fbpx

Ambroxol HCl adalah obat yang berfungsi untuk mengeluarkan dahak pada pasien batuk berdahak atau sebagai mukolitik. Oleh karena itu senyawa aktif Ambroxol HCl sering ditemukan pada berbagai produk obat batuk berdahak yang dijual bebas di apotek maupun toko obat. Obat ambroxol HCl akan bekerja mengencerkan dahak yang menyumbat di saluran pernapasan sehingga dahak lebih mudah keluar ketika penderita batuk. 

Ambroxol HCl

Informasi

Senyawa aktif Ambroxol HCl sering terdapat pada obat pengencer dahak untuk penderita gangguan pernapasan pada pasien radang paru-paru kronis, emfisema, eksaserbasi bronkitis kronis serta eksaserbasi bronkitis akut, bronkiektasis dan juga asma bronkial ataupun bronkitis asmatik. Obat ini bekerja untuk mengeluarkan dahak yang sering sulit dikeluarkan hingga menyumbat saluran pernapasan. 

Dengan mengkonsumsi obat eksaserbasi bronkitis maka pernapasan penderita pun akan lebih lega dan terbuka. Sediaan obat ini dalam bentuk sirup dan juga tablet. Untuk penggunaan obat ini sendiri sebaiknya mengikuti ketentuan dari dokter. Obat Ambroxol HCl bisa dikonsumsi baik anak-anak dan juga orang dewasa.Salah satu obat Ambroxol HCL adalah Ambroxol KF 15 mg / 5 ml Syrup – 60 ml (Rp 17.700).

Dosis

Untuk dosis konsumsi Ambroxol HCl harus disesuaikan dengan bentuk sediaan obat dan juga usia pasien. 

Bentuk Sediaan Obat Sirup

Bagi pasien usia dewasa, maka dosis obat ambroxol HCl yang disarankan adalah sebanyak 10 ml dan dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Sementara untuk dosis anak-anak dibagi menjadi usia 2 hingga 5 tahun serta 6 hingga 12 tahun. Untuk anak usia 2 hingga 5 tahun maka dosis obat ini yang disarankan adalah 2,5 ml dan dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Sementara untuk anak usia 6 hingga 12 tahun dosis yang disarankan adalah 5 ml dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Bentuk Sediaan Obat Tablet

Bagi pasien usia dewasa, maka dosis Ambroxol HCl yang disarankan adalah sebanyak 30 hingga 120 mg dan dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Sementara untuk dosis anak-anak dibagi menjadi usia kurang dari 2 tahun maka konsumsi sebesar 7,5 mg hingga 15 mg dua kali sehari. Untuk usia 2 hingga 5 tahun maka dosis Ambroxol HCl yang disarankan adalah 7,5 mg hingga 15 mg satu kali sehari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sementara untuk anak usia 6 hingga 12 tahun dosis yang disarankan adalah 15 mg hingga 30 mg  dikonsumsi sebanyak 1 hingga 2 kali dalam sehari. Usia anak lebih dari 12 tahun maka pemberian sama dengan orang dewasa. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Saat mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya pastikan Anda mengetahui bagaimana efek obat tersebut terhadap senyawa lainnya baik itu obat  resep, non resep hingga herbal. Jauhkan konsumsi Ambroxol HCl apabila pasien tengah mengkonsumsi obat doxycyclin, cefuroxime, erythromycin serta antibiotik lainnya. Pasalnya, konsumsi obat ini bersamaan dengan obat tersebut bisa menaikkan konsentrasi Ambroxol HCl dalam darah. Hal ini akan menaikkan risiko timbulnya efek samping. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda juga sebaiknya menjauhi konsumsi Ambroxol HCl bersamaan dengan obat antitusif atau batuk kering. Pasalnya hal ini berisiko menimbulkan sumbatan pada dahak.

Kelompok Orang Berisiko

Ambroxol HCl termasuk dalam obat berkategori C untuk pasien wanita hamil serta tengah menyusui. Pasalnya, obat ini ketika dikonsumsi wanita menyusui maka obat akan ikut terserap ke dalam ASI. Sehingga obat ini jarang diresepkan oleh dokter bagi wanita menyusui. Selain itu, obat ini hanya akan diberikan ke ibu hamil dalam keadaan terpaksa yakni ketika manfaat yang didapat lebih besar ketimbang risiko ke janin.

Pada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin disarankan agar tidak menggunakan obat ini. Misalnya sajak mereka yang memiliki gangguan kesehatan pada pencernaan maka dapat berpengaruh terhadap konsumsi obat. Penderita dengan gangguan pencernaan seperti maag, tukak lambung, dan sebagainya patut memberitahu dokter. 

Efek Samping

Konsumsi Ambroxol HCl memang akan menimbulkan efek yang berbeda-beda pada seseorang. Hanya saja, pada kebanyakan kasus, konsumsi obat ini akan menyebabkan timbulnya gejala efek samping ringan seperti berikut:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Lidah berubah lebih kaku atau kelu
  2. Mual berlebih hingga terdorong ingin muntah
  3. Sakit perut dan timbulnya maag kembali. Oleh karena itu pasien dengan riwayat sakit lambung dianjurkan tidak mengkonsumsi obat ini
  4. Bibir serta tenggorokan berubah mengering 
  5. Timbul warna kemerahan atau ruam pada bagian kulit
  6. Perut terasa lebih kembung
  7. Menyebabkan timbulnya diare.

Cara Konsumsi

Obat Ambroxol HCl sebaiknya dikonsumsi setelah pasien makan ataupun bersamaan saat makan. Sebaiknya ikuti informasi penggunaan obat yang tertera pada kemasan obat ataupun ikuti saran dokter. Untuk konsumsi Ambroxol HCl dengan jumlah lebih dari sekali sehari, pastikan Anda memberikan jeda yang mencukupi. Obat Ambroxol HCl sebaiknya disimpan di tempat kering, sejuk serta tidak terkena sinar matahari langsung. 

Konsumsi Ambroxol HCl akan membantu melegakan tenggorokan yang tersumbat akibat lendir dan juga dahak.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman