Metilprednisolon atau yang bisa disebut juga dengan methylprednisolone merupakan jenis obat yang berguna untuk mengatasi penyakit yang dapat menyebabkan peradangan. Penyakit tersebut seperti, multiple sclerosis serta lupus. Obat yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi reaksi alergi.

Informasi

Cara kerja dari obat Methylprednisolone adalah dengan melakukan tekanan pada sistem imun. Tujuannya adalah supaya senyawa kimia yang menimbulkan peradangan tidak dilepas oleh tubuh. selain karena penyakit multiple sclerosis serta lupus, ada beberapa penyakit lain yang dapat memicu terjadinya peradangan, contohnya, psoriasis, Crohn’s disease, rheumatoid arthritis, serta kolitis ulseratif. Obat ini tersedia dalam bentuk obat tablet 8 mg, 4 mg, serta 16 mg. Selain bentuk tablet, obat ini juga tersedia dalam bentuk suntikan atau obat oles.

Dosis

Dosis yang diberikan kepada setiap orang bisa saja berbeda tergantung dengan kondisi yang dialami. Namun, pemberian dosis ini secara umum adalah:

  1. Obat tablet. Untuk dosis methylprednisolone dalam bentuk tablet adalah 2 hingga 60 mg perhari untuk orang dewasa. Dosis tersebut dibagi menjadi 1 sampai empat kali jadwal minum tergantung dengan kondisi pasien. Sedangkan untuk anak-anak, dosis yang diberikan adalah 0,5 hingga 1,7 mg/kgBB setiap harinya. Pemberian obat ini dilakukan dalam selang waktu 6 hingga 12 jam.
  2. Obat suntik. Untuk orang dewasa dosis yang diberikan adalah 10 hingga 500 mg per harinya. Untuk anak-anak dosisnya ada di kisaran 0,5 hingga 1,7 mg/kgBB per hari dengan selang waktu minum 6 hingga 12 jam.

Pemberian dosis tersebut tergantung kondisi yang sedang dialami pasien. Untuk kondisi tertentu, dokter bisa saja memberikan dosis yang berbeda.

Kontraindikasi

Interaksi Obat Lain

Interaksi obat dapat terjadi jika methylprednisolone dikonsumsi dengan obat lain. Berikut beberapa obat yang dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi dengan methylprednisolone.

Cyclosporin yang dikonsumsi dengan methylprednisolone dapat menimbulkan risiko kejang pada pasien. Amophotericin B atau obat diuretic dapat menyebabkan terjadinya hypokalemia. Digoxin yang dikonsumsi dengan methylprednisolone dapat menyebabkan terjadinya aritmia Aspirin dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi dengan methylprednisolone

Obat antibiotik, erythromycin, barbiturate, ketoconazole, makroid yang dikonsumsi dengan methylprednisolone dapat menyebabkan efek samping methylprednisolone menjadi lebih tinggi. Cholestyramine dapat menyebabkan efektivitas dari obat methylprednisolone menjadi menurun. Antidiabetes serta isoniazid yang dikonsumsi dengan methylprednisolone dapat menyebabkan efektivitas kedua obat menjadi menurun

Kelompok Orang Berisiko

Selain interaksi obat, penyakit atau kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya kontraindikasi. Pastikan untuk memberitahu dokter mengenai kondisi Anda baik penyakit yang sedang atau pernah dialami sebelumnya. Dengan begitu, kontraindikasi bisa dihindari.

Efek Samping

Sama halnya dengan penggunaan obat lain, penggunaan obat methylprednisolone juga dapat menimbulkan efek samping, beberapa diantaranya adalah lebih mudah terkena infeksi, kadar gula dalam darah menjadi lebih naik, mual serta muntah, sakit kepala. Efek samping lain meliputi nafsu makan menjadi menurun, sulit tidur, keringat berlebih, sakit maag nyeri otot serta gangguan emosi.

Walaupun cukup jarang terjadi, obat ini dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius. Efek samping serius tersebut seperti berat badan yang menurun secara derastis, terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki atau pada tangan, menjadi lebih mudah memar. Anda juga bisa melngalami gangguan irama jantung Mengalami gangguan penglihatan, muntah darah, bab berdarah.

Cara Konsumsi

Pastikan untuk mengkonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk yang dokter berikan. Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa adanya izin dokter terlebih dahulu. Bila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tidak diperbolahkan, melainkan perlu penurunan dosis terlebih dahulu hingga akhirnya dokter menghentikan pemberian obat tersebut.

Jika Anda mengkonsumsi obat ini dalam bentuk tablet, maka lebih baik dikonsumsi setelah makan untuk menghindari efek samping maag. Gunakan pula air putih saat Anda mengkonsumsi obat ini. Disarankan untuk mengkonsumsi obat dalam jam yang sama secara teratur supaya efektivitas obat lebih maksimal. Jika Anda lupa untuk mengkonsumsinya, maka lekas mengkonsumsi obat ini jika memang jarak minum dengan jadwal selanjutnya tidak terlalu dekat.

Supaya obat tetap memiliki kualitas yang baik, Anda bisa simpan obat ini dalam suhu ruangan atau menggunakan wadah kering. Jauhkan methylprednisolone dari jangkauan anak-anak. Selama mengkonsumsi obat ini, pastikan Anda juga rutin untuk memeriksakan kondisi Anda pada dokter. Tujuannya supaya dokter dapat mengetahui respon tubuh Anda terhadap obat methylprednisolone ini.

Jika Anda menggunakan methylprednisolone dalam bentuk krim, maka pastikan untuk mengoleskannya secara tipis atau secukupnya saja pada area kulit Anda. Oleskan obat tersebut secara teratur supaya hasil penggunaannya lebih maksimal. Jika Anda menggunakan bentuk suntik, maka pemberiannya harus dilakukan oleh tenaga medis sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter yang menangani Anda.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
ethylhexyl-methoxycinnamate

Ethylhexyl-methoxycinnamate

direktoriObat   15/12/2020, 09:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
ethylhexyl-methoxycinnamate

Ethylhexyl-methoxycinnamate

direktoriObat   15/12/2020, 09:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?