pertumbuhan bakteri serta protozoa yang bisa menyebabkan masalah kesehatan manusia. Karena fungsinya mengobati bakteri yang merugikan, kita tidak bisa menggunakan obat ini untuk sembarang penyakit.

Selain itu, manfaat Metronidazole juga digunakan untuk mengontrol, mengobati dan merawat jenis penyakit peradangan gusi dan gigi, amebiasis, ulkus kaki, tekanan luka infeksi paru-paru dan berbagai macam jenis infeksi lainnya. Saat ibu hamil atau menyusui mengkonsumsi obat ini, harus disesuaikan dengan takaran penggunaan yang sudah dianjurkan dokter. Selain itu pengonsumsian harus dilakukan secara hati-hati agar tak membahayakan buah hati Anda. 

Dosis Obat Metronidazole untuk Infeksi Bakteri

Untuk mengatasi infeksi bakteri, berikut dosis yang dianjurkan untuk penggunaan obat metronidazole:

  • Dewasa serta anak-anak dengan usia di atas 10 tahun, bisa mengkonsumsi 1 gram setiap 8 jam, setelah mengkonsumsi selama 3 hari bisa dikurangi menjadi per 12 jam,
  • Untuk anak-anak dibawah 1 tahun, dosisnya sebesar 124 mg,
  • Anak usia 1 hingga 5 tahun sebesar 250 mg,
  • Anak berusia 5 hingga 10 tahun sebesar 500 mg.

Namun, dosis ini tidak sepenuhnya dapat diikuti, karena tergantung dari kondisi tubuh pasien dan obat yang dikonsumsi bersama dengan metronidazole. Sehingga, hindari menggunakan dosis di atas sebagai acuan, untuk dosis yang lebih tepat, Anda bisa bertanya pada apoteker atau dokter.

Secara umum metronidazole tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti obat minum, obat supositoria hingga obat infus. Bahkan, obat ini juga tersedia dalam bentuk ovula atau tablet vagina. Ovula akan mengobati vaginosis bakterialis pasien dewasa yang digunakan sekali sehari sebelum tidur selama 5 hari lamanya. Untuk obat ovula terdiri dari 500 mg Metronidazole.

Untuk obat dalam bentuk infus, akan diberikan tenaga medis di rumah sakit dengan instruksi dokter, sedangkan untuk jenis tablet, juga sesuai dengan petunjuk dokter. Pengkonsumsian obat ini dilakukan dengan bantuan makanan atau segelas air. Bagaimana untuk jenis ovula? Untuk jenis ovula, gunakan aplikator yang berada di dalam kemasan untuk memasukkan obat ini ke dalam vagina, selain itu bersihkan aplikator sesudah penggunaan. 

Sedangkan bentuk supositoria, Anda bisa mencelupkannya ke air terlebih dahulu, sehingga mudah dimasukkan dalam dubur. Duduk dan tiduran selama 15 menit sesudah menggunakan obat. Jika Anda lupa menggunakan obat ini, segera gunakan ketika ingat, namun bila Anda ingat ketika jadwal berikutnya sudah dekat, Anda tak perlu menggandakan dosis. 

Efek Samping Obat Metronidazole

Kontraindikasi dapat terjadi pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap obat ini atau komponennya, dan harus dihindari pada wanita dalam masa kehamilan trimester pertama. Saat mengkonsumsi obat ini hingga tiga hari setelah konsumsi obat ini, Anda juga harus menghindari konsumsi alkohol atau produk yang mengandung propilen glikol. Selain itu obat ini juga dikontraindikasikan jika ada penggunaan disulfiram dalam dua minggu terakhir

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Natrium Diklofenak: Obat Pereda Nyeri Sendi
Apa itu Cefixime? Obat Golongan Antibiotik untuk Infeksi Bakteri
Obat Paracetamol: Dosis, Cara Konsumsi, dan Efek Samping
Cetirizine, Rekomendasi Obat Penyembuh Alergi
Mengenali Jenis Obat Ibuprofen dan Manfaatnya
Imboost Force, Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pilihan Obat Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh
Obat Allopurinol: Dosis, dan Cara Benar Mengonsumsinya

Interaksi Obat dengan Jenis Obat Lain

Jika obat ini dikonsumsi dengan obat lain, akan ada efek samping yang menyertainya. Interaksi tersebut seperti mual, muntah dan kemerahan pada wajah, hal ini terjadi bila digunakan bersamaan dengan produk yang memiliki kandungan alkohol. Selain itu dapat menurunkan efektivitas kontrasepsi hormonal, sehingga seseorang masih dapat hamil walaupun sudah menggunakan alat kontrasepsi. 

Sedangkan, efek samping yang dirasakan saat sudah menggunakan obat ini seperti sakit kepala, pusing, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, sembelit, diare dan rasa pahit di dalam mulut.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Referensi:
U.S Food and Drug Administration

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis