fbpx

Mometasone Furoate

Nov 17, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf M | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Obat mometasone furoate merupakan obat yang digunakan untuk meringankan gejala dari alergi maupun radang yang terjadi terhadap tubuh, layaknya rinkhitis dan polip hidung. Obat yang satu ini tergolong dalam obat kortikosteroid. 

Alergi adalah reaksi yang terjadi pada tubuh secara abnormal, ketika terdapat zat yang nampak asing  ke dalam tubuh (Baca juga Cara Paling Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat).

Informasi 

Obat mometasone furoate merupakan obat yang dikonsumsi oleh pasien yang memiliki gejala reaksi alergi atau peradangan. Bentuk dari obat ini adalah obat oles maupun obat yang disemprotkan ke hidung. 

mometasone
Obat mometasone furoate merupakan obat untuk meringankan gejala alergi maupun radang pada tubuh, layaknya rinkhitis dan polip hidung.

Cara kerja dari obat mometasone furoate adalah meredakan radang dan alergi yang terjadi pada tubuh. Efek samping dari mometasone furoate tidak berbahaya dan aman untuk digunakan oleh semua pengguna. Anda harus mengkonsumsi obat mometasone dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter untuk saat ini sesuai dengan kondisi. 

Dosis 

Anda harus tahu bahwa dosis masing-masing pasien akan berbeda satu sama lain, menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Untuk amannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter saat ini. 

Inilah rincian penggunaan dosis umum, diantaranya sebagai berikut: 

Obat dengan bentuk semprot hidung 

Mengatasi Gejala dari Rinkhitis 

  • Dosis dewasa: menyemprotkan cairan larutan 0,05% dengan skala 0,1 mg untuk satu kali sehari. Apabila perlu maka dosis bisa ditambah menjadi 0,2 mg. 
  • Dosis anak-anak (3-11 tahun): larutan 0,05%, 0,5 mg , dalam satu kali sehari. 

Mengatasi Gejala Polip Hidung 

  • Dosis dewasa: menyemprotkan dengan skala 0,05% dalam satu kali sehari. Anda bisa meningkatkan dosis jadi 2x dalam satu hari pada saat interval waktu 5-6 minggu. 

Obat salep, krim, atau gel 

Mengatasi Permasalahan Dermatosis 

  • Dosis dewasa & anak di atas usia 2 tahun: mometasone 0,1 % yang dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah dalam satu hari sekali. Penggunaan kurang lebih 3 minggu. 

Kontraindikasi 

  1. Apabila Anda mengalami yang namanya alergi atau sensitivitas, bahkan overdosis terhadap mometasone furoate maka segera hubungi dokter untuk saat ini. 
  2. Jika umur di bawah dari 4 tahun, sebaiknya menghubungi dokter untuk penanganan yang lebih baik untuk saat ini. 
  3. Apabila Anda mengkonsumsi obat-obatan yang lain, maka segera beritahukan kepada dokter. 
  4. Pada saat Anda memiliki infeksi di area saluran pernafasan maka segera beritahukan kepada dokter sekarang juga. Lebih baik Anda tidak mengkonsumsi obat mometasone furoate. 

Interaksi dengan Obat Lain 

Penggunaan obat bersama, akan memberikan efek samping yang berbeda. Maka dari itu, ketika Anda ingin mengkonsumsi obat mometasone furoate, maka segera hubungi dokter. Beritahukan kepada dokter, mengenai list obat saat ini yang sedang dikonsumsi. Hal ini perlu dilakukan agar ada sedikit perubahan dosis obat mometasone furoate. 

  1. Penggunaan obat mometasone furoate bersamaan dengan ketoconazole, maka akan memberikan peningkatan terhadap efek samping dari obat mometasone furoate. 

Kelompok Orang Berisiko 

Obat mometasone furoate, merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan C. Golongan ini dikatakan sebagai obat yang cukup memungkinkan untuk beresiko terhadap janin atau bayi. Belum ada penelitian lebih lanjut untuk risiko yang akan diterima. Maka dari itu, bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan, sedang menjalankan program kehamilan, atau sedang menyusui. Lebih baik Anda konsultasikan terlebih dahulu mengenai obat mometasone furoate. 

Inilah beberapa orang yang beresiko ketika mengkonsumsi obat mometasone furoate, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Ibu yang sedang dalam masa kehamilan, menyusui, dan program kehamilan. 
  2. Anda yang memiliki riwayat terhadap penyakit jantung dan ginjal. 
  3. Memiliki permasalahan dengan saluran pernapasan. 

Efek Samping 

Anda harus tahu bahwa tidak semua efek samping muncul bersamaan terhadap tubuh saat ini. Ada beberapa yang tidak akan berdampak terhadap tubuh. 

Inilah efek samping yang umum terjadi, diantaranya sebagai berikut: 

  • Candidiasis
  • Gangguan pada mental 
  • Infeksi yang terjadi pada pernafasan
  • Mual atau muntah 
  • Nyeri pada saat menstruasi, punggung, dan otot serta sendi
  • Sistem kekebalan tubuh akan menurun 
  • Sarkoma kaposi 

Apabila terdapat gejala efek samping yang melebihi dari efek samping pada umumnya, Anda bisa membicarakan hal ini sekarang juga terhadap dokter. Jangan sampai terlambat, jika Anda mendapatkan efek samping yang cukup serius. 

Cara Konsumsi 

Cara untuk konsumsi obat ini bisa dioleskan terhadap bagian yang mengalami sakit. Anda juga bisa menyemprotkan obat mometasone furoate ke area hidung. Anda tidak usah mengganti dosis yang sudah dianjurkan dari dokter atau sudah tertera dalam kemasan. Hal ini tidak akan mempengaruhi yang namanya kinerja dari obat mometasone furoate. 

Pastikan bahwa kondisi saat ini tidak sedang dalam infeksi saluran pernafasan yang lain, karena jika dengan mengkonsumsi obat mometasone furoate akan mempengaruhi keparahan kondisi dari infeksi saluran pernafasan. Pastikan Anda sudah mematuhi prosedur penggunaan obat, agar tubuh Anda aman untuk saat ini.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis