fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Obat misoprostol merupakan obat yang digunakan untuk mengobati permasalahan dari tungkak lambung. 

Tungkak lambung adalah luka yang terjadi pada lambung, yang bisa menyebabkan seseorang pasien berkeluh layaknya sedang terkena sakit maag. Tidak hanya pada area lambung saja, luka ini bisa terjadi di area usus 12 jari dan kerongkongan. 

Informasi 

Obat misoprostol yang digunakan untuk tungkak lambung, merupakan obat dengan golongan resep dokter, karena obat ini dikonsumsi oleh pasien yang memiliki permasalahan kesehatan yang cukup parah. Cara kerja dari obat misoprostol adalah menurunkan kadar keasaman pada lambung. Dengan mengkonsumsi obat ini akan menurunkan potensi pendarahan di area lambung. 

Anda harus tahu ini, bahwa obat misoprostol digabungkan dengan obat mifepristone, akan mengakhiri jalannya aborsi. Aborsi adalah tindakan untuk mengakhiri sebuah kehamilan. 

misoprostol, obat misoprostol
Obat misoprostol merupakan obat yang digunakan untuk mengobati permasalahan dari tungkak lambung. Obat ini harus dibeli dengan resep dokter.

Tidak hanya itu, obat misoprostol ini digunakan untuk membantu jalannya persalinan ibu melahirkan. Obat ini memiliki peranan untuk mengatasi pendarahan yang terjadi akibat persalinan. Obat ini memiliki cara kerja membuat otot dari rahim mulai berkontraksi. 

Bahkan, dokter akan memberikan penganjuran obat misoprostol untuk keadaan tertentu. Dengan menggunakan dosis yang termasuk dalam batas wajar. 

Dosis 

Anda akan mengkonsumsi misoprostol. Maka dari itu, lebih baik Anda mengkonsultasikannya bersama dengan dokter terpercaya. Anda akan mendapatkan takaran dosis yang tepat. 

Dosis untuk ukuran orang dewasa menggunakan standar 200 mcg, diminum dengan dosis yang terbagi sebanyak 4x ketika Anda sudah mengkonsumsi makanan dan waktu akan tidur. Apabila memerlukan penanganan lebih lanjut, maka dosis yang dikonsumsi bisa ditingkatkan menjadi 400 mcg, dosis terbagi menjadi 2x sehari. 

Dosis yang diberikan oleh dokter, akan berbeda pada setiap pasiennya. Hal ini, dokter memperhatikan faktor respon tubuh seseorang. Baik dari kondisi, usia, dan berat badan bisa menjadi pertimbangan tersendiri. 

Dosis untuk anak-anak, belum terdapat informasi dan penelitian lebih lanjut mengenai misoprostol untuk anak-anak. Ingin anak aman, maka konsultasikan dengan dokter. 

Kontraindikasi 

  1. Beritahukan kepada dokter serta apoteker, apabila Anda memiliki sensitivitas terhadap misoprostol. 
  2. Memberitahukan kepada dokter, apabila Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan lain, baik itu obat resep, non-resep, ataupun herbal. 
  3. Apabila Anda penyakit hati atau ginjal yang cukup kronis, maka Anda bisa memberitahukannya kepada dokter. 
  4. Apabila Anda memiliki gangguan dengan pendarahan atau sedang mengalami masa menstruasi, beritahukan kepada dokter. 
  5. Jika Anda mengalami tekanan darah rendah, Anda bisa bicarakan dengan dokter. 
  6. Apabila Anda mempunyai riwayat IBS atau gangguan pencernaan yang kronis, maka segera bicarakan dengan dokter. 
  7. Apabila Anda sedang menjalani proses kehamilan, hamil, dan menyusui, maka segera beritahukan kepada dokter. 

Interaksi dengan Obat Lain 

  1. Anda tidak boleh mengkonsumsi obat misoprostol bersamaan dengan obat antasida, karena akan menyebabkan efek diare yang parah. 
  2. Penggunaan obat misoprostol bersamaan dengan phenylbutazone, akan menimbulkan dampak negatif terhadap efek samping. 
  3. Penggunaan obat misoprostol bersama dengan oksitosin, maka akan meningkatkan kontraksi pada rahim. 

Kelompok Orang Berisiko 

Anda harus tahu bahwa saat ini, obat misoprostol merupakan obat yang termasuk ke dalam obat kategori X. Kategori X ini akan memberikan kontraindikasi terhadap orang yang sedang menjalankan program kehamilan, sedang hamil, dan menyusui. Maka hindarkan diri untuk mengkonsumsi obat-obatan ini. Apabila Anda memiliki permasalahan dengan kesehatan saat ini, Anda bisa mengkonsultasikannya bersama dengan dokter agar lebih amannya. 

Inilah orang-orang yang beresiko ketika mengkonsumsi obat misoprostol, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Ibu yang sedang menjalankan program kehamilan, ibu hamil, dan ibu menyusui. 
  2. Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan ginjal. 
  3. Pasien yang memiliki riwayat IBS dan gangguan pada pencernaan. 
  4. Orang yang memiliki sensitivitas terhadap misoprostol. 

Efek Samping 

Ada beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi sebagian pasien, inilah efek samping pada umumnya, diantaranya sebagai berikut: 

  • Diare ringan 
  • Sakit kepala ringan 
  • Sakit atau nyeri pada area perut 
  • Sembelit
  • Muntah atau mual 
  • Gangguan pada saluran pencernaan 

Walaupun, kram pada area perut akan jarang terjadi pada wanita. Hal yang harus digaris bawahi adalah pada saat wanita mengalami menstruasi maka akan keluar darah yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. 

Inilah beberapa efek samping yang perlu tindakan lanjut dari dokter, diantaranya sebagai berikut: 

  • Keluar darah di tinja 
  • Tidak mampu untuk membuang air kecil seperti biasanya 
  • Kulit terasa sangat kering 
  • Badan terasa panas setelah mengkonsumsi misoprostol 
  • Muntah darah 

Cara Konsumsi 

Memastikan bahwa ketika Anda mengkonsumsi obat, disesuaikan dengan anjuran yang telah tertera. Jangan sampai Anda mengurangi atau menambahi dosis obat yang sudah dianjurkan sebelumnya, oleh dokter atau apoteker. Memastikan juga, bahwa diri Anda mengkonsumsi obat sesuai dengan waktu yang tepat. Jangan sampai melewatkan satu dosis pun dalam satu hari. 

Dengan menaati aturan dosis, maka obat akan bisa bekerja dengan maksimal.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis