fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ketika bagian tertentu tubuh Anda mengalami luka, Anda harus segera mengobatinya supaya tidak terjadi infeksi. Terjadinya infeksi biasanya karena luka yang tidak segera diobati terserang bakteri. Sebab itu, bila terjadi luka, segeralah untuk mengobatinya dengan antibiotik. Anda bisa menggunakan neomycin sulfate untuk mengobati luka tersebut. 

Informasi

Neomycin termasuk obat antibiotik aminoglikosida yang digunakan untuk mengurangi risiko infeksi setelah operasi usus tertentu. Cara kerja obat ini dengan menghentikan pertumbuhan bakteri dalam usus. Obat ini dapat Anda gunakan bersamaan dengan program diet khusus untuk mengobati masalah otak serius tertentu (ensefalopati hepatik). 

Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya zat alami tertentu (amonia). Amonia dapat difilter oleh hati, tapi penyakit hati dapat menyebabkan terlalu banyaknya amonia menumpuk di tubuh. Sehingga obat ini dapat membantu mengobati ensefalopati dengan membunuh bakteri usus tertentu yang membuat amonia.

Perlu Anda ingat, bahwa obat ini hanya mengobati infeksi bakteri dan tidak akan bekerja untuk infeksi virus (seperti pilek, flu). Selama penggunaan obat ini, usahakan tidak menggunakan antibiotik lain, karena dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

Dosis

Penggunaan Neomycin Sulfate untuk persiapan operasi usus pada pasien dewasa, dapat diberi dosis 1 g oral setiap jam untuk 4 dosis diikuti oleh 1 g setiap 4 jam untuk 5 dosis. Namun dapat diberi dosis alternatif 6 g/hari secara oral dibagi setiap 4 jam selama 2 sampai 3 hari.

Penggunaan lainnya obat ini untuk encephalopathy hepatic pada pasien dewasa dapat diberi dosis 4 sampai 12 g/hari secara oral dibagi setiap 4 sampai 6 jam selama 5 sampai 6 hari. Sedangkan penggunaannya untuk kondisi koma hepatic, diberi dosis 4 sampai 12 g/hari secara oral dibagi setiap 4 sampai 6 jam selama 5 sampai 6 hari. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk diare, dengan diberi dosis 3 g/hari secara oral dibagi dalam 4 dosis.

Obat ini juga dapat digunakan pada anak-anak untuk persiapan operasi usus dengan aturan anak kurang dari 1 bulan diberi dosis 50 mg/kg/hari secara oral dibagi setiap 6 jam. Sedangkan  anak usia 1 tahun sampai 18 tahun diberi dosis 50 sampai 100 mg/kg/hari secara oral dibagi setiap 6 jam.

Pada dosis anak-anak untuk kondisi encephalopathy hepatic dapat diberi dengan aturan anak usia 1 bulan sampai 18 tahun diberi dosis 50 sampai 100 mg/kg/hari secara oral dibagi setiap 6 sampai 8 jam selama 5 sampai 6 hari. Sedangkan pada kondisi  koma hepatic, dapat diberi dosis 50 sampai 100 mg/kg/hari secara oral dibagi setiap 6 sampai 8 jam selama 5 sampai 6 hari.

Pemberian obat ini untuk mengatasi diare pada anak usia kurang dari 1 bulan diberi dosis 50 mg/kg/hari secara oral dibagi setiap 6 jam. Sedangkan anak usia 1 tahun sampai 18 tahun diberi dosis 50 mg/kg/hari secara oral dibagi setiap 6 jam selama 2 sampai 3 hari. Neomycin sulfate tersedia dalam bentuk tablet oral 500 mg dan larutan oral 125 mg/5 mL

Kontraindikasi

neomycin-sulfate

Interaksi dengan Obat Lain

Konsumsi Neomycin Sulfate akan berbahaya bagi kesehatan ginjal Anda jika dikombinasikan dengan antibiotik lain, seperti amikasin, amfoterisin-B, bacitracin, colistimethate, gentamisin, kanamisin, paromomycin, polimiksin B sulfat, penisilin V, streptomisin, tobramycin, dan vankomisin.

Sebaiknya Anda juga mendiskusikannya dengan dokter bila Anda dalam masa konsumsi obat cisplatin, digoxin, methotrexate, vitamin B-12, obat antivirus, pengencer darah, dan pil diuretik. 

Kelompok Orang Berisiko

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum konsumsi obat Neomycin Sulfate, terutama jika Anda memiliki penyakit  ginjal, myasthenia gravis, maupun penyakit parkinson. Karena konsumsi obat ini dapat memperparah efek samping. 

Efek Samping

Efek samping ringan yang biasa muncul akibat penggunaan obat Neomycin Sulfate adalah alergi. Namun sebaiknya Anda hentikan penggunaan obat dan dapatkan bantuan medis jika terjadi gejala telinga berdengung, sensasi  berputar, mual, perasaan seperti Anda akan pingsan, hilangnya  keseimbangan, kesulitan berjalan, mati rasa, otot berkedut, kejang hingga diare berdarah. 

Cara Konsumsi

Penggunaan Neomycin Sulfate dalam mengurangi resiko infeksi setelah operasi usus, biasanya digunakan selama 3 atau 4 dosis sehari sebelum operasi, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Penggunaan obat ini untuk kondisi ensefalopati hepatik, digunakan empat kali sehari selama 5-6 hari, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Perlu Anda perhatikan agar tidak meningkatkan dosis, mengonsumsi lebih sering, atau menggunakan untuk waktu yang lebih lama daripada yang disarankan. Obat ini juga tidak boleh digunakan selama lebih dari 2 minggu selama setiap periode pengobatan.

Penggunaan obat ini untuk ensefalopati, sebaiknya gunakan secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling optimal. Sebaiknya minum pada waktu yang sama setiap hari, atau buatlah jadwal. Segeralah ke dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis