fbpx
BerandaObatMetampiron: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Mungkin Anda sudah mengenal beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri. Namun pernahkah Anda mendengar metampiron? Obat yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri loh! Meski belum diketahui cara kerjanya secara pasti, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa obat ini mampu menghambat hormon prostaglandin yang menimbulkan rasa nyeri.

metampiron adalah

Tapi tentu Anda bertanya-tanya apa itu metampiron dan apakah aman untuk digunakan? Tenang! Lifepack punya jawabannya pada ulasan berikut ini.

Mengenal Obat Metampiron

Metampiron adalah obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai rasa nyeri. Nyeri yang dapat diatasi obat ini antara lain sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan demam. Obat ini merupakan obat resep yang masuk ke dalam golongan obat NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs) sehingga penggunaannya tidak dapat sembarangan dan memerlukan resep dokter. Selain dapat mengatasi nyeri, obat ini juga digunakan pasca operasi atau untuk mengatasi rasa sakit akibat tumor.

metampiron adalah
Metampiron adalah obat untuk mengatasi berbagai rasa nyeri. Obat ini dapat mengatasi sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan demam.

Terdapat nama lain metampiron dikenal juga dengan metamizole dan dipyrone. Metampiron tersedia dalam bentuk tablet dan injeksi. Dalam bentuk tablet obat metampiron dihitung dalam satuan strip dengan isi 10 tablet dan dijual dengan harga berkisar antara Rp5.000 / strip.  Salah satu obatnya adalah Spasminal 100 tablet (mulai dari 80ribu).

SPASMINAL merupakan obat untuk mengobati nyeri yang timbul pada keadaan kolik. Spasminal mengandung Metampiron, Pavaperin dan Ekstrak Belladona. Metampiron bekerja sebagai obat analgetik yang berfungsi untuk menghilangkan nyeri, sedangkan Papaverin dan Ekstrak Belladona bekerja sebagai obat spasmolitik yang secara langsung merelaksasikan otot polos. Dalam penggunaan obat ini harus SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

Dosis

Aturan dosis metampiron harus sesuai dengan anjuran dokter. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dokter. Secara umum terdapat beberapa rekomendasi dosis yang sering digunakan oleh dokter, yaitu:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Dewasa : 0,5-1 gram yang dikonsumsi 3-4 kali sehari.
  2. Anak usia > 3 bulan : 8-16 mg/kgBB yang dikonsumsi 1-4 kali sehari.

Sedangkan pada pemberian metampiron injeksi biasanya akan diberikan dalam pengawasan dokter secara langsung. Injeksi bisa diberikan melalui pembuluh darah vena (intravena) atau melalui otot (intramuskular). Baca juga Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis, dan Manfaat.

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Metampiron dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan atau suplemen lainnya. Beberapa contoh obat yang dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat ini adalah penicilin, warfarin, heparin, gliclazide, methylprednisolone, dexamethasone, obat-obatan antikoagulan, dan kortikosteroid (Baca juga Pelajari Manfaat Methylprednisolone, Obat Anti-Inflamasi Yang Ampuh).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kelompok Berisiko

Selain dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat lain, metampiron juga dikontraindikasikan penggunaannya pada beberapa kelompok orang dengan masalah kesehatan tertentu. Obat ini dikontraindikasikan penggunaannya oleh orang yang menderita tukak lambung, asma, GERD, gangguan fungsi hati, ginjal, dan penyakit jantung. Obat ini juga perlu dikonsultasikan penggunaannya oleh wanita hamil, menyusui, dan berencana akan hamil.

Efek Samping Metampiron

Penggunaan obat metampiron dapat memunculkan efek samping pada penggunanya. Gejala efek samping yang paling umum akibat penggunaan obat metampiron, antara lain:

  1. Alergi (gatal, ruam, pembengkakan pada mata, bibir, lidah, atau tenggorokan, dan kesulitan bernapas).
  2. Meningkatkan tekanan darah (hipertensi).
  3. Gangguan pada hati (mual, muntah, urin berwarna gelap, dan rasa sakit pada perut bagian atas).
  4. Gangguan pencernaan (mual, muntah, dan diare).
  5. Terjadi gangguan pada sistem saraf (mengantuk dan sakit kepala).
  6. Gangguan ginjal (urin berwarna gelap atau berubah warna selain warna normal.

Perhatian

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan obat ini. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dokter. Pastikan Anda benar-benar memahami cara penggunaan obat. Jika Anda belum memahaminya, tanyakan kembali pada dokter atau apoteker guna menghindari terjadinya kesalahan informasi.

Jangan gunakan obat ini bersamaan dengan obat atau suplemen lainnya. Konsultasikanlah penggunaan obat ini jika Anda ingin menggunakannya bersamaan dengan obat lain. Anda juga perlu mengkonsultasikan penggunaan obat ini kepada dokter jika akan digunakan oleh ibu hamil atau menyusui.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Simpan obat ini di tempat yang aman dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Simpan obat ini di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Itulah informasi mengenai manfaat, dosis, dan efek samping dari obat metampiron. Bijaklah dalam menggunakan obat untuk menghindari terjadinya risiko buruk.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman