Metoclopramide HCl merupakan jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang sering timbul pada usus serta perut. beberapa kondisi tersebut adalah rasa panas pada perut, maag yang tak kunjung membaik serta asam lambung. Obat ini memang lebih umum digunakan untuk mengatasi maag yang sering muncul saat siang hari atau setelah makan.

Informasi

Metoclopramide juga cukup umum untuk diberikan bagi orang dengan kondisi diabetes yang mengalami gastroparesis atau kesulitan untuk mengosongkan perut. obat tersebut bekerja dengan cara menghambat dopamine atau substansi natural. Penggunaan Metoclopramide sendiri juga umum untuk mencegah muntah atau mual akibat setelah melakukan radiasi maupun kemoterapi guna pengobatan penyakit kanker.

Dosis

Pemberian dosis obat ini bisa berbeda. namun, penggunaan dosis Metoclopramide secara umum adalah:

  1. Mengatasi mual atau muntah. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pasien bisa mengkonsumsi obat ini dengan dosis 10 mg yang diberikan melalui suntikan intramuskular atau bisa juga diberikan melalui suntikan intravena. Pemberian obat ini juga dapat dilakukan dalam bentuk oral yang diberikan sampai 3 kali sehari dengan dosis maksimal 30 mg sehari.
  2. Mengobati refluks asam lambung. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dosis obat Metoclopramide dalam bentuk oral adalah 10 hingga 15 mg yang dikonsumsi selama 4 kali jadwal minum per harinya. Namun, jika kondisi yang dialami tergolong parah, maka dosis bisa dinaikan menjadi 20 mg sebagai dosis tunggal. penggunaan obat untuk kondisi ini tidak boleh melebihi batas waktu 12 minggu.

Untuk dosis dengan kondisi lain, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter. Pastikan untuk tidak mengubah penggunaan dosis tanpa memberitahu atau mendapatkan izin dokter terlebih dahulu. Penggunaan dosis yang berlebih dapat menimbulkan efek samping.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat lain dengan Metoclopramide HCl bisa menimbulkan interaksi obat. Pastika Anda memberitahu dokter mengenai obat yang sedang Anda konsumsi. Baik penggunaan obat dengan resep, tanpa resep, obat herbal, suplemen maupun obat lainnya.

Beberapa obat yang dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi dengan metoclopramide yakni, acetaminophen (tylenol), cyclosporine (gengraf, neoral, sandimmune), digoxin (digitalis, lanoxin), glycopyrrolate (robinul), insulin, levodopa (larodopa, atamet, parcopa, sinemet), mepenzolate (cantil). 

Ada beberapa jenis obat lain yang mungkin tidak tercantum dalam daftar. Pastikan Anda memberitahukan dokter jika Anda sedang mengkonsumsi obat lain. Jangan sembarangan mencampurkan penggunaan obat tertentu karena dapat menyebabkan efek samping. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan obat ini supaya menghindari resiko interaksi obat.

Kelompok Orang Berisiko

Selain karena interaksi obat, kontraindikasi juga bisa disebabkan karena Metoclopramide dikonsumsi atau digunakan oleh orang dengan kondisi medis tertentu. Beberapa penyakit yang tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini. Perdarahan abdomen atau pada area perut, Usus tersumbat atau usus berlubang, Pheochromocytoma atau tumor kelenjar adrenal.

Penyakit lainnya meliputi, epilepsi atau kejang-kejang. Orang dengan kondisi ini tidak diperbolehkan menggunakan Metoclopramide. Asma, masalah pada ritme jantung seperti ventricular arrhythmia, hipertensi atau tekanan dara yang tinggi. Sirosis atau penyakit hati, gagal jantung kongestif, Diabetes. Depresi mental atau pernah memiliki riwayat penyakit tersebut, serta mengalami kondisi neuroleptic malignant syndrome atau pernah mengalaminya. 

Pastikan untuk memberi tahu dokter mengenai kondisi yang sedang atau pernah Anda alami untuk mencegah timbulnya kontraindikasi.

Efek Samping

Sama seperti penggunaan obat pada umumnya, penggunaan Metoclopramide juga memiliki beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping umum yang disebabkan karena konsumsi Metoclopramide yakni, perasaan lelah, mengantuk, terasa lemas, pusing, sakit kepala, menjadi lebih sulit tidur atau insomnia. Efek samping lain yakni, mual, muntah serta mengalami diare, payudara menjadi sakit atau bisa juga membengkak, terjadi perubahan pada siklus menstruasi, buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya.

metoclopramide HCl
Metoclopramide HCl merupakan jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang sering timbul pada usus serta perut.

Segera hentikan penggunaan obat ini jika Anda mengalami efek samping yang cukup serius. Beberapa efek samping yang disebabkan oleh penggunaan Metoclopramide setelah 2 hari pertama seperti tangan atau kaki gemetar (tremor), Pergerakan otot wajah menjadi sulit untuk dikontrol terutama ketika mengecap, mengunyah, berkedip, menggerakan bola mata, lidah maupun cemberut. Terjadi pergerakan otot yang tidak biasa dan tak bisa Anda kontrol

Segera hentikan pemakaian obat Metoclopramide HCl ini dan lekas hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping seperti gerakan otot yang terjadi secara tiba-tiba maupun perlahan. Selain itu terjadi kesulitan menjaga keseimbangan saat berjalan. Wajah tampak seperti menggunakan topeng. Otot menjadi kaku, suhu tubuh tinggi, kebingungan, berkeringat, tremor, detak jantung yang cepat, serta merasa akan pingsan. 

Bahkan efek yang ditimbulkan bisa seperti munculnya rasa depresi bahkan sampai memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri maupun orang lain Muncul halusinasi, gelisah, gugup, tak bisa diam ketika duduk serta timbul rasa grogi. Mengalami pembengkakan, berat badan naik atau kejang

Cara Konsumsi

Cara konsumsinya adalah minum obat ini 30 menit sebelum Anda makan atau bisa juga sebelum Anda tidur. minum obat sesuai dengan dosis dan jadwal minum yang diberikan dokter. Jika menggunakan obat tablet, Anda perlu mengeringkan tangan terlebih dahulu setelah itu minum obat secara langsung.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?